Mengenal Penyakit Lupus

penyakit-lupus-1-638

Gambar dari sini

Siapa saja yang berpotensi terkena Lupus ini?

Penyakit ini lebih sering menyerang wanita pada usia reproduksi yaitu usia 15-49 tahun

Saya pernah membaca, Lupus sering menimpa perempuan. Jika benar mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena penyakit Lupus terkait dengan  faktor hormonal yang diduga menjadi salah satu faktor yang berperan dalam terjadinya SLE

Jenis penyakit ini memang kerap ditemui di daerah tropis seperti Indonesia?

Jenis penyakit ini dapat ditemukan di semua negara tidak hanya daerah tropis saja

Pencegahan seperti apa yang bisa dilakukan untuk terhindar dari Lupus?

Yang dapat kita lakukan adalah mengenali secara dini tanda-tanda dan gejala dari SLE sehingga kita dapat memeriksakan diri ke dokter dan terhindar dari komplikasi yang lebih berat.

Jika seseorang sudah terkena Lupus, metode pengobatan apa yang bisa mereka jalani?

jika seseorang sudah terkena Lupus , dianjurkan untuk rajin kontrol ke dokter untuk mendapatkan pengobatan sesuai dengan tingkat aktivitas penyakit. Pengobatan ini bukan hanya terbatas pada pemakaian obat saja, namun perlu juga pendekatan yang lebih holistik yaitu Biopsikososial.

Apakah Lupus bisa sembuh 100%? Jika bisa sembuh, apakah ada potensi akan kambuh kembali?

Sebenarnya target pengobatan Lupus adalah untuk mendapatkan masa remisi (tanda dan gejala penyakit terkontrol dengan baik) yang panjang. Apabila orang dengan Lupus mendapatkan terapi dengan tepat akan menurunkan potensi kekambuhan.

Di Indonesia sendiri, Odapus (Orang dengan Lupus) telah memiliki wadah yaitu Yayasan Lupus Indonesia (YLI) yang didirikan pada tanggal 17 April 1998. Dengan maksud  mengenalkan penyakit ini kepada khalayak umum. Selain itu juga perbaikan pelayanan kesehatan pasien, peningkatan informasi penelitian pada penyebab terjadinya Lupus serta penyembuhannya, usulan penatalaksanaan perawatan penyakit Lupus dan menyimpan data epidemilogi yang lebih baik mengenai masalah Lupus di Indonesia.


Post Comment