banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Ayo, Berani, Nak!

author

Mommies Daily08 Jan 2016

Ayo, Berani, Nak!

Ditulis oleh: Nina Samidi

Membesarkan anak tanpa rasa takut (yang berlebihan), mungkinkah? Bagaimana cara membesarkan anak menjadi pemberani?

Saya ingat seorang teman pernah curhat mengenai anaknya yang sangat penakut. Bukan penakut yang berkaitan dengan setan atau hantu, tapi lebih kepada si anak cenderung takut melakukan sesuatu yang baru, berkenalan dengan orang baru atau melawan ketika dirinya dirugikan. Yang ada malah ibunya akhirnya gregetan sendiri dan mati-matian membela anaknya.

Masalahnya, ibu kan tidak bisa juga 24 jam selalu berada di samping anak. Mau sampai kapan teman saya itu mengawasi si kecil. Akhirnya teman saya sibuk memasukkan anaknya ke berbagai les dengan harapan pelan-pelan keberanian si anak timbul.

anak pemberani

 

*Image dari parentingsquad.com

Setiap anak tentu punya rasa takut. Itulah yang diungkapkan psikolog Vera Itabiliana, saat ditanya apakah setiap anak memang punya rasa takut. Namun, rasa takut anak berbeda-beda sesuai tahapan perkembangan usia khususnya perkembangan kognitifnya. Misalnya, anak yang terlihat tidak takut bahaya akan seenaknya lari atau memanjat sana-sini akan lebih berhati-hati saat dia sudah pernah terjatuh, ini karena dia takut jatuh lagi. Contoh lain, anak usia 3 tahun yang takut gelap, ketika dia berusia 5 tahun kemungkinan besar tidak takut lagi karena sudah lebih paham atau sudah tahu bagaimana atasi rasa takutnya.

Membesarkan anak pemberani

Waktu saya kecil, ibu saya marah kalau saya pulang dengan menangis. Alasannya biasanya karena saya bertengkar dengan teman. Ibu saya biasanya akan bilang, “Jangan takut sama temanmu. Kalau kamu benar, kamu harus berani lawan!” Seperti Popeye yang baru makan bayam, lalu saya akan kembali ke permainan dan lanjut main tanpa memedulikan teman yang tadi membuat saya menangis. Hal seperti di atas pasti banyak dialami anak-anak lain. Menurut Vera, mendorong anak untuk selalu berani, dalam arti berani mencoba dan berani membela diri seperti saat menghadapi bully, adalah hal yang tepat dilakukan orangtua. Ini adalah salah satu cara untuk mengatasi rasa takut. Tentu saja, saat mendorong anak untuk berani melawan bullying, bentuk perlawanannya tidak menggunakan kekerasan yang sama dengan yang dilakukan pelaku bully.

Sebaliknya, orangtua overprotektif yang tidak pernah memberi kesempatan pada untuk mencoba hal-hal baru bisa jadi membuat anak menjadi penakut saat dia dewasa. Karena itu, menurur Vera, untuk membesarkan anak yang berani, rasa takutnya harus diatasi. “Lain halnya jika ketakutan anak tersebut dilestarikan, misalnya justru dimanfaatkan untuk memanipulasi perilaku anak, seperti anak yang takut badut justru ditakuti agar dia makan,” tambah Vera.

Apakah jika orangtua penakut maka akan menurun ke anaknya?

Anak penakut karena keturunan?

Menurut Vera, anak belajar perilaku antara lain melalui observational learning. Jadi, anak bisa takut terhadap sesuatu karena melihat reaksi takut orangtuanya. Secara tidak langsung, rasa takut akan menurun jika oranngtua memperlihatkannya pada anak. “Kekhawatiran atau kecemasan apapun sangat wajar muncul pada orangtua, tapi sebaiknya tidak diperlihatkan pada anak,” jelas Vera. Di sisi lain, kekhawatiran yg sifatnya sederhana/ringan boleh saja ditunjukkan pada anak tapi disertai dengan solusinya. Misalnya khawatir anak tidak diterima di satu sekolah, maka siapkan pilihan sekolah lain sebagai cadangan. Contoh lain, ibu yang khawatir/takut akan sesuatu, lalu menenangkan diri dengan cara berdoa. Jika demikian, anak juga akan belajar bagaimana cara mengatasi ketakutan atau kekhawatirannya.

anak pemberani 2

 

*Gambar dari www.barakabits.com

Dos and don’ts

Jadi, bagaimana cara yang baik (benar) untuk menumbuhkan keberanian pada anak? Vera menjelaskan, sebaiknya orangtua memberi kesempatan bagi anak untuk berekpslorasi, mencoba hal yang menarik baginya, memilih dan mengambil keputusan sendiri. “Hindari menyalahkan atau merendahkan anak ketika ternyata anak berbuat salah atau dia salah pilih. Akan tetapi, ajak anak membicarakan mengapa bisa terjadi demikian,” ungkap Vera. Misalnya, anak jatuh dari sepeda karena kurang hati-hati ketika membelokkan stang sepeda. Diskusikan dengan anak mengapa bisa jatuh dan apa yang bisa dilakukan supaya tidak jatuh lagi.

Membesarkan anak yang berani bukan berarti terus mendorongnya untuk berani. Intinya, don’t be pushy, Moms. Menurut Vera, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan untuk membuat anak jadi berani:

• Terlalu memaksa anak sehingga justru membuat anak tambah takut.

• Menempatkan tuntutan yang terlalu tinggi sehingga anak sulit mencapainya; sebaiknya buat target kecil-kecil dengan tantangan yang dapat diberikan secara bertahap.

• Membandingkan anak dengan anak lainnya.

Sebuah sifat memang perlu dibentuk kan mom, dan proses pembentukannya pun membutuhkan waktu. Jadi yang sabar dan tetap support si kecil untuk menjadi pribadi pemberani.

PAGES:

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan