Now Reading
15 Keluhan Saat Hamil

15 Keluhan Saat Hamil

Mommies Daily
  1. Refluks

Ternyata, drama refluks pada bayi juga  dialami oleh ibu hamil namun dalam wujud yang berbeda. Refluks pada ibu hamil berupa rasa panas di ulu hati hingga tenggorokan yang disebabkan karena naiknya asam lambung hingga area esophagus. Rasa tak nyaman ini bisa bertambah buruk jika Anda mengonsumsi tomat, coklat dan air panas.

Linea Nigra

  1. Linea Nigra

Siapa ibu hamil yang sempat kaget melihat garis hitam yang mendadak muncul di perut? Nah, ini adalah hal normal. Garis hitam ini disebut juga dengan Linea Nigra yang muncul akibat progesteron dan esterogen yang menstimulasi sel melanin untuk memproduksi pigmen lebih banyak. Ini juga menyebabkan terjadinya flek kecoklatan pada wajah Anda. Anda bisa meminimalisasinya dengan menghindari terik matahari.

  1. Pelvic Pain

Sakit pada area panggul berhubungan pada cedera sebelum kehamilan (jika ada), sendi panggul yang bergerak tidak seimbang dan berat atau posisi bayi dalam rahim. Ini juga dapat menyebabkan nyeri pada tulang pubik, vagina dan bokong. Berenang santai bisa mengurangi rasa sakit yang ada.

  1. Swelling

Atau pembengkakkan, disebabkan oleh tekanan beban bayi dan air ketuban pada pembuluh darah di kaki, mulai dari pergelangan hingga jari. Keadaan ini dialami oleh 50% ibu hamil menjelang kelahiran. Hubungi dokter bila pembengkakkan berjadi hingga ke betis dan meninggalkan bekas jika Anda tekan. Bisa jadi ini gejala pre-eclampsia atau tekanan darah tinggi.

  1. Varises

Varises muncul ketika pembuluh darah membesar dan menonjol. Penyebabnya adalah sepatu hak tinggi, berdiri atau duduk bersila terlalu lama. Kenakan pakaian longgar dan cobalah untuk meluruskan kaki, lebih tinggi daripada pinggang.

  1. Bakteri pada Vagina

Pada usia kehamilan muda, bakteri pada vagina bisa menyebabkan keputihan dan rasa gatal ringan yang mengganggu. Tapi perlu Anda perhatikan jika hal ini berlangsung hingga trimester kedua, gatal berlebihan, berbau dan berwarna. Usahakan area vagina Anda tetap kering  dan selalu kenakan celana dalam berbahan katun.

  1. Kulit menggelap

Ada kulit yang menggelap, freckles, tahi lalat di area-area yang tidak Anda inginkan. Bertahanlah dengan concealer andalan, karena semua akan berakhir dan kembali normal, beberapa bulan satelah Anda melahirkan.

  1. Over Heating

Rasa panas ini dihasilkan karena jumlah darah Anda bertambah 5%, selain juga laju darah di pembuluh arteri yang bertambah kencang dan terus bertambah hingga bulan terakhir kehamilan. Ini juga meningkatkan laju metabolisme dan suhu tubuh bertambah.

Berhubung saya orangnnya rada penakut juga di saat hamil, semua keluhan ini saya cari tahu cara menyiasatinya (bahkan sampai nanya ke dokter kandungan saya :D). Tunggu tulisan saya berikutnya tentang cara ‘menangani’ semua keluhan ini. Atau kalau mommies sudah ada pengalaman, mau dong sharing-nya.

Pages: 1 2
View Comments (4)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top