banner-detik
DAD'S CORNER

Hobi Suami; Dukung Atau Tidak?

author

kirana2113 Feb 2015

Hobi Suami; Dukung Atau Tidak?

man_clean_car

Para Ayah kadang suka punya hobi yang bisa bikin gemes Menteri Keuangan di rumah. Biasanya nggak jauh-jauh seputaran otomotif, printilan elektronik, dan olahraga. Memelihara dan melombakan binatang peliharaan masih hits nggak, ya? Anyway, selain dari sisi keuangan kadang urusan hobi ini makan quality time bersama keluarga juga. Yang harusnya bisa family time, malah jadi club time atau milis time.

Kalau istri atau anggota keluarga lain punya hobi yang sama atau setidaknya tertarik, sih, enak bisa seru-seruan bareng. Kalau nggak dan masing-masing punya club sendiri, kapan family timenya?

Ayahnya anak-anak belakangan punya hobi baru, mencoba resep-resep dari internet. Kalau hobi yang seperti ini sekeluarga ikut merasakan, ya. Minimal ikut kenyang, anak-anak juga bisa dilibatkan ikut membantu sembari belajar memasak. Keuntungan lain untuk kami, hobi yang seperti ini dikerjakan di rumah. Jadi Ayah nggak perlu keluar rumah kecuali beli bahan di pasar, so family time tetap terjaga.

Keuntungan lain, modalin hobinya gak mahal..hehehe. Penting, nih, buat kita, kan, Moms? Sering saya dengar keluhan Mommies lain yang suaminya habis jutaan demi sebuah sepeda plus printilannya, yang kadang nggak dipakai :D. Atau bisa belasan dan puluhan juta untuk gadget, upgrade komputer sekelas gaming, atau mendandani mobil.

Saya ingat pesan ibu mertua. Sambil bercerita tentang bapak mertua yang dulu hobinya mengotak-katik amplifier, beliau berpesan,"Biarkan suami punya hobi. Apalagi yang cuma dikerjakan dari rumah. Ketimbang ke luar rumah, luntang-lantung nggak jelas dan kita nggak bisa kontrol ke mana saja dan sama siapa, mending mengurus hobi. Syukur-syukur hobinya bisa jadi penghasilan tambahan. Kalau pun nggak dan malah bikin pengeluaran tambahan, tetap syukuri saja. Uang bisa dicari tapi suami yang setia sekarang langka."

Waktu itu saya cuma senyum saja tanpa berpikir panjang. Tapi belakangan melihat efek hobi bapak-bapak di satu sisi, dan terpampang juga fenomena selingkuhan di mana-mana, saya jadi teringat kembali pesan tersebut.

Jadi, Mommies, beri para Ayah keleluasaan mengurus hobinya, ya. Untuk modalnya, mungkin bisa dianggarkan jadi nggak mengganggu uang belanja :D. Lebih bagus lagi kalau hobinya bisa jadi uang, malah jadi hadiah kejutan buat Mommies atau minimal ekstra dana untuk makan-makan enak sama anak-anak.

Untuk hobi seperti otomotif yang suka ngumpul sama klub atau touring, coba pilih tujuan touring yang lebih ramah keluarga supaya bisa sekalian jalan-jalan sekeluarga. Jangan melulu offroad :D. Kalau hobinya lebih ke memelihara binatang, ajak anak terlibat. Siapa tahu bisa berkembang jadi Pet Shop, breeder, atau peternakan.

Suami hobinya apa, Moms? Semoga bisa sejalan dengan keluarga dan malah berkembang, ya!

Share Article

author

kirana21

FD/MD resident


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan