banner-detik
FITNFAB MOMMY

Acroyoga, Mampu Mengharmoniskan Hubungan

author

adiesty16 Jun 2015

Acroyoga, Mampu Mengharmoniskan Hubungan
"Acroyoga is about connection, creation, exploration, and most importnatly, the acceptance of trust." - Daniel Scott

acro*foto dari sini

Siapa di antara Mommies yang berminat untuk mencoba Acroyoga? Atau bahkan sudah mulai rutin melakukannya? Bisa dibilang, Acroyoga sudah masuk dalam trend masa kini, bahkan sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota besar. Yoga memang sangat dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik mental ataupun fisik.

Bagaimana dengan Acroyoga? Saya sendiri dibuat penasaran dengan Acroyoga. Melihat foto beberapa pesohor yang bisa melakukan pose Acroyoga yang 'melayang' ataupun gerakan lainnya, membuat saya takjub. Tapi mengingat postur tubuh yang tidak lentur, membuat saya jadi pesimis. "Mana bisa, tubuh kaku seperti saya ini bisa Acroyoga?," begitu pikir saya.

Ternyata, menurut Fajar Putra, Acroyoga bisa dilakukan siapa saja. Termasuk buat tubuh yang tidak lentur seperti saya ini. Tua, muda, termasuk orang yang memiliki tubuh tambun pun bisa melakukan Acroyoga. Wah, jadi penasaran!

Kebetulan, beberapa waktu lalu saya sempat menghadiri peluncuran buku Acroyoga yang ditulis oleh Fajar Putra. Dalam buku ini Fajar Putra memaparkan kalau olahraga yang berasal dari Arco (acrobatik) dan Yoga ini bisa dilakukan oleh siapa pun juga, tanpa terkecuali, termasuk perempuan hamil. "Perempuan yang sudah terbiasa melakukan yoga, jika ingin Acroyoga, bisa saja, kok" ungkap Fajar.

Apa kunci para pemula untuk bisa melakukan Acroyoga? Menurut  Daniel Scott, guru Acroyoga senior dari California, "Acroyoga bukanlah sekadar seni mengangkat atau menerbangkan flyer. Acroyoga merupakan koneksi yang terbentuk antara base, dan flyer, kreasi dan eksplorasi pose, dan saling memberi kepercayaan."

Perbedaan Acroyoga dengan yoga pada umumnya memang bukan sekadar pada gerakan Acroyoga yang terdapat unsur akrobat saja, namun Acroyoga bisa dilakukan jika kita memiliki partner saat melakukannya. Karena Acroyoga baru bisa dilakukan oleh minimal dua orang. Oleh karena itu, dibutuhkan rasa percaya satu sama lain. "Dengan trust, kita memberikan kekuatan pada partner, begitu juga sebaliknya," kata Fajar Putra.

Karena Acroyoga bisa dilakukan berdasarkan rasa percaya pada partner, maka Acroyoga ini sangat bermanfaat untuk sebuah hubungam, baik itu hubungan dengan suami isteri, keluarga, ataupun persahabatan. Acroyoga dapat melatih kepercayaan, chemistry, dan komunikasi yang  terjalin. Semua pose bisa dilakukan dengan partner karena adanya kerja sama.

Berbicara mengenai role dalam Acroyoga, pasti akan menyinggung ke pemilihan partner. Menurut Fajar tinggi badan memang tidak terlalu berpengaruh. Namun, alangkah baiknya untuk pemula agar mencari partner yang memiliki tinggi badan tidak jauh berbeda, begitu juga untuk berat badan sehingga tidak terlalu timpang.

Selain bermanfaat untuk mengharmoniskan sebuah hubungan, dalam bukunya, pemilik akun Instagram @penyogastar ini ada 9 manfaat Acroyoga lainnya. Apa saja? Baca di laman selanjutnya, ya.

acroyoga

Melatih Kekuatan Otot

Selalu terkesima dengan pose Acroyoga? Ternyata manfaat utama yang didapatkan dari Acroyoga adalah melatih kekuatan otot tubuh kita. Hal ini dikarenakan, gerakan seperti terbang dilakukan dengan disangga oleh kaki seorang base, hal ini mampu dilakukan karena otot antara perut dan kemaluan diaktifkan.

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Acroyoga ternyata dilakukan juga dengan adanya pijatan lembut pada tubuh. Rupanya, hal ini berfungsi untuk membantu tubuh kita menjadi lebih fleksibel. Pose pereganggan yang sering dilakukan pada Acroyoga juga mampu meningkatkan fleksibelitas tubuh.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Sudah tahu, dong, kalau yoga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah? Pun dengan Acroyoga, di mana gerakan yoga bisa meningkatkan oksigen dan memperlancar oksigen masuk ke dalam otak.

Mengurangi Stress

Namanya hidup, pasti nggak akan bisa lepas dari yang namanya masalah, ya? Soal pekerjaan di rumah, di kantor, belum lagi dengan masalah jalanan macet yang bikin tambah pusing. Makanya, saat ini masyarakat lebih rentan mengalami stress. Dengan yoga, termasuk Acroyoga bisa memberikan relaksasi pada tubuh dan pikiran. Massage yang diperoleh selama latihan memberikan relaksasi yang lebih dalam lagi.

Melatih Keberanian

Buat saya yang belum banyak mengenal Acroyoga, olahraga ini terlihat sangat menantang. Rasanya, butuh keberanian yang tinggi untuk bisa melakukannya. Ternyata, olahraga ini memang bisa mengasah kita untuk lebih berani. Dengan melakukan Acroyoga, tanpa disadari kita bisa melawan rasa takut yang ada di dalam diri.

Merekontruksi Tulang Belakang

Punya masalah dengan tulang belakang? Coba lakukan Acroyoga secara rutin. Acroyoga ternyata mampu membenarkan postur tubuh, misalnya postur tubuh bungkuk. Beberapa gerakan Acroyoga seperti memberikan manfaat menegakkan tulang belakang dan mengurangi rasa sakit pada pinggang. Gerakan ini dilakukan bagi orang yang menjadi base, ataupun flyer.

Mengencangkan Organ Vital

Bagi perempuan gerakan Acroyoga bermanfaat untuk mengencangkan organ vital. Beberapa gerakannya dapat dirasakan hingga paha bagian dalam yang juga berfungsi untuk mengencangkan bagian organ vital dan tertunya bisa membuat hubungan suami istri jadi lebih harmonis lagi.

Melatih Kesabaran

Percaya atau nggak, ternyata Acroyoga bisa melatih kesabaran kita. Bagi pemula, sangat wajar jika merasa takut dan gemetar pada saat kita melakukan pose Acroyoga. Rupanya, hal ini merupakan saat yang tepat untuk menguji kesabaran. Menurut Fajar, biasanya para instruktur akan mengatakan, “Sabar, kita latih kesabaran. Nikmati napas dan waktu Anda.” Kalimat ini melatih kita untuk lebih sabar dan mengurangi emosi.

Melatih Proses Persalinan

Seperti yang sudah saya tulisakan di atas, kalau Acroyoga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan untuk ibu hamil yang difokuskan untuk membuka paha bagian dalam bermanfaat untuk memperlancar saat persalinan normal. Selain itu, Acroyoga untuk ibu hamil juga difokuskan untuk meredakan nyeri dan pegal pada tulang belakang, paha, dan pinggang yang biasa dialami saat hamil.

Bagaimana, makin penasaran nggak dengan Acroyoga? Buat Mommies yang ingin mencobanya di rumah, bisa mengikuti langkah-langkahnya dari buku pertama panduan Acroyoga yang ditulis oleh pria yang sudah menekuni yoga selama 13 tahun ini. Lewat buku ini, Fajar memang ingin mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat sehingga bisa melakukan yoga, termasuk Acroyoga di mana pun dan kapan pun.

 

 

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan