Speech Delay Pada Anak, Apa Penyebab dan Gejalanya?

Anak Anda mungkin mengalami keterlambatan bicara jika ia mengalami hal ini:

12 bulan

Anak tidak membuat suara ocehan atau tidak mengucapkan kata apapun. Ia seperti tidak memberi respon ketika Anda mengajaknya bicara. Pada usia ini, anak seharusnya sudah dapat mengucapkan 1-2 kata, mengenali nama, mengikuti suara dan mulai memahami perintah sederhana. Jangan lupa memerhatikan tumbuh kembang si kecil mulai 0 bulan sampai 12 bulan. Apakah sudah sesuai?

18 bulan

Anak belum juga mengatakan satu kata pun. Pada usia ini, anak seharusnya sudah mulai mengucapkan 5-20 kata, termasuk sudah bisa menyebut nama.

2 tahun

Belum mampu mengucapkan beberapa kata, dan berkomunikasi kebanyakan dengan menggumam dan menunjuk-nunjuk, atau dia kehilangan kemampuan berbahasa – bisa mendadak kehilangan semua kosakata yang dikuasai atau dia jadi pendiam.

melihat mainan

2,5 tahun

Anak masih berbicara dalam suku suku kata dan belum memiliki banyak kosakata. Pada usia ini, anak seharusnya sudah mulai dapat mengenali bagian tubuh, mulai memiliki sekitar 450 kosakata, mulai mengucapkan kalimat pendek, dan mengenali warna.

3 tahun

Anda ataupun orang lain tidak mengerti apa yang anak ucapkan. Saat berbicara pun anak cenderung hanya menggunakan dua kata ungkapan. Pada usia ini, anak seharusnya sudah mulai bisa bercerita dan kosakata semakin banyak, sekitar 1000 kata.

 At the end, memang setiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda. Jadi jangan langsung panik kalau si kecil tidak menunjukkan tanda-tanda milestone yang sesuai dengan usianya. Coba berdiskusi dengan dokter anak Anda, mungkin saja itu hanya sekadar telat sebentar.