banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Reading Is Fun – Belajar Membaca Kini Semakin Menyenangkan

author

?author?30 Aug 2015

Reading Is Fun – Belajar Membaca Kini Semakin Menyenangkan

Kamu mungkin punya simpanan kekayaan berlimpah ruah, peti-peti perhiasan dan pundi-pundi emas. Namun kamu tidak akan bisa lebih kaya daripada aku. Aku punya ibu yang membacakan buku. –Strickland Gillian, “The Reading Mother”

Pepatah di atas seakan menjadi cambuk penyemangat untuk saya sebagai ibu baru, supaya konsisten memberikan “harta yang tak ternilai” tersebut kepada Jordy anak pertama saya yang berusia 14 bulan. Tentu Mommies juga sudah tahu, begitu banyak manfaat membaca buku, ya. Dari kecil hingga nanti beranjak remaja, hingga akhirnya dewasa. Contohnya, kami pernah membahas buku yang seru ceritanya namun juga kuat pesan moralnya untuk anak-anak, dan tak ketinggalan 9 buku yang harus dimiliki oleh remaja. Salah satu manfaat buku adalah mengajak si kecil untuk berimajinasi, seperti buku ‘Juki & Friends’ yang dikemas dalam bentuk dongeng dan efektif menstimulasi anak untuk berimajinasi.

IMG_8687

Baru-baru ini, saya mewakili tim MD mendapatkan kesempatan datang ke pembukaan “Reading Is Fun” sebuah perpustakaan dan kelas sekaligus klub membaca anak di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat ini didirikan oleh tiga perempuan – Nurbaiti Hafmaya, Humaira Ayesha Khan dan Liliy Zeng. Awal Reading Is Fun berdiri dari kecintaan mereka terhadap buku, sering berkunjung ke perpustakaan hingga akhirnya menurun ke anak-anak. Dalam sebuah kesempatan, mereka mendapati masih ada segelintir anak-anak yang enggan jika diajak ke perpustakaan apalagi sampai membaca buku, “Bagaimana mau pergi ke perpustakaan atau tempat sejenisnya, kalau minat membaca tidak ditumbuhkan sejak dini,” tutur Betty.

IMG_8691

Apa metode belajar membaca yang Reading Is Fun terapkan? Cari tahu di halaman berikutnya ya, Mommies.

IMG_8684

Lewat Nurbaiti Hafmaya atau akrab dengan sapaan Betty, ia menekankan konsep Reading Is Fun adalah “Nurture Your Child’s Ability & Love of Reading”, intinya adalah memupuk atau mengoptimalkan kemampuan anak dan menularkan kecintaan membaca sedari dini. Menurut Betty, mereka mempunyai metode khusus yang merangsang anak memiliki kemampuan untuk menyelaraskan fungsi pendengaran, fungsi penglihatan, dan kemampuan berbicara – “Your Baby Can Read” dan “Your Child Can Discover.” Dua metode itu mereka adaptasi dari seorang peneliti bernama Dr. Robert Titzer, seorang peneliti asal USA yang fokus pada perkembangan bayi dan anak-anak.

Cara kerja metode ini secara sederhana dapat dianalogikan sebagai berikut, jika Mommies memberitahukan pada si kecil ada buah jeruk, maka secara bersamaan Anda juga menunjukkan tulisan jeruk pada si kecil. Atau jika yang ditunjuk adalah binatang, maka Mommies bisa sambil menirukan bunyi-bunyian khas yang dihasilkan – misalnya “meong” untuk kucing, atau “guk guk guk” untuk anjing dan seterusnya. Dengan begitu semua fungsi yang ada di otak anak akan terangsang untuk selanjutnya dapat digunakan dengan optimal.

IMG_8683

Suasana tempat ini sejalan dengan misinya, begitu memasuki ruangan Anda akan dihadapkan dengan begitu banyak buku yang ditata dengan menarik – disandingkan dengan aneka properti khas anak-anak.

IMG_8689

Kelas dan book club yang Reading Is Fun miliki, antara lain:

  • Your Baby Can Read – Playgroup (6-18 bulan)
  • Your Baby Can Read – Nursery – (18 bulan-3 tahun)
  • Your Child Can Read (3-5 tahun)
  • Reading Rocket Book Club (4-6 tahun dan 7-9 tahun)
  • Reading Is Fun:

    Jalan Kerinci III, No.9 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

    Telepon:

    O21-7221584

    WA: 0813 82489166

    Mommies tertarik mendaftarkan buah hati kesayangan di Reading Is Fun? :)

    PAGES:

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan