banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

5 Tempat Les Seru Untuk Anak

author

Mommies Daily06 Nov 2015

5 Tempat Les Seru Untuk Anak

Ditulis oleh: Nayu Novita

Bosan dengan kegiatan luar sekolah yang itu-itu saja? Coba deh ajak si kecil mengikuti aktivitas seru di beberapa tempat les berikut ini!

Kemarin Fia baru saja menulis tentang Fun Thinkers – semacam buku untuk menjadi alat belajar yang seru untuk kegiatan anak-anak di rumah. Saat saya membacanya, memang terlihat asyik sih. Maksud saya bukan model alat belajar yang standar gitu. Jujur saja, sekarang saya senang karena semakin banyak alat belajar atau tempat-tempat les yang asik untuk anak-anak.

Itu sebabnya, selain jenis-jenis les yang sejak dulu sudah akrab di telinga—seperti les piano, balet, renang, dan tari daerah, saya mencoba “berburu” jenis-jenis kegiatan lain yang terbilang baru dan—barangkali, lebih sesuai dengan minat dan bakat si kakak (9) dan si adik (5). Ini beberapa di antara sejumlah kegiatan seru yang berhasil saya temukan:

  • Teater Tanah Air
  • Teater Tanah Air

    *Gambar dari sini

    Kata salah satu guru di sekolah si kakak, mengikuti kegiatan olah peran dalam sanggar teater itu bagus untuk mengasah keberanian dan melatih kemampuan anak untuk mengekspresikan diri. Buat si kakak yang berkepribadian introvert, saya pikir kegiatan ini akan banyak gunanya. Salah satu tips saya dalam membesarkan anak dengan kepribadian introvert. Salah satu sanggar teater anak yang sudah banyak dikenal di Indonesia adalah Teater Tanah Air di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Sejak didirikan oleh Jose Rizal Manua pada 14 September 1998, anggota Teater Tanah Air kini sudah lebih dari 150 anak berusia antara 6-14 tahun, dan telah mencetak prestasi di dalam negeri maupun mancanegara.

    Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat

  • Gigi Art of Dance
  • Tempat les seru untuk anak

    *Gambar dari sini

    Sebagai anak perempuan, dulu saya sempat dibujuk orangtua untuk mengikuti kursus menari. Biar badannya luwes dan gerakannya anggun, kata mereka. Tapi apa daya, sanggar-sanggar tari yang ada di sekitar rumah kami tak ada yang berhasil menarik minat saya. Mungkin lain ceritanya kalau dulu saya menemukan tempat kursus tari yang satu ini: Gigi Art of Dance.

    Bukan hanya tari-tari tradisional, di sini si kecil bisa mempelajari bermacam-macam jenis tarian, mulai dari balet, jazz funk, hip-hop, jazz kontemporer, broadway, K-pop, termasuk tari tradisional berformat kontemporer. Kalau memang tertarik untuk menekuni bidang tari, kita juga bisa mendapatkan bekal pengetahuan tentang serba-serbi tari, mulai dari sejarah, kritik, serta komposisi, dalam program workshop, trip tari ke luar negeri, dan lain-lain. Seru, kan?

    Alamat: Jl. Radio Dalam Raya No 191-17, Jakarta Selatan

    Telp: (021) 7399711

  • Dapur Anak
  • Tempat les seru untuk anak2

    *Gambar dari sini

    Dulu, urusan memasak memang didominasi oleh ibu-ibu atau remaja putri yang sudah menjelang dewasa. Tapi kini, memasak adalah kegiatan yang disukai oleh masyarakat dari berbagai lapisan usia, termasuk anak-anak. Karena dari urusan memasak, banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak-anak. Nggak heran kan, kalau melihat anak-anak zaman sekarang yang punya cita-cita menjadi seorang koki atau menjadi juara Masterchef Indonesia?

    Jika si kecil termasuk salah satu di antaranya, maka dia pasti senang bergabung dalam sesi cooking class yang diadakan oleh Dapur Anak. Selain kursus masak berkelompok, di sini kita juga bisa mengambil program private cooking di rumah, cooking tour, dan lain-lain. Meski usia ideal untuk mulai belajar memasak adalah 7 tahun, tetapi di sini juga ada murid berusia 4 tahun yang betah “bermain-main” di dapur, lho!

    Alamat: Jl. Kapten P. Tendean, Kav. Polri Pondok Karya Blok B 8 Mampang, Jakarta Selatan. E-mail: info@dapuranak.com. Telp. 021-99840865, 021-7181140, 081398800761, 085217440138

    Bosan dengan alternatif olahraga yang itu-itu saja? Coba bawa si kecil ke tempat les panahan.

  • Jakarta Archery Centre
  • Tempat Les Seru untuk anak3

    *Gambar dari sini

    Seperti banyak anak-anak lainnya, si kakak sempat melalui periode berkhayal menjadi princess yang jago memanah seperti Merida—tokoh utama dalam film Brave. Adiknya? Jagoan kecil kami ini senang berpura-pura menjadi Hawkeye, salah satu personil superhero dalam film The Avenger. Kalau saja letaknya tak jauh dari rumah, ingin juga saya mendaftarkan mereka mengikuti kursus memanah di sini.

    Meski belum setenar futsal, basket, ataupun baseball, kegiatan memanah belakangan ini sedang hits di kalangan para mommies. Katanya, latihan memanah itu baik untuk melatih kedisiplinan, mengasah kemampuan berkonsentrasi, juga melatih kekuatan mental. Untuk bisa mengenai target, seorang pemanah memerlukan kestabilan emosi dan ketenangan, tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa.

    Alamat: Lapangan Panahan, Area Gelora Bung Karno Senayan, Jl. Gerbang Pemuda, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Telp: 08568771313.

  • Senam Artistik-Gavrila Kridaloka
  • Tempat les seru untuk anak4

    *Gambar dari sini

    Seperti saya, Anda pasti pernah melihat penampilan atlet pesenam artistik yang menari-nari indah dalam balutan kostum atraktif? Mulai dari pesenam lantai, senam di atas balok titian, palang berjajar, sampai kuda-kuda lompat. Nah, di sini, si kecil bisa melatih kemampuan motorik di bawah bimbingan pelatih senam profesional dan menyalurkan passion-nya sebagai seorang pesenam.

    Selain melatih kelenturan tubuh, dengan mengikuti latihan senam, anak-anak juga akan mendapat latihan keseimbangan, kekuatan, kecepatan, dan koordinasi tubuh. Dalam kehidupan sehari-hari, hasil latihan ini akan tampak jelas berupa sikap tubuh yang baik dan benar dalam berbagai kegiatan. Bukan hanya untuk anak perempuan, latihan senam artistik juga baik diikuti oleh anak laki-laki, lho!

    Alamat: Gedung Senam Gelora Bung Karno, Stadion Tenis Senayan,

    Jl. Pintu I, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

    Email: gavrilagym@gmail.com, gavrilagym@yahoogroups.com.

    Telp: 081932507889

    Kalau di antara mommies sudah ada yang ikutan, kasih bocorannya ke saya ya.

     

    PAGES:

    Share Article

    author

    Mommies Daily

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan