banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Para Orang Tua, Waspadai Demam Rematik Pada Anak

author

adiesty17 Oct 2021

Para Orang Tua, Waspadai Demam Rematik Pada Anak

Demam rematik bukanlah demam biasa sehingga butuh penanganan yang tepat. Itu sangat membahayakan karena reaksi peradangan yang muncul, bisa menyerang  jantung.

Sedih sekali membayangkan Si Kecil menderita demam rematik. Ini tidak seperti demam pada umumnya, tetapi terjadi nyeri sendi hingga timbul benjolan-benjolan kecil di bawah kulit yang membuat anak kesulitan berjalan.

Sebenarnya, demam rematik dapat dialami oleh siapa saja. Namun, umumnya penyakit ini menyerang anak berusia 5 hingga 15 tahun. Meski tergolong demam yang serius dan disebabkan oleh infeksi bakteri, demam rematik tidak menyebar ke orang lain.

BACA JUGA: Infografik: Pertolongan Pertama pada Anak Demam, Batuk, & Pilek

Untuk mengetahui dan memahami apa itu demam rematik dan bagaimana cara mengatasinya, berikut informasi dari dr. Rianita Syamsu, Sp.A, dokter spesialis anak dari RS Bunda Depok.

Apa yang dimaksud dengan demam rematik?

Demam rematik ini merupakan penyakit vascular kolagen multisistem yang terjadi setelah infeksi bakteri Streptococcus grup A pada individu yang rentan. Jadi, biasanya didahului dengan infeksi atau radang tenggorokan akut sekitar 2-3 minggu sebelumnya.

Gejala

Pertama, terjadi poliarthritis atau radang sendi yang menyerang lebih dari satu sendi--ditandai dengan bengkak dan nyeri pada sendi lutut, mata kaki, siku, pergerakan tangan dan biasanya berpindah-pindah.

Selanjutnya, terjadi karditis atau radang pada jantung, yang ditandai bunyi jantung yang cepat dan terdengar bising jantung. Kondisi ini ditemukan pada 50% kasus. Kemudian, Erythema marginatum, bercak kemerahan tidak gatal pada badan dan anggota gerak bagian dalam. Ditemukan pada kurang dari 10% kasus.

Selanjutnya adalah nodule subcutaneous berupa benjolan kecil diameter 0.2-2 cm yang keras, tidak nyeri, tidak gatal, pada daerah ekstensor sendi seperti punggung tangan, lutut, dan sebagainya.

Di samping itu, terjadi juga Korea Sydenham, ditemukan pada 15% kasus terutama pada anak perempuan dan ditandai perubahan kepribadian sementara, gerakan spontan tidak terkontrol, serta disertai kelemahan otot.

Sementara itu, ada pula kriteria minor, yaitu demam terjadi yang terjadi pada fase awal.

Apakah demam rematik ini bisa dicegah? Dengan vaksin, misalnya?

Tidak ada vaksin untuk mencegah penyakit ini. Diperlukan kontrol atau evaluasi dalam 5 tahun setelah terjadi serangan pertama, karena bisa terjadi kekambuhan.

Mengapa lebih sering menyerang anak-anak?

Kemungkinan karena pada usia itu anak mulai bergaul dan jajan sehingga rentan terjadi infeksi atau radang tenggorokan.

Apakah demam rematik ini juga dipengaruhi oleh status anak yang kekurangan gizi atau pola hidup yang kurang sehat?

Penyakit ini memang lebih banyak terjadi di negara sedang berkembang. Mungkin karena penduduk yang padat memudahkan penularan infeksi. Ditambah lagi, di negara sedang berkembang jajanan pada usia 5-15 tahun banyak yang kurang higienis. Juga banyak yang belum rutin cuci tangan sebelum makan termasuk jajan.

BACA JUGA: Infografik: Demam Berdarah

Mengapa bisa menyerang jantung dan menyebabkan gagal jantung?

Diduga melalui proses autoimmune, yang sering terjadi pasca infeksi Streptococcus grup A, dapat menyerang sendi, jantun, dan ginjal.

Bagaimana cara mengobatinya?

Segera ke dokter untuk evaluasi gejala dan pemeriksaan lab penunjang diagnosis. Bedrest bervariasi tergantung berat ringannya penyakit. Analgesic asam salicylate diberikan segera setelah terdiagnosa.

Mudah-mudahan, lewat pemaparan dr. Ryanita, kita bisa lebih hati-hati ya, Mommies. Terutama soal jajan anak, tidak ada salahnya untuk membiasakan anak tidak jajan sembarangan. Lebih baik, kita saja yang menyiapkan bekal sehat untuknya. Setuju nggak?

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan