banner-detik
KINDERGARTEN

TK Anak Alam, Sekolah Penuh Toleransi

author

adiesty21 Jan 2015

TK Anak Alam, Sekolah Penuh Toleransi

Perkara cari sekolah anak itu emang bikin pusing, ya. Sebagai orangtua, kita tentu berharap bisa menyekolahkan anak di sekolah yang terbaik. Kriterianya, tentu balik lagi ke diri kita masing-masing. Nilai apa saja yang ingin kita tanamkan ke anak-anak? Kalau saya, berharap Bumi bisa sekolah di sekolah yang memiliki  kurikulum yang seimbang antara IQ dan EQ. Nggak cuma menomorsatukan pendidikan akademis.

Saya sih nggak akan bangga, ya, kalau anak saya bisa pintar dan juara tapi nggak diimbangi dengan kecerdasan emosional. Nggak mampu mengontrol emosinya, nggak peka dengan lingkungan sekitar, dan nggak mampu bertoleransi dengan orang lain. Makanya, saya senang sekali dengan sekolah-sekolah yang mengedepankan nilai seperti ini.

anakalamMungkin dalam hal ini TK Sekolah Alam bisa dijadikan salah satu contoh. Ada yang pernah mendengar TK Sekolah Alam di daerah  Pondok Cabe, Pamulang? Saya sendiri mengetahui sekolah ini dari salah satu teman dekat saya, Febria yang menyekolahkan puterinya di sana. Setiap ada kegiatan atau hal menarik yang baru saja dilewati putrinya, Janet, Febria selalu mengunduh foto-fotonya di Facebook. Dari foto-foto tersebut saya pun menilai kalau sekolah TK Sekolah Alam ini merupakan salah satu sekolah yang  memiliki kurikulum yang baik.

Seperti ibu kebanyakan, alasan pertama kenapa Febria memilih sekolah ini untuk puterinya juga karena jarak antara sekolah dan rumah yang dekat. “Alasan lainnya karena ada space untuk anak main dan toilet juga bersih. Selanjutnya, karena sekolah ini ada guru agama nasrani,” ujarnya.

Ya, walaupun murid-murid di sana mayoritas muslim dengan guru-guru berhijab semua, tapi basic-nya tetap sebagai sekolah umum yang memiliki nilai toleransinya kuat.  Febria bercerita kalau nilai positif yang pertama ia dapatkan adalah soal toleransi beragama.

“Dalam setahun ada dua perayaan nasrani selalu dirayakan,  yaitu Paskah dan Natal. Meskipun yang non muslim hanya dua atau tiga tapi tetap saja ada perayaan sederhana dan guru-gurunya pun mengucapkan selamat Paskah atau Natal. Sebelum masuk kelas saat anak-anak muslim berdoa bersama, anak-anak yang beragama nasrani juga diberikan waktu untuk berdoa bersama. Biasanya setelah doa muslim baru doa nasrani. Kalau Jumat, ada pelajaran agama nasrani sedangkan yang muslim belajar iqro atau mengaji.”

tkanakalam*Janet merayakan Natal bersama

Kedengarannya seru ya! Bagaimana dengan metode belajar plus biaya? Lihat di halaman selanjutnya, ya.

Menurut Ria, metode belajar TK Anak Alam  dengan sistem sentra menjadi nilai plus lainnya. Jadi di TK ini pembelajarannya dibedakan lewat beberapa sentra, ada sentra persiapan, sentra alam, sentra balok dan sentra kreativitas. “Jadi anak-anak nggak selalu belajar di kelas yang sama. Janet paling senang dengan sentra alam karena bisa main air, main tanah dan belajar menanam. Sentra kreativitas juga seru karena anak belajar memanfaatkan barang bekas, dan gara-gara itu di rumah banyak kardus bekas dan botol bekas buat kreativitas, hahahaa...."

Meskipun sekolahnya ini bernama TK Anak Alam, tapi TK ini bukanlah sekolah alam. Menurut Febria, namanya ini diambil dari konsep metode belajar serta kondisi lingkungan sekolah yang hijau dengan pepohonan rindang.

Bagaimana dengan biaya sekolahnya? Share, doong, Feb...

“Uang masuk dua tahun lalu itu 3 juta dan bisa dicicil enam bulan, lho. Terus, uang bayaran saat ini 250, biaya renang 35 ribu.  Yang gue suka, di sekolah ini juganggak ada kantin sekolah. Jadi, bekal bawa sendiri, tapi dalam satu bulan ada kegiatan cooking class di mana anak anak masak sendiri, lho. Dua bulan sekali ada menu sehat yang dibuat oleh orangtua. Bulan Desember yang lalu, gue kebagian jatah  bikin nasi goreng sayuran untuk 80 anak.”

tkanakalam1*Anak-anak sibuk memetik daun bayam untuk cooking class

anakalam1

Waaaah.... saya pribadi, sih, cukup kagum dengan metode sekolah ini, ya. Walaupun TK Anak Alam bukan sekolah 'mentereng' tapi metode yang diterapkan patut diacungi jempol. Biar bagaimana pun, sebagai umat beragama kita memang selayaknya hidup berdampingan dengan damai, penuh toleransi. Sebagai umat muslim, saya sih percaya kalau Allah menciptakan manusia untuk saling sayang menyayangi antara satu sama lain.

TK Anak Alam

Jl. Kayu Putih Raya no. 66

Pondok Cabe, Pamulang

(021) 335 90847

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan