10 Fakta Tentang Ibu Bekerja

  1. Ibu bekerja terhindar dari emosi negatif yang menyebabkan depresi.

Survei dari Gallup.com menyatakan bahwa ibu yang bekerja memiliki risiko mengalami depresi yang lebih rendah dibandingkan dengan ibu yang tidak bekerja. Kesibukan diri dalam mengatur pekerjaan di kantor dan urusan rumah tangga sekaligus membuat ibu bekerja terhindar dari perasaan marah, sedih, dan gelisah yang dapat mengakibatkan depresi.

  1. Fleksibilitas waktu adalah hal yang paling dibutuhkan oleh ibu bekerja.

Saat ditanya mengenai kebijakan kantor yang paling diharapkan oleh para ibu bekerja, hampir 62% dari 850 responden survei Mommies Daily menyatakan bahwa fleksibilitas waktu adalah hal yang paling dibutuhkan. Dengan adanya keringanan mengenai jam kerja, ibu bekerja dapat lebih mudah mengatur urusan pekerjaan dan rumah tangga.

Fakta ibu bekerja2

  1. Anak perempuan yang dibesarkan oleh ibu bekerja cenderung lebih sukses dalam berkarir.

Penelitian dari Universitas Harvard menyatakan bahwa anak perempuan yang dibesarkan oleh ibu bekerja 4.5% lebih tinggi peluangnya untuk mendapat pekerjaan, mendapatkan posisi tinggi di perusahaan, dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar saat berkarir.

  1. Anak laki-laki yang dibesarkan oleh ibu bekerja cenderung lebih empatik.

Profesor Kathleen L. McGinn dari Universitas Harvard menyatakan bahwa anak laki-laki yang dibesarkan oleh ibu bekerja dapat memiliki kepribadian yang lebih empatik. Melihat sang ibu pergi bekerja setiap hari membuat anak laki-laki sadar bahwa sosok perempuan dalam hidupnya juga terbiasa untuk bekerja keras. Maka dari itu, anak laki-laki cenderung untuk lebih sadar terhadap pekerjaan-pekerjaan rumah yang dapat dilakukan sendiri, cenderung lebih perhatian kepada keluarga, dan siap menawarkan bantuan ketika ada yang membutuhkan.

  1. Ibu bekerja mengajarkan nilai tanggung jawab pada anak.

Menurut psikolog dan parenting expert Susan Newman, Phd., menjadi seorang ibu bekerja yang menjalankan peran ganda setiap harinya dapat menanamkan nilai tanggung jawab kepada anak. Ketika anak melihat seorang ibu yang sibuk dengan pekerjaannya, mereka akan berpikir bahwa mereka juga harus bertanggung jawab dengan tugas-tugas sekolah, pekerjaan rumah, dan kegiatan mereka lainnya.

Ternyata banyak juga, kan, fakta positifnya? Bekerja atau tidak bekerja memang pilihan pribadi setiap ibu. Hal yang terpenting adalah bagaimana seorang ibu dapat menjalankan peran yang dipilih dengan tetap memberikan seratus persen perhatian terhadap keluarga.

 

 

 

 

 

 

 


Post Comment