banner-detik
INFANT

6 Langkah Persiapan Menyambut MPASI

author

?author?16 Jan 2015

6 Langkah Persiapan Menyambut MPASI

Yeay, it's Jordy's time MPASI! Senang tiada terkira tahap demi tahap perkembangan Jordy terlewati, dan sekarang waktunya dia mengeksplore lebih luas aneka rasa makanan. There's always first time for everything! Termasuk saya sebagai ibu baru yang harus mempersiapkan aneka macam properti hingga faktor lain yang turut mensukseskan jalannya MPASI. Ini dia beberapa poin yang bisa saya bagi ke para Mommies di luar sana :)

MPASI1

  • Alat Makan
  • Saya sengaja memilih alat makan yang beraneka macam warnanya, karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa peranti makan yang full colour bisa membangkitkan gairah makan si kecil. Oiya Mommies, pastikan semuanya BPA free ya, agar kesehatan anak kita tetap terjaga. Sementara itu, untuk sendok saya memilih yang terbuat dari bahan silicon dan memiliki heat sensing (indikator temperatur), warna sendok akan berubah apabila temperatur makanan di atas 40°C. Teksturnya lembut cocok untuk lidah dan gusi bayi, sejauh ini Jordy sangat nyaman menggunakannya.

     

    buku mpasi

  • Menu MPASI
  • Di satu bulan pertama menu MPASI belum terlalu "heboh", karena terfokus pada satu jenis buah atau sayur. Saya pribadi memilih memberikan Jordy pertama kali kabocha (jenis labu dari Jepang) karena rasanya yang tidak terlalu manis untuk ukuran bayi. Selain itu juga karena mendapatkan masukan dari teman-teman, alangkah baiknya menu pertama kali MPASI makanan yang tidak terlalu manis, karena jika pertama kali sudah didominasi rasa manis, ke depannya berisiko menolak rasa makanan yang tidak manis. Resep-resep MPASI pertama kali Jordy justru saya dapat dari hasil ngobrol dengan teman-teman. Setelah itu baru deh membeli buku resep,hihihihi. Well itu terpulang lagi kepada kebijakan dan kenyamanan Mommies, yang terpenting layak dikonsumsi ukuran bayi 6 bulan :)

     

    MPASI4

  • Blender atau Saringan?
  • Di tahap awal MPASI saya belum menggunakan blender, melainkan saringan dari bahan besi. Lain cerita kalau menu makan Jordy sudah lebih beragam, blender jadi alat wajib dalam pengolahan MPASI nanti :). Oiya Mommies saya pernah melihat blender yang (katanya) khusus untuk mengolah MPASI rumahan (image tertera), mungkin ada yang tertarik menggunakannya? Atau bahkan sudah pernah merasakan manfaatnya?

    Selain hal di atas, ada 3 persiapan lainnya menuju MPASI. Simak di halaman selanjutnya, ya.

    MPASI7

  • Apron Makan
  • Menggunakan apron makan bukan karena takut akan kotor, melainkan supaya si kecil juga semangat makan karena ada pengalaman menggunakan benda baru di tubuhnya.  Mommies bisa menggunakan yang modelnya diikat ke leher atau full body seperti di atas.

    MPASI5

  • Sterilizer
  • Aneka sterilizer yang beredar di pasaran beragam bentuk dan fungsi, Mommies bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Saran saya, pilih yang muatannya banyak. Karena perkara cuci mencuci setiap harinya sangat intens dan setelah itu perlu melalui proses steril.

    MPASI6

     

    Gambar di atas hanya ilustrasi saja, Mommies bisa membuat jadwal makan sendiri. Atau terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter spesialis anak.

  • Jadwal Makan
  • Nah kalau ini supaya orang rumah, baby sitter atau mbak yang mengasuh bisa tertolong time scheduling-nya. Efek untuk si kecil jadi teratur aktivitasnya sehari-hari. Terbukti saat saya menerapkannya ke Jordy (meskipun sesekali suka melanggar peraturan yang dibuat sendiri :D).

    Bagaimana dengan Mommies? Ada yang mau ikutan berbagi pengalaman pertamanya melakukan MPASI?

    PAGES:

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan