Now Reading
Manfaat Musik Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Musik Bagi Tumbuh Kembang Anak

Mommies Daily

5 Manfaat Musik Bagi Perkembangan Tumbuh Kembang AnakGambar dari www.kidsologie.net

  1. Melatih Emosi

Musik itu terbentuk oleh beberapa frekuensi gelombang suara yang akan ditangkap oleh otak manusia. Pada dasarnya kita memiliki 4 gelombang otak: Gamma, Beta, Alpha, Theta, dan Delta. Setiap gelombang otak itu memiliki rangsangan terhadap tubuh dan perasaan manusia, seperti menjadi tenang, menjadi semangat, menjadi senang, atau pun jadi sedih. Inilah alasan banyak terapi yang melibatkan musik seperti audio-healing noise white.

Bagi anak, mendengarkan musik juga mampu membantu mereka untuk belajar tentang emosi. Karena musik memiliki atmosfer yang menciptakan mood, maka pemilihan musik yang bernuansa happy mampu menghubungkan imajinasi anak untuk membantu kreativitas mereka. Selain itu, kenapa musik klasik bisa menjadi pilihan terbaik? Karena konstruksi musik klasik disusun oleh nada-nada yang dinamis, hal ini mampu merangsang otak lebih kuat, dan kecenderungan musik klasik memiliki mood yang tenang membantu otak anak menjadi tenang juga. Karena indera pendengaran adalah indera yang paling memiliki history panjang bagi anak, bahkan sejak di dalam janin, dia sudah mampu mendengar, maka indera pendengaranlah yang berfungsi sangat efektif untuk penciptaan imajinasi.

Paling menarik adalah, ketika mood anak kecil tercipta dari atsmofer musik yang dipilih, anak tersebut akan memiliki emosi untuk berkarya lebih baik. Cobain deh ketika anak didengarkan musik yang tenang kemudian ajak untuk menggambar, kemudian ajak juga untuk menggambar dari awal ketika tidak ada musik yang menemaninya.

  1. Kreativitas

Melibatkan musik pada setiap aktivitas anak kecil menjadi salah satu acara untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran. Memainkan alat musik dinilai menjadi salah satu cara yang paling baik, karena selain meningkatkan daya pikir dan kreativitas dalam memainkannya,dia juga akan mendengarkan musik yang merangsang gelombang otak.

Namun, beberapa orangtua ada yang masih belum sadar bahwa tidak semua anak memiliki ketertarikan dan kelebihan pada memainkan musik. Nah, jika anak yang seperti itu dipaksakan untuk memainkan alat musik, sebenarnya pengaruh pada perkembangan-perkembangan tadi tidak akan begitu besar, atau bahkan mungkin tidak ada.

Maka, kita sebagai orangtua sebenarnya tidak perlu memaksa anak kita bisa memainkan alat musik, karena masih banyak media ekspresi dan pelatihan lainnya lewat seni yang berbeda, misalnya menggambar, instalasi, ataupun yang lainnya.

Di antara Mommies sudah ada yang pernah mengalami beberapa poin di atas? Atau malah punya cerita lain seputar manfaat musik untuk anak. Kami tunggu loh ceritanya :)

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top