Now Reading
7 Cara Menciptakan Bonding dengan Rekan Kerja

7 Cara Menciptakan Bonding dengan Rekan Kerja

adiesty

meciptakan bonding dengan rekan kerja

4. Jangan lupa ucapkan kata ‘sakti’

Sudah tahu, dong, ya, kata sakti itu apa saja? Tolong, maaf dan terima kasih. Nah, salah satu resep supaya bisa dekat dengan teman kantor, dalam keseharian kita juga nggak boleh lupa untuk sering menggunakan kata sakti ini. Seperti yang diungkapkan Rini, Finance and Accounting Manager FDHQ, “Kalau resep gue hanya berprinsip dan menerapkan perlakukan orang lain atau rekan kerja seperti kita ingin diperlakukan oleh orang lain juga dan membiasakan diri menghargai orang lain dengan mengucapkan minta tolong, mohon maaf dan terima kasih.”

4. “Kencan”

Kencan yang saya maksud di sini bukan berarti makan malam di tempat romatis yang dikelilingi cahaya lilin yang temaram, lho, ya. Kalau kencan yang seperti ini cukup dilakukan sama suami aja, hahahaha. Kencan yang saya maksud lebih ke arah punya waktu untuk pergi bersama teman kantor. Sekali ikutan makan siang di luar kantor, misalnya.  Kiat ini sering dilakukan Santi Ida Rahayu, Account Director FDHQ. “Sesekali lunch ke luar bareng, dan hangout after office hour bareng itu juga sangat perlu, lho. Kalau lagi pergi begini, usahakan nggak ngomongin kerjaan terus, tetapi tanya hal-hal yang terkait kehidupannya.” Tentunya bukan hal-hal pribadi banget ya. Sementara Dori, AE FDHQ bilang, “Pulang kerja sesekali bisa main-main dulu di kantor mungkin karena aku belum berkeluarga yaa… tapi aku anti banget pulang teng go kalau lagi gak ada keperluan penting yang mengharuskan untuk pulang teng go. Dengan begini aku juga punya kesempatan buat ngobrol sama temen kantor.”

5. Berkunjung atau undang ke rumah

Nggak sedikit working mom yang kesulitan atau punya banyak waktu untuk melakukan kencan bareng setelah pulang kantor. Untuk itulah, salah satu jalan membangun kedekatan dengan teman kantor adalah dengan berkunjung ke rumah teman atau undang mereka berkunjung ke rumah. Momen anak ulang tahun bisa dijadikan alternatif, atau ketika rekan kerja kita baru saja melahirkan atau sedang sakit perlu juga menyediakan waktu untuk berkunjung ke rumahnya. Percaya, deh, perhatian-perhatian kecil seperti ini sangat penting.

6. Playdate bareng

Kalau gue, biasanya, sih, sering bikin acara playdate gitu saat weekend. Dari sini kita kan juga punya kesempatan untuk kenal dengan suami dan anak-anaknya,” ungkap teman saya semasa SMP, Dini Ulya yang kini bekerja sebagai Corporate Communication Exim Bank. Saya sendiri juga menganggap sesekali langkah ini perlu dilakukan. Enaknya, nih, kalau saya justru punya banyak kesempatan untuk mempertemukan Bumi dengan anak-anak teman kantor saya seperti Igo, anaknya Amanda. Soalnya kalau kondisi kepepet, di FHQ membolehkan mengajak anak ikut bekerja. Tapi, tetap saja ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sehingga saya tetap bisa produktif saat bekerja.

7. Membuat ‘kejutan’

menciptakan bonding dengan rekan kerja

Siapa di antara Mommies yang nggak suka diberikan kejutan yang bisa bikin happy? Setidaknya bisa bikin tersenyumlah. Membuat sebuah kejutan kecil nggak cuma berlaku untuk pasangan saja, untuk teman kantor juga perlu dilakukan sebagai ungkapan rasa perhatian dan peduli. Kejutan ini juga tidak harus bersifat ‘wah’. Dengan membelikan kan camilan kegemaran teman, misalnya. Atau bisa juga memberikan kejutan ketika teman kita sedang ulang tahun. Soalnya, saya sendiri sudah pernah merasakan dan paham betul kalau hal seperti ini bisa menyisakan kenangan yang susah buat dilupain.

Bagaimana dengan Mommies yang lain, punya tips lainnya? Share, dong! Percaya, deh, ketika bonding dengan rekan kerja sudah bisa dibangun dengan baik bisa menyiasati kita lepas dari rasa bosan berkerja.

Pages: 1 2
View Comment (1)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top