Now Reading
Motherhood Monday: Gwen Winarno – Berbagi Manfaat Raw Food & Tak Ingin Menjadi Orangtua Ambisius

Motherhood Monday: Gwen Winarno – Berbagi Manfaat Raw Food & Tak Ingin Menjadi Orangtua Ambisius

MotherhoodMondayGwenWinarnoBerbagiManfaatRawFood&TakInginMenjadiOrangtuaAmbisius

Gambar dari sini

Apa pengaruh lainnya dari perubahan pola makan yang Anda terapkan?

Sangat berpengaruh, walaupun perlahan tapi pasti. Seiring dengan perubahan kebiasaan makan saya, maka sebisa mungkin saya bisa memberikan pengaruh kepada lingkungan terdekat – apalagi kalau bukan anak-anak dan pasangan. Pengaruhnya dimulai dari diri saya sendiri, saya jadi terkontrol kalau belanja ke supermarket – begitu juga dengan stok makanan di rumah, jadi lebih terseleksi. Tidak ada mie instan, nugget, sosis.  Smoothies atau jus, sebisa mungkin saya akan memberikan variasi, jangan melulu berwarna hijau, sesekali  variasikan dengan warna cerah lainnya. I think it’s about being creative, dan memulai dari diri sendiri. Nggak mungkin anak bisa memiliki kebiasaan baik, kalau orangtuanya tidak menjadi contoh mereka.

Efek apa yang Anda harapkan terjadi dengan anak-anak dengan konsep diet Anda ini?

Jika dalam rumah saya sudah bisa mengontrol apa yang mereka makan dan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, harapannya ketika di luar nanti juga terbawa menjadi kebiasaan. Mereka sudah bisa menentukan pilihan untuk dirinya sendiri, terutama untuk makanan sehat. Walaupun melakukan pelanggaran, ketika kembali ke rumah mereka bisa mematuhi kembali kebiasaan baik tersebut. Setelah anak-anak juga menerapkan pola makan sehat ini, mereka jadi jarang sakit dan lebih bersemangat. Intinya, memang harus dimulai sedari dini.

Mengingat Ayah Anda juga berkecimpung di bidang kuliner, ada masukan yang sangat bergunakah dari beliau?

Sangat sih, mengingat satu keluarga suka sekali dengan makanan. Jadi masukan Papa seputar dunia kuliner dan kami banyak melalui proses diskusi. Kami berkolaborasi, untuk urusan konsep makan sehat itu urusan saya, dan untuk konsep makan enak itu bagian papa saya. Dan berawal dari konsep usaha ini, juga saya sudah minta pendapat dari beliau.

MotherhoodMondayGwenWinarnoBerbagiManfaatRawFood&TakInginMenjadiOrangtuaAmbisius

Beralih ke persoalan parenting, apa tantangan membesarkan anak remaja?

Kita harus terbuka, komunikasi harus sangat bagus antara orangtua dan anak kapan pun dan di mana pun. Hal yang saya terapkan adalah, peran saya bukan hanya sebagai orangtua, tapi juga sebagai teman mereka. Mereka bisa datang kepada saya dengan cerita apapun yang ingin dibagi – dari yang paling bagus hingga yang paling jelek. Nah, untuk mendapatkan tujuan itu, saya juga rajin bertanya kepada mereka. Walau terkadang mereka merasa tidak nyaman, namun saya tetap melakukannya demi  membangun pondasi komunikasi yang baik antar anak dan orangtua.

Ada cara spesifik yang biasa dilakukan bareng, supaya membangun kedekatan?

Saya lebih suka melakukan sesuatu bersama mereka, yang girly things – seperti pedicure. Supaya mereka merasa saya juga sebagai orangtua bisa melakukan hal semacam itu bersama mereka. Tidak hanya dengan teman-temannya. Dan yang paling penting menurut saya adalah memperlakukan mereka secara manusiawi, merasakan apa yang mereka rasakan saat ada di tataran usia remaja.

Me time ala Gwen?

Zumba dan dancing, intinya sih exercise apapun. Atau sesekali saya juga berenang – kegiatan sederhana saja intinya tapi bisa melepas stres. Dan travel juga, keluar dari Jakarta dalam suatu waktu itu butuh untuk keseimbangan.

Tolong teruskan kalimat ini: “Saya adalah ibu yang….”

Sangat tidak ambisius, hahaha. Artinya begini, saya melihat sebagian orangtua sangat ambisius dengan anak-anaknya, harus les ini itu – dan saya tidak seperti itu. Saya lebih kepada bertanya kepada mereka – maunya apa? Jadi dari jawaban mereka baru diambil tindakan selanjutnya, bukan apa maunya saya.

Rahasia sehat setiap hari yang Anda jalankan?

I juice everyday, dengan bahan-bahan yang tersedia di kulkas saya. Saya juga minum probiotik setiap hari dan minum banyak air putih.

Cukup menarik ya, bagaimana perubahan pola makan Gwen juga turut mengubah lingkungan sekitar dan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Mudah-mudahan Mommies bisa mendapatkan inspirasi dari obrolan kami, mari makan hanya asupan yang baik untuk tubuh :)

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top