Hari Ibu Nasional: Perempuan Berdaya, Sudahkah Terwujud?

Ibu Nining W. Permana, President Tupperware Indonesia juga konsisten dalam pemberdayaan ini, karena percaya bahwa setiap wanita punya kemampuan untuk ‘bersinar’ dan mengubah dunia menjadi lebih baik. Ada dampak luar biasa saat perempuan lebih berdaya, salah satunya melalui ekonomi. Berdaya secara ekonomi. Ibu Nining memaparkan studi di Meksiko yang tingkat KDRT terhadap perempuan termasuk paling tinggi di dunia. Beberapa kelompok perempuan yang sebelumnya tidak berpenghasilan, kemudian dibantu untuk berwirausaha dan bekerja. Penelitian tersebut memperlihatkan, setelah para istri ini berdaya dan mampu secara ekonomi, ternyata tingkat KDRT berkurang secara signifikan.

Bukan itu saja, dengan berdaya secara ekonomi, membuat para perempuan merasa lebih percaya diri karena bisa membuktikan bahwa mereka mampu. Dengan self esteem yang meningkat ini, membuat mereka juga bisa mengasah kreativitas, berbagi dan memberi pengaruh terhadap lingkungan sekitar. Dibutuhkan banyak ibu muda untuk bekerja, seperti yang pernah Hani sampaikan. Di manapun tempat kita bekerja dan berkarya, artinya menjadi berdaya secara ekonomi dan bisa memberi dampak pemberdayaan lebih luas.

Hari Ibu Nasional 2

Ibu Nining menekankan, bahwa pemberdayaan perempuan akan lebih cepat terwujud jika ada support system yang memadai, terutama dari laki-laki. Suami, Ayah, atau para atasan/bos di tempat kerja. Suami bisa mendukung jika memang isteri ingin bekerja, selama tanggung jawab terhadap keluarga juga tetap dijalankan dengan baik. Peran laki-laki yang sangat penting ini sudah diwujudkan dalam gerakan global, melalui kelompok kerja PBB yang diberi nama ‘HeForShe’. Gerakan HeForShe ini diikuti oleh banyak sosok-sosok berpengaruh, dan juga ratusan organisasi dan perusahaan yang berkomitmen membuat dampak nyata melalui support kepada perempuan disekitarnya.

Ibu Martha Tilaar juga berbagi, bagaimana menjadi pribadi, perempuan yang sukses sehingga bisa berpengaruh terhadap lingkungan. Kita membutuhkan lebih banyak perempuan sukses, perempuan entrepreneur yang tidak saja berdaya secara pribadi dan untuk keluarganya, tetapi juga menjadi inspirasi bagi orang banyak, karena ini yang akan mempercepat pemberdayaan perempuan secara luas. Mulai dari diri sendiri, jangan mengeluh dengan lingkungan, fleksibel dan lihai menghadapi hambatan. Kemudian, kuncinya adalah menjadi manusia DJITU, yaitu Disiplin, Jujur, Iman dan Inovatif, Tekun dan Ulet.

Saya yakin semua pembaca MommiesDaily di sini adalah perempuan-perempuan yang berdaya, yang mampu mengoptimalkan semua potensi yang ada pada diri kita, yang tidak berhenti belajar dan berkarya. Tetapi lebih dari itu, ikut dan bergabunglah untuk membuat lebih banyak perempuan Indonesia berdaya.

Selamat Hari Ibu :)


Post Comment