banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Mengenal Penyakit Lupus

author

?author?10 May 2015

Mengenal Penyakit Lupus
Di Hari Lupus Sedunia, saya ingin mengulik sedikit mengenai Lupus – penyakit yang kerap menyerang perempuan usia produktif.

Lupus-LOGO

Gambar dari sini

Penyakit Lupus sering mendapatkan julukan “Penyakit Seribu Wajah” karena gejalanya hampir sama dengan beberapa gejala penyakit pada umumnya. Secara garis besar Lupus bukan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman, melainkan ada pengaruh faktor genetik, hormon dan lingkungan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Lupus, mari simak tanya jawab saya dengan dr. Adityana, SpPD dari Rumah Sakit Kemang Medical Care berikut ini:

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit Lupus?

Lupus Eritematosus Sistemik (Systemic Lupus Erythematousus / SLE) atau orang lebih mengenal dengan penyakit Lupus, merupakan suatu penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh justru  melawan jaringan tubuhnya sendiri.

Apa penyebab seseorang dapat terkena Lupus? Apakah karena faktor keturunan?

Sampai saat ini penyebab pastinya masih belum diketahui namun dikatakan faktor genetik, hormonal, imunologik dan lingkungan dapat berperan dalam terjadinya Lupus.

Apa saja gejala khas yang bisa dideteksi dini secara kasat mata?

Berdasarkan American Rheumatism Association ada 11 kriteria, namun beberapa tanda dan gejala yang mudah dikenali di antaranya adalah

  • Ruam merah yang membentang di kedua pipi mirip kupu-kupu
  • Ngilu-ngilu atau nyeri sendi
  • Sariawan
  • Rasa lelah
  • Demam
  • Penurunan berat badan
  • Mual dan muntah
  • Pucat
  • Apa akibatnya jika seseorang terpapar penyakit ini?

    Jika tidak segera terdeteksi dan tidak tertangani dengan baik, manifestasi lupus dapat menjadi berat bahkan dapat mengakibatkan komplikasi di antaranya berupa kejang dan gangguan ginjal.

    Jika seseorang sudah terpapar Lupus, adakah pantangannya? Misalya hindari makanan tertentu atau misalnya tidak boleh langsung terkena sinar matahari?

    Dalam hal makanan sampai saat ini tidak ada pantangan, hanya dianjurkan menggunakan sunblock supaya tidak langsung terpapar oleh sinar matahari dan senantiasa menerapkan gaya hidup yang sehat.

    Mengapa perempuan lebih rentan terkena Lupus? Cari tahu jawabannya di halaman berikutnya ya Mommies

    penyakit-lupus-1-638

    Gambar dari sini

    Siapa saja yang berpotensi terkena Lupus ini?

    Penyakit ini lebih sering menyerang wanita pada usia reproduksi yaitu usia 15-49 tahun

    Saya pernah membaca, Lupus sering menimpa perempuan. Jika benar mengapa hal itu bisa terjadi?

    Karena penyakit Lupus terkait dengan  faktor hormonal yang diduga menjadi salah satu faktor yang berperan dalam terjadinya SLE

    Jenis penyakit ini memang kerap ditemui di daerah tropis seperti Indonesia?

    Jenis penyakit ini dapat ditemukan di semua negara tidak hanya daerah tropis saja

    Pencegahan seperti apa yang bisa dilakukan untuk terhindar dari Lupus?

    Yang dapat kita lakukan adalah mengenali secara dini tanda-tanda dan gejala dari SLE sehingga kita dapat memeriksakan diri ke dokter dan terhindar dari komplikasi yang lebih berat.

    Jika seseorang sudah terkena Lupus, metode pengobatan apa yang bisa mereka jalani?

    jika seseorang sudah terkena Lupus , dianjurkan untuk rajin kontrol ke dokter untuk mendapatkan pengobatan sesuai dengan tingkat aktivitas penyakit. Pengobatan ini bukan hanya terbatas pada pemakaian obat saja, namun perlu juga pendekatan yang lebih holistik yaitu Biopsikososial.

    Apakah Lupus bisa sembuh 100%? Jika bisa sembuh, apakah ada potensi akan kambuh kembali?

    Sebenarnya target pengobatan Lupus adalah untuk mendapatkan masa remisi (tanda dan gejala penyakit terkontrol dengan baik) yang panjang. Apabila orang dengan Lupus mendapatkan terapi dengan tepat akan menurunkan potensi kekambuhan.

    Di Indonesia sendiri, Odapus (Orang dengan Lupus) telah memiliki wadah yaitu Yayasan Lupus Indonesia (YLI) yang didirikan pada tanggal 17 April 1998. Dengan maksud  mengenalkan penyakit ini kepada khalayak umum. Selain itu juga perbaikan pelayanan kesehatan pasien, peningkatan informasi penelitian pada penyebab terjadinya Lupus serta penyembuhannya, usulan penatalaksanaan perawatan penyakit Lupus dan menyimpan data epidemilogi yang lebih baik mengenai masalah Lupus di Indonesia.

    PAGES:

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan