banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

15 Good Manners Every Kid Needs

author

fiaindriokusumo10 Sep 2015

15 Good Manners Every Kid Needs

Yuk ajarkan si kecil 15 good manners berikut ini (selain tolong, maaf dan terimakasih) agar mereka menjadi pribadi yang paham etika dan tatakrama.

It is amazing (dalam artian yang kurang bagus) bahwa sekarang banyak banget anak-anak yang saya lihat mulai kehilangan kemampuan bersopan santun. Dan sedihnya lagi, saya nggak hanya bicara tentang anak kecil usia balita yang mungkin memang masih belum paham benar artinya sopan santun, tapi saya bicara tentang anak-anak kisaran umur 10 tahun ke atas yang harusnya sudah bisa diajar tentang sopan santun.

Kalau ditanya salah siapa? Saya akan menunjuk orangtua. Jujur aja, kalau anak saya menunjukkan sikap tidak sopan, pihak pertama yang saya toyor adalah diri saya sendiri. Apakah saya yang  saking sibuknya bekerja jadi lupa mengajarkan anak pentingnya tata krama? Atau saya yang seringkali lupa menegur anak atau mengingatkan anak ketika mereka lupa bersikap sopan? Mungkin etika di meja makan, bertelepon atau bertamu kesannya sepele, tapi buat saya ada alasan kenapa etika itu penting. Wong untuk urusan pergi ke mall aja  juga ada aturan, hehehe.

Nah, buat saya sendiri, banyaaaak good manners yang perlu saya kenalkan ke anak-anak saya. Apa saja?

20080225-lao08

*Gambar dari sini

  • Ucapkan TOLONG ketika membutuhkan bantuan dari orang lain. Mau pihak lain itu adalah saudara, orangtua, supir atau Asisten Rumah Tangga.
  • Saat menerima sesuatu, jangan lupa katakan TERIMAKASIH. Kalaupun mereka tidak suka dengan hadiah yang mereka terima, tetap ucapkan terimakasih.
  • Jangan malu bilang MAAF setiap kali mereka ketahuan melakukan kesalahan.
  • TATAP MATA dan LIHAT WAJAH lawan bicara ketika sedang berbicara. Jangan malah sibuk melihat ke layar iPad atau smartphone.
  • SEBUTKAN NAMA kita ketika berkenalan dengan orang lain. Saya pernah mewawancara salah seorang artis terkenal. Dan, saat pertama kali kami bertemu, artis tersebut dengan santun berkenalan denga menyebutkan namanya, walaupun saya yakin semua orang pasti tahu siapa dia.
  • JANGAN MEMOTONG obrolan orang begitu saja.
  • Katakan PERMISI kalau melewati orang yang lebih tua atau harus berjalan di tengah-tengah antara dua orang yang sedang berbicara.
  • Biasakan ANTRI ketika ingin membeli sesuatu, memainkan permainan atau ingin ke toilet.
  • MEMINTA IZIN ketika ingin menggunakan barang milik orang lain atau memainkan mainan milik orang lain.
  • Jangan lupa BERPAMITAN ke orangtua teman ketika selesai bermain di rumah teman dan ingin pulang.
  • Usahakan KETUK PINTU terlebih dahulu jika ingin masuk ke kamar eyang, bunda, tante atau kamar mama ketika melihat pintu kamar tertutup rapat.
  • UCAPKAN SELAMAT PAGI/SIANG atau MALAM ketika menelepon ke rumah teman.
  • JANGAN BERTERIAK-TERIAK ketika memanggil ART, supir atau tukang kebun di rumah. Butuh bantuan si bibik? Ya datangi ke kamar bibik (kecuali kalau mereka lagi sakit).
  • TUTUP MULUT dan HIDUNG ketika batuk, bersin atau bertahak. Begitu juga ketika membersihkan gigi dengan tusuk gigi, jangan lupa menutup mulut dengan tangan.
  • JANGAN BERBUNYI ketika sedang mengunyah makanan.
  • Kalau mommies ingin mengenalkan good manners ini, mommies bisa mengunduh tools kami di sini dan dibuat poster penghias dinding kamar si kecil. Jadi setiap saat, ia pun bisa melihat aturan emas ini :).

    Mommies mau menambahkan?

    Share Article

    author

    fiaindriokusumo

    Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan