banner-detik
FITNFAB MOMMY

4 Cara Mencintai Tubuh Kita

author

nenglita18 Feb 2015

4 Cara Mencintai Tubuh Kita

woman-wearing-face-mask

Semakin bertambah usia, saya sering menyayangkan kalau melihat teman sesama ibu yang tak merawat kulit dan tubuhnya. Bukan, bukannya kecentilan, tapi menurut saya kulit dan tubuh kita ini 'kan cuma satu, nggak ada gantinya, loh!

Bagi saya pribadi, alasan utama merawat kulit dan tubuh tak hanya sekedar kepentingan fisik. Langsing, kulit cerah, wajah glowing, dan seterusnya hanyalah bonus. Inti yang penting bagi saya adalah kesehatan kulit dan tubuh.

Perawatan tubuh sudah pasti erat kaitannya dengan kesehatan. Kalau kulit? Nah ini, Mommies tentu tahu 'kan ada penyakit kanker kulit? Penyakit ini disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet/matahari secara langsung. Kanker kulit biasanya paling sering timbul di wajah, karena memang kulit wajah jarang kita tutupi 'kan? Makanya, dibutuhkan sunscreen.

Jadi, pakailah sunscreen atau krim wajah yang mengandung sun protection. Bukan karena kecentilan atau sekedar ikut-ikutan, melainkan itu adalah salah satu tindakan kita menyayangi tubuh kita sendiri.

Ada beberapa tindakan lain yang saya lakukan sebagai bukti bahwa saya menyayangi tubuh saya sendiri:

  • Makan sehat
  • Ya, kalau ini sebenarnya paling sulit untuk saya lakukan. Saya masih sering makan makanan yang kurang sehat seperti gorengan, snack, dan seterusnya. Tapi beberapa tahun belakangan, kesadaran saya untuk mengonsumsi makanan yang sehat mulai muncul. Tergolong telat, ya, tapi 'kan better late than never. :D

    Misalnya nih, saya jauhkan diri saya dari makan makanan instan, minum minuman manis yang dalam kemasan, mengurangi asupan gula tambahan (jadi minum kopi atau teh pun tanpa gula), memilih sarapan yang lebih sehat seperti buah, overnight oats atau sayuran, beralih ke beras merah, dan lain sebagainya.

    Untuk mengikuti pola diet tertentu, saya belum sanggup. Bukannya apa-apa, buat orang yang hidupnya sering serba spontan, pola diet tertentu seperti diet mayo, misalnya, membutuhkan perencanaan yang matang. Apalagi, saya nggak bisa masak.

  • Lebih banyak bergerak
  • Membaca artikel Mamul Saya Ingin Sehat Sampai Tua, saya kena banget dengan penggambaran “Mendadak saya merasa horor membayangkan lemak-lemak yang tersebar di bagian organ dalam tubuh saya (kebayang ada lemak-lemak warna putih dan menyelimuti organ dalam tubuh, errr…).”

    Lemak berlebih saja kita suka sebal, ya. Apalagi kalau harus membayangkan organ tubuh kita diselimuti lemak? Sudahlah secara fisik kurang oke (ngaku sajalah, sebagai perempuan pasti pinginnya langsing), ditambah organ tubuh yang nggak sehat pula? Duh!

    Kebetulan saya memang suka kegiatan fisik, jadi bagian ini nggak masalah. Hanya tinggal merutinkan jadwal olahraga supaya lemak-lemak berlebih tersebut hilang!

    Kalau Mommies kurang suka olahraga, perbanyaklah kegiatan fisik. Misalnya berjalan kaki kalau jarak tempuh kurang dari 1 km, naik turun tangga daripada naik eskalator atau lift, dan sebagainya.

    Itu baru 2, baca 2 kiat lainnya di halaman selanjutnya, ya!

  • Istirahat yang cukup
  • Saya pernah ngobrol dengan salah satu ahli gizi tentang hidup sehat. Untuk mendapatkan hidup sehat, menurutnya hanya 3 hal yang perlu kita lakukan: makan sehat, olahraga, dan istirahat.

    Hal yang terakhir ini, setelah menjadi ibu mungkin agak tricky. Apalagi ibu baru yang sering harus terbangun tengah malam entah untuk menyusui atau mengganti popok.

    Tapi saya percaya, seiring waktu berjalan, seorang ibu pasti bisa menyesuaikan diri. Satu kuncinya, beristirahatlah saat bisa. Maksudnya, kalau ada waktu 15 - 20 menit untuk istirahat, maka gunakanlah untuk power nap, misalnya, jangan malah tenggelam dengan gadget.

  • Merawat kulit
  • Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kulit terutama di bagian wajah menjadi bagian yang paling cepat terkena penyakit. Entah hanya sekedar jerawat atau bahkan kanker kulit. Seram, ya?

    Perawatan kulit, sebenarnya nggak perlu yang berlebihan, kok, seperti ke dokter kulit yang berjuta-juta tarifnya atau membeli produk premium dengan harga di atas budget kita.

    Inti dari perawatan kulit adalah, membersihkan dan melembapkan. Hal ini berlaku untuk kulit wajah ataupun kulit tubuh.

    Baca deh, 4 langkah perawatan kulit ini. Lalu untuk produknya bagaimana?

    Yang pertama, pilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kita dan pastinya, sesuai dengan budget. Banyak sekali produk yang harganya terjangkau tapi hasil tetap maksimal. Misalnya rangkaian Olay Regenerist Micro Sculpting Wrinkle Revolution Complex Daily Treatment yang tersedia mulai dari serum sampai sunscreen.

    IMG_0894

    Di usia kita ini (kita? Kok saya ngajak-ngajak? Haha) garis halus dan kerutan di wajah sudah lazim. Saya sering bilangnya, “Garis-garis kehidupan.” :D Tapi bukan berarti didiamkan, lho. Namanya juga perempuan, kalau bisa kan ‘Forever Young.’ Nah, kerutan yang timbul di wajah ini selain faktor pertambahan usia, juga biasanya karena kondisi kulit yang kering dan kurang terhidrasi dengan baik.

    Jadi wajar, dong, kalau kita sudah pindah haluan ke perawatan kulit dengan label anti-aging atau anti-wrinkle. :D

    Saat ini saya sudah menjalankan keempat hal di atas, hasilnya? Alhamdulillah, baik kesehatan tubuh ataupun kulit dalam taraf oke.

    Kalau 4 hal di atas adalah cara saya mencintai tubuh dan kulit saya sendiri, bagaimana dengan Mommies? Ada cara lain? Share dong, biar saya juga dapat bocoran nih. :D

     

     

    PAGES:

    Share Article

    author

    nenglita

    Rock n Roll Mommy


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan