Now Reading
3 Vaksinasi Penting Untuk Lansia Tersayang

3 Vaksinasi Penting Untuk Lansia Tersayang

Carl-Ellie-Painting

Poin penting lainnya yang saya garis bawahi dalam seminar media hari itu, bahwa proses menjadi tua bukanlah suatu penyakit, melainkan proses perkembangan alami seseorang. Dalam perjalanannya, disebutkan seseorang bisa dikondisikan menjalani proses penuaan yang sehat – sehat secara fisik, mental dan pada akhirnya bisa berimbas pada kesejahteraan sosial yang baik untuk tahun-tahun selanjutnya. Hal ini berkaitan dengan minimnya kemungkinan lansia keluar masuk rumah sakit yang memerlukan biaya yang sangat besar, karena suatu penyakit yang diidapnya. Tujuannya tak lain untuk mencapai keadaan fisik dan fungsi kognitif yang masih mumpuni serta bebas dari penyakit dan cacat fisik.

3 Vaksinasi yang Dianjurkan Untuk Lansia:

Ada tiga vaksinasi yang dianjurkan untuk diberikan kepada lansia:

1. Vaksinasi Influenza

Direkomendasikan rutin dilakukan setiap satu tahun sekali bagi seseorang ≥ 50 tahun, penghuni rumah jompo dan fasiltas-fasilitas lain dalam jangka waktu yang lama – seperti asrama dan pesantren. Orang muda dengan penyakit jantung atau paru kronis, penyakit metabolisme (termasuk diabetes), penyakit ginjal, penyakit imunitas (termausk HIV) dan para calon jemaah haji, karena berpotensi cukup tinggi terpapar influenza.

2. Vaksinasi Pneumokok

  • Polisakardia Pneumokok: Dianjurkan pada usia 60 tahun ke atas, diulang setiap lima tahun sekali – tapi kalau ada penyakit kroniknya (jantung pembuluh darah, penyakit paru kronis, diabetes melitus, alkonolik, kebocoran cairan otak, infeksi HIV, leukimam dan pernah mendapatk kemoterapi) meskipun masih di bawah umur 60 tahun vaksin ini sudah bisa diberikan.
  • Konjugat Pneumokok: diberikan pada usia ≥65 tahun, dan usia <65 tahun dengan penyakit jantung pembuluh darah, penyakit paru kornis, diabetes melitus, alkoholik, kebocoran cairang otak, infeksi HIV, leukemia, dan mendapat kemoterapi. Vaksin ini dilakukan cukup sekali seumur hidup.

3. Vaksinasi Herpers Zoster

Herpes zoster adalah reaktivasi virus cacar air akibat imunitas yang menurun dan sering menimpa seseorang pada lanjut usia. Diberikan pada individu yang berusia 50 tahun, dan cukup satu kali tidak perlu diulang.

Pada umumnya, semua vaksin tersebut bisa didapatkan di rumah sakit umumDan, seperti yang sudah saya singgung di atas, usia lansia berisiko terpapar mengalami infeksi karena penurunan respon imun – untuk menimalisasi seorang lansia dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Tetap menjaga mobilitas dan aktivitas fisik, artinya jangan malas bergerak. Mommies bisa ajak orangtua untuk berjalan-jalan di taman kota atau jalan pagi di sekitar komplek perumahan.
  • Menjaga asupan cairan yang cukup (tidak berlebihan juga tidak kurang), hal ini berkaitan erat dengan otot sebagai sumber kekuatan.
  • Mengaja kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.
  • Jika tubuh sehat maka kejadian rawat inap pun bisa diminimalkan bahkan dicegah.
  • Last but not least adalah melakukan vaksinasi.

Kalau bicara soal kesehatan orangtua, saya jadi teringat quote berikut ini: “Love your parents and treat them with loving care. For you will only know their value when you see their empty chair.” -NN

Sayangi dan lindungi orangtua kita masing-masing dengan maksimal yuk Mommies :)

 

 

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top