Tips Untuk Ibu Menyusui Saat Perjalanan Dinas

Memerah ASI

5. Berlatih
“Apa iya sih butuh berlatih?“ Believe it or not, mommies. Yes! We need it. Berlatihlah beberapa waktu sebelumnya untuk meninggalkan si kecil di rumah lalu pergi dengan seluruh perlengkapan perang kita. Mulai dari waktu yang singkat, 4 jam, 8 jam, 12 jam dan seterusnya. Lihat berapa lama si kecil menghabiskan ASIP saat kita pergi dan cari bantuan terpercaya untuk bisa memberikan ASIP selama kita pergi. Ini untuk membuat kita lebih tenang saat tiba waktunya meninggalkan si kecil untuk perjalanan bisnis.

6. Persiapkan “tumpukan” ASIP
Tergantung dari berapa lama kita akan pergi, beberapa waktu sebelumnya (bisa beberapa hari atau satu dua minggu sebelumnya) pastikan kita punya persediaan ASIP yang cukup untuk si kecil.

7. Buat rencana perjalanan dengan ASIP
Setelah memompa ASI dan menyimpannya dengan baik, pastikan kita tahu bagaimana membawanya kembali. Apakah kita membutuhkan jasa kurir ASIP? Biasanya ini dibutuhkan kalau perjalanan kita cukup panjang. Apabila bisa membawanya bersama kita, pastikan juga kita mendapat waktu perjalanan kembali yang cukup nyaman agar ASIP bisa tetap dalam kondisi baik saat kembali ke rumah dan kembali lagi hubungi maskapai penerbangan atau customer service di Bandar Udara untuk memastikan kita tidak mendapatkan masalah keamanan dengan membawa peralatan memompa ASI dan juga ASIP.

8. Buat pengaturan waktu
Cek berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tiba di kota tujuan, apabila penerbangan kita cukup panjang, luangkan sekitar 30 – 45 menit untuk memompa ASI sebelum naik ke pesawat dan sebelum landing. Selama perjalanan dinas, atur waktu dengan baik di sela-sela pertemuan agar kita bisa punya cukup waktu untuk memompa ASIP.

Meninggalkan si kecil di rumah untuk perjalanan bisnis memang bisa menakutkan, dan perjuangan memompa ASI ini hanya satu dari banyak hal yang membuat perjalanan bisnis terasa berat. Tapi jangan khawatir mommies, you are not alone! Yang terpenting adalah persiapkan diri dengan baik, tetap tenang, dan yakinlah kalau kita akan tetap memberikan yang terbaik untuk si kecil walau kita harus terpisah sementara dengannya.

Selamat berjuang, mommies!


Post Comment