banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

Liburan Sekolah di Rumah, Ngapain Saja, Ya?

author

adiesty26 Jun 2015

Liburan Sekolah di Rumah, Ngapain Saja, Ya?

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengisi waktu liburan. Liburan kreatif, namun menghibur bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Baiknya kegiatan apa saja yang bisa dilakukan sehingga liburan lebih bermanfaat menambah pengetahuan si kecil?

Asian Mother And Daughter In Kitchen

"Ibu... aku bosan main kereta-keretaan."

"Ibu... film kartunnya nggak, seru, aku sudah bosan.”

“Ibu... dari tadi aku sudah menggambar dan mewarnai terus.  Aku bosan.”

Kira-kira beginilah celotehan Bumi, anak lanang saya yang sedang liburan sekolah. Iya, ketika liburan sekolah seperti sekarang ini, biasanya para orangtua memang suka dibikin pusing dari biasanya. Bingung menentukan kegiatan apa yang tepat untuk mengisi liburan.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak sekali alternatif yang bisa kita pilih untuk mengisi liburan anak-anak. Misalnya dengan mengikuti beberapa program liburan yang ditawarkan berbagai lembaga ataupun komunitas tertentu. Namun, jika memang hal ini tidak bisa dipilih, toh, sebenarnya menghabiskan liburan di rumah saja bisa tetap seru, kok.

Untuk itu, ada beberapa ide yang sejauh ini sudah dan mau akan saya lakukan untuk mengisi liburan.

Membuat List Kegiatan

tingstodo

Sama seperti orangtua lainnya, ketika liburan datang saya juga berharap agar si kecil bisa melewatinya dengan beragam kegiatan. Aktivitas yang bisa membantu meningkatkan berbagai aspek perkembangnya. Menjadikan si kecil lebih kreatif, dan tentunya merasa gembira. Untuk itu, kita sebagai orangtua memang perlu untuk mebuat list terlebih dahulu. Namun, sebaiknya harus terlebih dulu didiskusikan dengan si kecil. Kalau perlu biarkan si kecil yang membuat daftar kegiatannya sendiri. Karena ini memang liburannya mereka, jadi nggak ada salahnya untuk menanyakan kegiatan apa saja yang ingin mereka lakukan.  Dengan begitu, anak tetap berperan aktif sementara kita berlaku sebagai fasilitator dan mengembangkannya.

Pura Pura Sekolah

Kebetulan, setiap liburan sekolah seperti sekarang ini, Icha, kakak supupu Bumi selalu datang ke rumah. Biasanya, sih, kedatangan keponakan saya ini saya manfaatkan untuk doing home schooling. Jadi mereka seakan-akan sedang sekolah. Masing-masing akan punya peran, jadi guru dan murid. Peran ini juga bisa dilakukan secara bergantian.  Biasanya, sih, kegiatan ini dilakukan pagi hari setelah Icha datang ke rumah. Setelah mandi dan sarapan, mereka berdua akan duduk di ruamh tengah dan mulai untuk pura-pura sekolah.  Alat yang diperlukan juga nggak banyak, kok, sediakan saja meja kecil untuk mereka mengambar atau menulis. Lebih baik lagi, sih, jika menyediakan alat untuk prakarya.

Selanjutnya adalah melakukan aktivitas yang paling Bumi suka, baca dihalaman selanjutnya, ya.

Masak Bersama

Wah, yang satu ini bisa dibilang aktivitas favorit saya di akhir pekan. Musim liburan seperti ini juga bisa kita manfaatkan untuk masak bersama si kecil.  Di balik suasana dapur yang berantakan, banyak sekali manfaat yang bisa kita petik ketika masak bersama si kecil. Mulai dari melatih kemampuan komunikasi,  perencanaan, mempraktikkan cara bekerja sama yang baik. Yang nggak kalah penting, di sini kita juga bisa mengajarkan tentang nutrisi dan makanan sehat.  Lewat resep yang kita pilih untuk di masak, si kecil juga bisa belajar mengetahui makanan apa yang baik untuk dikonsumsi.

Oh, ya, belum lama ini saya mendapatkan informasi kalau Ricotta Cheese sedang mengadakan sebuah kompetisi yang mengajak kita semua untuk sharing resep yang menggunakan produk Ricotta Cheese. Resep yang sudah kita kreasikan akan dishare lewat FB Fan Page Greenfields atau Instagram pribadi dengan hashtag #GFEasyCookingRicotta. Hadiahnya jutaan voucher belanja, lho, Mommies. Detail mekanismenya, bisa langsung Mommies lihat di fan page Greenfields Milk ID (http://bit.ly/GreenfieldsMilk-ID) atau lewat sosial media twitter @greenfieldsid dan Instagram @greenfieldsmilkid.

GF

Sekadar informasi, setelah memproduksi susu segar, PT. Greenfields Indonesia belum lama ini meluncurkan produk terbarunya, Greenfields Ricotta Cheese. Keju dengan tekstur lembut, yang menyerupai krim namun lebih padat ini terbuat dan susu segar. Asiknya, nih, Ricotta Cheese lebih fleksibel karena bisa diolah dan dinikmati dalam berbagai macam menu makanan. Baik untuk hidangan dessert, ataupun hidangan gurih seperti makanan khas Italia.

Saya sendiri sudah nggak sabar ingin membuat salah satu resepnya di akhir pekan nanti bersama Bumi, yaitu Ricotta Baked Fruits. Cara mengolahnya nggak rumit, dan yang paling penting si kecil bisa diajak untuk berkontribusi. Ada yang mau mencoba?

Ricotta Baked Fruit

Berikut resepnya, ya :

Bahan-bahan:

250ml Vanilla yogurt

200gr Greenfield Ricotta Cheese

2ml grated lemon zest

7ml fresh lemon juice

300gr fruit mix (plums, peach, strawberry, raspberry, blueberry

100gr gula merah bubuk

Cara membuat: Campur yogurt, keju ricotta, lemon zest, dan lemon juice dalam mangkuk kecil. Setelah itu campur buah-buah dan masukkan dalam beberapa pinggan kecil yang tahan panas. Tuangkan campuran yougurt dan ricotta ke atas campuran buah lalu taburi gula merah bubuk. Panggang dalam oven sekitar 5 menit dengan suhu 160OC atau hingga gula merah membentuk caramel.

Kalau dilihat dari resepnya, terlihat mudah, ya? Ah... saya jadi nggak sabar mau praktik bersama Bumi. Yang pasti, selain memasak, saya masih punya dua ide lainnya. Lengkapnya di laman berikut, ya.

Menata Rumah

Liburan sekolah seperti sekarang ini bisa kita manfaatkan untuk mengajarkan anak lebih mandiri, lho. Salah satu caranya dengan mengajak  si kecil untuk menata tata letak ruang rumah atau kamar supaya terlihat lebih rapi. Kegiatan ini bisa kita mulai dari cara yang sederhana seperti memintanya untuk membersihkan rumah. Supaya lebih seru, biarkan si kecil untuk mendekor kamarnya dengan hasil prakarya yang sudah ia buat. Yakin, deh, kegitan ini juga bisa memberikan nilai plus karena si kecil akan merasa lebih percaya diri dan dihargai karena hasil karyanya di menjadi salah satu dekorasi rumah.

Berkebun

mini-gardener

Satu lagi kegiatan yang wajib saya lakukan saat liburan sekolah, yaitu berkebun. Kebetulan saat ini saya masih tinggal satu atap dengan orangtua di mana ayah dan mama saya ini senang sekali berkebun. Jadi, setiap ada waktu luang selalu mereka habiskan untuk memperindah taman kecilnya. Biasanya, sih, kalau mereka sedang berkutat dengan hobinya ini Bumi akan ikut nimbrung. Dengan memanfaatkan lahan di depan di rumah, saya ingin mengajar Bumi untuk berkebun. Menanam bibit tumbuhan bunga atau buah. Dari sana, Bumi bisa belajar untuk mengetahui sebuah proses pertumbuhan atau kehidupan. Sata Selain menjadi kreatif, anak juga bisa belajar bertanggung jawab.

Umh... selain daftar yang sudah saya buat ini, Mommies punya kegiatan menarik yang lain nggak? Boleh, lho, di share juga. Siapa tahu idenya bisa dipraktikan Mommies yang lain.

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS