banner-detik
SELF

7 Tipe Mommies Yang Akan Ditemui Di Sekolah. Yang Manakah Anda?

author

nenglita23 Feb 2015

7 Tipe Mommies Yang Akan Ditemui Di Sekolah. Yang Manakah Anda?

Sejak anak saya, Langit, masuk sekolah, walaupun  ibu bekerja, saya selalu berusaha terlibat dengan para ibu lainnya. Bahkan dari sana, saya sering mendapatkan keuntungan lebih baik untuk diri saya sendiri ataupun untuk anak saya.

Saat ini, sih, sempatnya ketemu dengan orangtua lain hanya waktu mengantar sekolah. Nah, biasanya di sini, nih, saya berinteraksi dengan mereka dan…. Diam-diam menilai karakter masing-masing orangtua (yang herannya kebanyakan kaum ibu).

Stock Photo by Sean Locke www.digitalplanetdesign.com

 

Kemudian, saya pun membuat kategorisasi dari para ibu yang saya temui dan kerap berinteraksi ini. Mau tau apa saja?

  • Fabulous Mom
  • Mau dalam kondisi panas, hujan, badai, dan sepagi apapun kumpul di sekolah, tipe ibu yang ini selalu keliatan kinclong ! Tatanan rambut (atau hijab) yang rapi, pakaian licin, wajah glowing (nggak jarang lengkap dengan bulu mata palsu!), pokoknya HITS!

    Kemudian saya sering bertanya-tanya, kalau sampai di sekolah jam 7, siapin anak selama 1 jam sebelum masuk sekolah, lalu berarti dia bangun jam berapa, ya, setiap hari? Salut, deh, sama dedikasinya fabulous mom ini.

  • The Clique
  • Ibu-ibu yang ini sudah punya clique atau teman se-geng masing-masing. Kendati anak-anak sudah masuk ke dalam ruang kelas, tapi beberapa ibu akan menunggu teman se-clique-nya datang bahkan hanya untuk sekedar say hi. :D Mereka juga biasanya datang bersama-sama ke acara sekolah, ulangtahun anak-anak, dan umumnya anak-anak mereka bersahabat.

    Waktu menulis ini, rasanya saya membicarakan diri sendiri. Haha.

  • I-Know-Everything Mom
  • Tipe ibu yang satu ini selalu bisa diandalkan untuk menjadi pusat informasi. Ulangan apa besok? Anak-anak prakarya bawa apa? Field trip kumpul jam berapa? Nomor rekening untuk bayaran sekolah? Atau sampai alamat rumah anak yang ulang tahun. She knows everything!

    Bagi saya, keberadaan tipe ibu yang satu ini amat sangat membantu tipe ibu-ibu yang lain (yang walaupun punya clique tapi masih suka ketinggalan berita seperti saya).

    >> Selanjutnya: Mulai dari teacher hunter sampai si populer :)

    tipe_ibu

  • The Teacher Hunter
  • Saat guru sekolah mengantar anak-anak ke halaman, ibu yang satu ini langsung ‘menyergap’ dan memberondong guru dengan berbagai pertanyaan. Bagaimana perilaku anaknya di kelas? Bisa nggak ngerjain tugas? Dan seterusnya. Ibu yang ini juga rajin mengirimkan pesan ke guru apa saja yang harus dan akan dilakukan saat berhadapan dengan anak.

    Saya rasa hampir setiap ibu memiliki sisi yang satu ini. Wajar sekali kalau kita, para ibu, ingin tau perilaku serta apa dan bagaimana anak kita saat sedang tidak bersama kita. Ya, nggak?

    Tapi, give the teacher a break lah. Bertanya sesekali tentu tak ada salahnya, tapi kalau setiap hari? Errr…

  • The Popular Mom
  • Ada nggak di sekolah anak tipe ibu seperti ini? Semua guru, karyawan, sesame orangtua baik dari yang sekelas sampai beda kelas, atau malah sampai para penjemput anak, ia kenal dengan baik. Kita akan selalu melihat tipe ibu yang satu mengobrol dengan orang lain, dengan banyak orang. Kalau sedang bersamanya, tak jarang kita merasa ‘ditinggalkan’ karena ia sering berhenti untuk menyapa 1-2 orang yang ditemui.

    Bersama tipe ibu yang satu ini, kalau saya, sih, jadi merasa balik ke masa sekolah, di mana ada siswa-siswa yang sepertinya born to be popular.

  • Trusted Mom
  • Duh, kaya online shop aja.

    Jadi gini, ada tipe ibu, yang walaupun kita nggak terlalu akrab dengannya, tapi bisa dipercaya. Kita bisa menitipkan anak ke mereka saat kita telat jemput ke sekolah, kita bisa menitipkan anak ke mereka saat kita nggak bisa ikut acara field trip sekolah, kita bisa menitipkan anak saat ke ulangtahun teman sementara kita nggak bisa mengantar, dan seterusnya.

  • Mrs. Perfect
  • Membawa makanan hasil karya sendiri saat ada acara bazaar sekolah, membagikan kue hasil baking sendiri saat anak ulang tahun, menjahit baju anak-anaknya sendiri, penampilan seperti Fabulous Mom, kadar popularitas seperti The Popular Mom, dan bisa dipercaya seperti Trusted Mom. Ah, pokoknya memandang tipe ibu yang satu ini suka bikin insecure.

    Itu hanya 7 tipe ibu di sekolah menurut saya. Mommies termasuk yang mana? Atau, ada yang mau nambahin lagi?

     

    PAGES:

    Share Article

    author

    nenglita

    Rock n Roll Mommy


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan