Now Reading
Eggsperimen – Cara Menjelaskan Kerusakan Gigi Pada Anak

Eggsperimen – Cara Menjelaskan Kerusakan Gigi Pada Anak

Sekarang bagaimana cara kita mengetahui ukuran rahang?

Mudah ternyata, cukup dengan menyelipkan jari di antara deretan gigi dengan dinding mulut. Jika jari susah mencapai gigi bagian belakang, berarti anatomi rahangnya termasuk sempit/kecil. Cara pengetesan seperti ini juga berlaku untuk orang dewasa,ya.

Tak hanya malas mengganti sikat gigi lama, menurut survey Formula, orang Indonesia juga malas memilih pasta gigi yang sesuai dengan masalah gigi masing-masing. Sebagian besar hanya sekadar memakai atau mengikuti pilihan orangtua. Sama seperti saya juga yang terbawa kebiasaan sampai sekarang, nggak move on dari merek pasta gigi yang ada di rumah orangtua saya.

Itu sebelum saya melihat Eggsperimen Formula. Eggsperimen ini menunjukkan simulasi bagaimana zat kapur yang ada dalam kulit telur bereaksi terhadap asam cuka dapur. Simulasi ini menunjukkan proses yang sama dengan reaksi gigi saat mengalami pengeroposan akibat sisa makanan.

Dari dua kulit telur yang dimasukkan dalam cuka dapur, terlihat bahwa yang di gelas sebelah kiri bereaksi lebih cepat dari yang kanan. Dalam waktu 30 menit, kulit telur dalam gelas sebelah kanan masih belum tampak keropos. Sementara yang sebelah kiri malah sudah mengambang karena sebagian besar kalsium sudah terurai sehingga kulit telur jadi lebih ‘ringan’.

edit-DSC_2381

gambar 1. Kulit telur baru dimasukkan air cuka. Perhatikan gelembung yang lebih banyak di gelas sebelah kiri, menandakan pengeroposan lebih cepat.

edit-DSC_2383

gambar 2. Selang 30 menit.

edit-DSC_2387

gambar 3. Selang satu jam. Perhatikan kulit telur sebelah kiri berubah warna.

Kedua gelas tersebut sama-sama berisi air cuka dapur biasa. Yang membuat kecepatan pengeroposan telur berbeda adalah karena kulit telur sebelah kanan sebelumnya sudah direndam dalam pasta gigi Formula yang diklaim mengandung zat yang memperlambat pengeroposan gigi. Hmm, jadi agak meyakinkan, ya, klaimnya kalau begini.

Eggsperimen ini bisa dicoba juga di rumah untuk memberi penjelasan pada anak akibat dari malas gosok gigi dan berlebihan makan yang manis-manis. Gula dalam makanan dipecah oleh kuman dalam mulut menjadi asam yang bisa merusak gigi. Sama seperti yang dilakukan air cuka. Detil bahan dan cara eggsperimen ada di link ini, ya.

Bagaimana Moms? Tertarik mencoba? Oh, ya, jangan lupa menyortir sikat-sikat gigi lama dan diganti dengan yang baru!

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top