Now Reading
Ma, Penis Aku Kok Begini?

Ma, Penis Aku Kok Begini?

  1. Mikropenis atau penis berukuran kecil

Penyebab dari Mikropenis adalah kelainan kerja hormon yang berperan dalam pembentukan alat kelamin laki-laki. Jika penyebabnya adalah gangguan hormonal maka akan menghambat kerja androgen, khususnya testosteron dan dihidrotestosteron. Kedepannya, hal ini akan menganggu perkembangan karakteristik sekunder laki-laki.

  1. Penis yang tampak kecil

Pada kasus ini ada beberapa penyebab yang membuat penis terlihat kecil, yaitu: Penis yang terbenam (Buried/ Concealed penis), kulit kantung zakar  bersatu dengan kulit yang menutupi bagian bawah penis (Webbed penis), penis yang tidak muncul pasca tindakan (Trapped penis). Penyebab dari kasus ini, yaitu kegemukan/ obesitas, kelainan pada jaringan ikat di bawah kulit penis dan defisiensi kulit penis.

hypospadias-severity-by-urethra-position

*Gambar dari sini
  1. Hipospadia

Pada kasus ini, lubang kencing tidak berada pada ujung kepala penis, melainkan di bagian bawah dengan posisi yang sangat bervariasi. Penis menjadi tampak melengkung atau bengkok. Hipospadia terjadi bisa karena kelainan hormon, genetik atau faktor lingkungan (misalnya karena paparan pestisida saat kehamilan).

Pada kasus Hipospadia, tidak semua kelainan perlu dikoreksi. Jika posisi lubang kencing tidak terlalu bermasalah, maka tidak perlu dilakukan operasi. Namun jika letak lubang kencing sudah di pangkal penis (dekat testis) maka operasi harus dilakukan. Operasi pun bisa satu tahap ataupun beberapa tahap.

Usia ideal untuk pembedahan adalah 6 bulan – 24 bulan, karena risiko pembiusan setelah usia 6 bulan relatif kecil. Penis juga sudah cukup berkembang dan pasca bedah lebih mudah ditangani.

  1. Kelainan bawaan pada testis atau Kriptorkismus

Untuk problem ini, masalah bukan di penis tapi di testis. Testis berhenti pada salah satu lokasi penurunan testis, bisa di dalam perut, di lipat paha atau di atas kantung zakar. Kelainan ini umum terjadi pada anak yang lahir prematur, berat badan bayi rendah saat lahir, posisi sungsang saat di dalam perut, ibu mengalami diabetes saat kehamilan atau riwayat keluarga.

Mengapa kelainan ini perlu diperhatikan?

Pages: 1 2 3
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top