banner-detik
SPONSORED POST

Membangun Kedekatan Keluarga dengan Menikmati Es Krim

author

adiesty08 Jun 2015

Membangun Kedekatan Keluarga dengan Menikmati Es Krim

IMD merupakan langkah awal untuk membentuk bonding antara Mommies dan si kecil. Seiring usia dan perkembangan anak, membangun ikatan batin bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan menikmati es krim bersama.

Mungkin sebagian Mommies ada yang bertanya-tanya, apa hubungan antara bonding dengan makan es krim. Tapi, pernah nggak, sih, Mommies merasakan betapa nikmatnya makan es krim bersama si kecil? Meskipun hanya bermodalkan satu scoop es krim saja, namun  kelezatannya sudah mampu  menstimulasi beragam perasaan menyenangkan, bahkan bisa membangun chemistry antara anggota keluarga.

Tanpa kita sadari, rasa makanan ternyata bisa mempengaruhi  perasaan dan sistem kerja otak, terutama untuk anak-anak. Jika mereka menikmati makanan yang disukai,  secara otomatis akan membuatnya merasa nyaman dan bahagia. Rupanya hal ini tidak terlepas dari oral period atau periode oral pada anak.Bumi walls

Seperti yang dijelaskan Efnie Indrianie, MPsi, seorang psikolog keluarga, periode oral pada anak ini merupakan periode di mana anak mencicipi makanan (lewat mulut) yang bisa membantu development psychological atau pembangunan keadaan psikis pada anak. “Wajar kalau ada orang-orang yang suka kangen sama masakan rumah, nah, itu proses emosional bonding. Keluarga Indonesia selalu melakukannya, dari makan turun ke hati. Sebenarnya, cara ini bisa dipakai untuk menarik perhatian atau meluluhkan hati anak,” begitu katanya.

Meskipun usia Bumi masih 5 tahun, tapi saya sudah pernah merasakan saat anak saya ini melakukan aksi tutup mulut. Tidak mau bercerita kegiatan apa saja yang sudah ia lakukan di rumah ataupun sekolah. Ketika komunikasi sudah mulai  tersendat, saya pun mulai mencari cara mencairkan suasana. Salah satunya lewat ritual makan es krim bersama.

Di laman selanjutnya, Efnie Indrianie, MPsi, menjelaskan manfaat dari oral period ini bagi anak. Apa saja?

“Di sinilah seharusnya oral period mengambil peran. Sedari kecil, anak yang mendapat ASI akan mengalami kenyamanan. Semakin ia besar, kenyamanan lewat oral period ini bisa menjadi bonding moment yang menyebabkan anak jadi rileks dan bisa bercerita tanpa henti. Orang tua bisa menyiapkan makanan kesukaan anak seperti cemilan manis untuk situasi ini. Dengan es krim, misalnya,” kata psikolog ini.

Foto Produk Wall's Tim Tam 410ml

Selain itu, dengan menikmari cemilan favorit tak hanya membuat anak rileks, oral period ini bisa membuat tingkat stress anak menurun karena mendorong serotonin hormon pada anak sehingga membuatnya lebih nyaman pada situasi dan berakibat lebih pada kebahagiaannya meningkat. Karena tingkat stress-nya menurun, tingkat kecerdasan anak pun naik, menyebabkan anak menjadi semakin cerdas dan lebih bahagia.

Begitu mendengar penjelasan psikolog sekaligus Dosen di Maranatha Christian University ini, saya jadi paham kenapa menikmati cemilan favorit seperti es krim bisa dijadikan ‘alat pemacing’ untuk mencairkan suasana. Jadi nggak aneh, ya, kalau banyak keluarga yang punya ritual makan es krim bersama. Termasuk keluarga saya.

Berhubung saya, suami dan Bumi adalah penggemar es krim cokelat, saat ini kami punya satu varian es krim favorit, yaitu Wall’s Tim Tam Choco Blast. Perpaduan es krim cokelat yang creamy dan biskuit timtam berlapis cokelat, ditambah butiran choco chip, sangat pas dan menjadikan momen keluarga  jadi lebih menyenangkan.

Ada yang sudah mencicipi Wall’s Tim Tam Choco Blast? Es krim yang tersedia dengan ukuran 400 ml ini, memang pas dinikmati bersama keluarga. Buat saya yang belum jago masak dan sering bingung menyajikan cemilan untuk keluarga, memilih untuk stok es krim ini di kulkas. Lagi pula, es krim ini bisa dkreasikan bersama cemilan yang lainnya, seperti roti atau biskuit

Oh, ya, saat ini ada kontes photo menikmati Walls Tim Tam, lho. Kontes ini berlangsung di Instagram, Mommies hanya perlu upload foto sedang menikmati Walls Tim Tam dengan si Kecil. Setelah itu jangan lupa menggunakan hashtag #WallsTimTam dan #MDWallsTimTam, kemudian follow dan mention IG @mommiesdailydotcom. Nanti akan dipilih 3 photo terbaik, dan berhak mendapatkan voucher Carrefour senilai Rp. 1.000.000, Rp. 750.000 dan pemenang ketiga berhak mendapatkan voucher Rp. 500.000.

Duh, jadi mau buru-buru pulang dan menikmati es krim Wall’s Tim Tam Choco Blast bersama keluarga, kemudian posting di Instagram. Yuk, ah, Mommies... kami tunggu, ya, fotonya!

 

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan