banner-detik
SELF

Kiat Membantu Menyamarkan Kerutan & Garis Halus di Wajah

author

adiesty04 Feb 2015

Kiat Membantu Menyamarkan Kerutan & Garis Halus di Wajah

“Kalau cari suami, usahakan usianya lebih tua dari kamu. Paling nggak di atas kamu 3 tahun. Soalnya, perempuan itu cepat kelihatan lebih tua. Memang kamu mau kalau saat jalan sama suami, dia di kira adik kamu?”.

Kira-kira begitulah salah satu pesan yang dilontarkan Mama saya dulu ketika saya masih kuliah. Iya, Mama saya memang suka wanti-wanti pada tiga anak perempuannya untuk cari pasangan hidup yang usianya jauh lebih matang, baik dilihat dari pembawaan sikap ataupun  usianya. Apa yang dikatakan Mama saya ini memang bisa dimaklumi, soalnya kan dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memang cepat terlihat tua.

Lewat beberapa artikel kesehatan yang pernah saya baca, salah satu wajah perempuan terlihat lebih tua adalah karena berkurangnya kadar hormon estrogen seiring pertambahan umur. Hal inilah yang bisa membuat aliran darah berkurang dan menyebabkan garis-garis halus serta kerutan di kulit mulai terlihat. Nah,  tanda-tanda penuaan yang paling gampang terlihat jelas tentu saja di wajah kita.

Apa kerutan wajah? *mulai panik *ambil kaca.

Anti-Aging

Duh, kalau ngomongin soal kerutan wajah suka ngeri sendiri, deh. Secuek-cueknya saya sebagai perempuan, tetap saja kerutan pada wajah bisa dibilang jadi momok yang cukup menakutkan. Apalagi sekarang saya ini usianya sudah lewat dari kepala 3. Biasanya, kondisi kulit mencapai titik baliknya dimana kondisinya bisa berubah. Jadilah sekarang ini saya sangat memperhatikan munculnya tanda-tanda awal penuaan seperti garis halus, kerutan, kulit yang terasa kurang kencang serta tampak kusam.

Sebelum kondisi di atas terjadi, tentu saja saya sudah harus siap dengan perawatan kulit mulai sekarang. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang biasanya saya lakukan untuk membantu mengatasi tanda-tanda penuaan, khususnya  area di sekitar mata.

Apa saja? Baca di halaman selanjutnya, yuk, Mommies.

Minum Air Putih

drinking-water

Yakin, deh, semua Mommies pasti sudah paham kalau air putih punya sejuta manfaat. Saya sih yakin kalau air putih merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Dengan asupan air putih yang cukup setiap harinya, paling nggak 2 liter sehari untuk keadaan normal akan membantu kulit jadi terasa lebih lembap. Selain itu air putih yang cukup juga bisa membantu mengurangi timbulnya kerutan pada kulit,  serta membantu menghindarkan kulit dari kekeringan. Kalau  kelembaban kulit kita bisa terjaga dengan baik, tentu akan lebih terbantu untuk tampak lebih muda.

 Makan Ikan

Dari tahun ke tahun, salah satu resolusi yang saya selalu tulis adalah berupaya untuk bisa hidup lebih sehat. Dalam hal ini tentu nggak bisa terlepas dari olahraga, dan pemilihan asupan makanan, dong, ya! Untuk itu, menu wajib saya setiap hari harus terdiri dari bahan makanan yang baik yang mengandung banyak antioksidan, seperti buah dan sayur. Selain itu, belakangan ini saya makin sering mengonsumsi ikan-ikanan, khususnya ikan laut. Soalnya, ikan laut ini kan punya kandungan protein dan omega-3 yang sangat baik. Nggak heran, kalau akhirnya banyak ilmuwan yang menyarankan untuk terus konsumsi berbagai jenis ikan karena bisa memberikan asupan yang baik untuk kulit. Dengan begitu, kulit jadi bisa terbantu terasa lebih lembut, dan  lembab. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega-3 EPA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu menyamarkan garis halus dan kerutan.

Selain itu, saya masih punya dua kiat lainnya. Simak ulasannya di halaman selanjutnya, deh.

Gunakan Cream Anti Ageing

olay

Setelah memberikan nutrisi lewat dalam tubuh,  tentu saja saya juga nggak boleh melewatkan perawatan dari luar. Salah satu ritual yang nggak boleh saya lewatkan adalah menggunakan krim anti-aging yang banyak dijual di pasaran, misalnya Olay Regenerist Advanced Anti Ageing Micro Sculpting Cream Moisturiser. Krim anti-aging ini berfungsi untuk membantu kulit dalam mengatasi tanda-tanda penuaan. Setelah menggunakan Olay Micro Sculpting Cream Moisturiser, saya bisa merasakan kalau kulit saya terbantu jadi terasa lebih lembut. Selain itu yang nggak kalah paling penting, kulit wajah saya terbantu terasa lebih kencang! Nggak percaya? Coba dan buktikan sendiri, deh...

Tidur Telentang

Siapa yang suka tidur dengan posisi telentang? *ngacung . Ternyata, posisi tidur ini bisa mempengaruhi kesehatan kulit, lho. Dulu, saya pernah membaca artikel yang menuliskan bahwa salah satu ‘resep’ yang membuat kulit Titik Puspa tetap kencang adalah dirinya kerap tidur dengan posisi telentang. Awalnya sih saya nggak percaya. Tapi setelah sempat ngobrol dengan dokter kulit, hal ini memang benar kok. Posisi tidur ternyata sangat mempengaruhi pembentukan garis halus di wajah. Bahkan, posisi tidur telentang ini bagus untuk menyeimbangkan berat tubuh ketika tidur sehingga menjaga organ internal tetap selaras pada tempatnya dan mencegah sakit leher serta punggung.

Sejauh ini, sih, empat langkah di atas menjadi ritual sehari-hari yang terus dilakukan dalam rangka berupaya membantu menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah. Oh, ya, satu lagi yang nggak boleh dilupakan, yaitu terus bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan. Paling tidak cara ini bisa menjauhkan kita dari yang namanya stress. Sementara, stress ini kan memberikan dampak yang cukup besar untuk kecantikan kulit.

Bukan begitu, Mommies?

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan