Now Reading
Buat Kenangan Indah Tanpa Gadget & TV

Buat Kenangan Indah Tanpa Gadget & TV

2. Visit ‘cool’ places or have an adventure.

Gambar dari sini
Gambar dari sini

Thank God we are living in a digitalized world, saat di mana social media menjamur. Dari situ, saya mendapatkan banyak sekali info seputar tempat-tempat maupun acara unik dan seru untuk beraktivitas dengan anak, misalnya:

– Festival. Ada festival layang-layang, festival dongeng, festival kedirgantaraan, festival budaya seperti Ennichisai, dan banyaaak lagi.
– Melihat pameran di galeri atau museum.
– Menonton teater atau drama musikal.
– Berkeliling dengan angkot, Transjakarta, atau KRL.
– Eksplorasi hutan bakau
Kemping

Manfaat: mengajak anak memahami budaya dan seni, menambah pengetahuan anak tentang alam, serta memacu semangat dan kreativitas.

3. Have fun inside the house.

Seperti pernah saya tuliskan di sini, anak nggak selalu bisa bermain di luar rumah, apalagi saat musim hujan. Atau seperti kemarin baru saya alami: saat anak sedang sakit dan nggak bisa ke mana-mana.

Kunci utama aktivitas indoor menurut saya adalah imajinasi. It’s unstoppable. Hal paling gampang yang bisa saya lakukan bersama anak, ya menggambar. Tema gambarnya saja yang diubah-ubah; kita bisa mengarang cerita bersama lalu membuat ilustrasinya, kita bisa mengajak anak menggambar apa yang dilihatnya saat jalan-jalan, membuat family tree, dsb.

Kalau memungkinkan, Anda bisa mengajak anak crafting, baking, main board games, atau bahkan menata ulang furniture di rumhh. Saya sendiri, sih, seringnya membiarkan anak memilih aktivitasnya sendiri , meskipun ujung-ujungnya ia mungkin hanya bengong. But hey, saat sedang bengongpun sesungguhnya anak sedang belajar, lho. Setidaknya begitu yang saya baca.

Manfaat: menyampaikan pesan pada anak that we can have fun anywhere, dan kalau kita merasa bosan atau terkukung akibat minimnya fasilitas, kita sendiri yang harus proaktif mencari solusi dari apa yang ada.

4. “Belajar” selain di sekolah dan di rumah.

Kenapa “belajar?” Karena anak diajak mempelajari hal baru dengan cara yang tidak biasa dan pastinya, fun. Lagi-lagi, thanks to the Internet and social media, saya bisa tahu what’s hip, unique, and cool di “arena gaul” anak-anak.

Tapi bener, deh, dari situ saya mendapat banyak sekali informasi tentang kegiatan edukatif yang seru dan unik, antara lain:

– Perpustakaan ramah anak, Rimba Baca, selain jadi “oase” bacaan berkualitas untuk anak, juga kerap mengadakan workshop edukatif seperti fun science, storytelling, mengenal satwa, dan lain-lain.
Workshop untuk mengasah kemampuan kognitif dan sensori anak seperti – yang saya tahu – diadakan oleh Club Kembang (@clubkembang), Gen Cerdik (@gencerdik), dan Si Bocah (@sibocahworkshop).
– Tempat wisata edukatif seperti Planetarium, Taman Pintar di Jogja, Kidspace di Jakarta. Mungkin Mommies di kota-kota lain bisa menambahkan?
– Kegiatan mengenal tanaman dan bercocok tanam seperti agrowisata dan berkunjung ke green kampongs.
– Kegiatan edukatif di museum, seperti diadakan oleh akun Museum Ceria (@museumceria).

Manfaat: menstimulasi anak dengan cara yang fun, juga bisa menjadi ajang bersosialisasi bagi anak – karena anak saya selaluuu dapat teman baru setiap mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini. :D

Ada satu lagi kegiatan seru yang bisa dilakukan,  yaitu kegiatan sukarela. Seperti apa, langsung baca di laman berikut, ya.

Pages: 1 2 3
View Comment (1)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top