Kenapa Mama dan Papa Bercerai?

question mark on sticky note

Gambar dari sini

ANDINE (Ibu dari anak perempuan berusia 5 tahun)

Kok aku musti pindah-pindah sih rumahnya? kenapa Mama Ayah ngga serumah aja?                                            

Tapi kan enak kamu punya banyak rumah, Mama dan Ayah sukanya begini.

Alternatif jawaban lainnya:

Mama tahu bahwa kamu tidak suka dan marah sama Mama dan Ayah. Maafkan Kami. Walaupun kamu belum mengerti, namun kamu harus tahu apapun yang terjadi,  semua ini bukan salahmu, dan Ayah dan Mama selalu tetap mencintaimu sampai kapanpun

Mama nggak sayang sama Ayah?

Mama selalu sayang Ayah, Ayah kan best friend Mama sebelum kami menikah dan punya kamu, jadi walau nggak serumah lagi, kita tetap best friend dong, apalagi sudah ada kamu.

ARINDA (Ibu dari anak perempuan berusia 7 tahun)

Kenapa sih Papa nggak tinggal sama kita?

Mama sama Papa memang nggak tinggal satu rumah lagi. Papa sekarang tinggal di rumah Eyang Kakung. Kamu tinggal sama Mama karena kan sekolahmu lebih dekat dari sini dan di sini ada kakak (sepupunya), jadi kau ada teman main. Tapi kan Papa ketemu kamu setiap weekend. Dan kapanpun kamu kangen Papa, kamu bisa bertemu Papa.

Kenapa sih aku harus ke rumah Papa setiap weekend? Aku bosan! 

Karena Papa kangen sama kamu dan mau spend time sama kamu. Kalo kamu bawa mainan ke rumah Papa, membantu nggak? Kalo misalnya kamu tetap bosan, khusus weekend ini Mama minta izin sama Papa supaya kamu nggak nginep di sana ya dan kita bisa jalan-jalan berdua. Mau?

Note: Untuk jawaban yang tidak ada alternatif menurut Psikolog jawabannnya sudah tepat.

Dari beberapa kasus di atas, yang perlu diperhatikan sebagai single mother nih, moms, adalah pentingnya untuk menjelaskan kondisi sesungguhnya ke anak secara bertahap dan disesuaikan dengan usia anak dan kemampuannya dalam memahami penjelasan kita.  Serta penting untuk tidak menjelek-jelekkan mantan suami kepada si kecil dan sebisa mungkin menjalin komunikasi yang baik.

Tetap semangat para single mother di luar sana :).

 


2 Comments - Write a Comment

Post Comment