Aktif Bermain Luar Ruang = Lindungi Anak Dari Obesitas

Taman kota

Percaya atau tidak, taman-taman kota yang biasanya tersebar di beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya, biasanya tidak pernah terlalu ramai lho! Jadi kita bisa optimal memanfaatkan waktu di sana. Begitu melihat taman rumput yang luas, anak-anak akan langsung bermain dan berkejaran, atau memanjat pohon-pohon dengan dahan yang rendah.

IMG-20150502-WA0000 (3) IMG20140525042 (Medium) - Copy

Lapangan/taman kompleks

Walaupun setiap hari kita lewati, tetapi kadang kita lupa untuk memanfaatkan taman-taman kecil di kompleks perumahan. Bawa sedikit mainan, atau bahkan bermain becek setelah hujan bisa membuat mereka bersemangat!

Mencuci garasi/teras rumah

Biasanya para ayah senang mengajak anak-anak untuk mencuci mobil saat weekend. Selain itu, mencuci dan menggosok lantai garasi -dan melibatkan banyak busa sabun!- juga menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Mengerjakan proyek kecil di halaman rumah

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di halaman rumah kita, lokasi outdoor terdekat dari rumah. Bermain memasukkan bola-bola plastik ke dalam keranjang sampah, bermain dan membuat bubble, bermain air, dan banyak lagi. Biasanya kalau sudah kehabisan ide saya akan mencontek ide-ide bermain lainnya dari youtube.

IMG20140919010 (Medium) (2)

Intinya, banyak banget deh yang sebenarnya bisa kita lakukan di luar ruang, di alam terbuka. Perbanyak aktivitas di luar, bukan saja karena aktivitas fisik dan bermain sangat baik untuk perkembangan otak anak, tetapi ternyata interaksi dengan lingkungan sekitar bisa mengembangkan kemampuan sosial seseorang, untuk bertoleransi, berempati memahami pikiran, perasaan dan perilaku orang lain.


Post Comment