Now Reading
Kiat Merawat Pakaian

Kiat Merawat Pakaian

Baju adalah salah satu godaan belanja perempuan. Hayoo, ngakuu..:D. Kalaupun menahan diri nggak belanja baju buat diri sendiri, biasanya dialihkan ke baju anak :D. Malah nggak cuma perempuan, ya, mungkin Pak Suami juga hobi beli baju?

Nah, tapi apa hobi beli baju ini sudah diimbangi dengan pengetahuan tentang perawatan dan penyimpanan baju?

Closet-Tour

Kain/bahan macam-macam, lho, Mom. Ada yang asalnya serat alami, ada yang sintetis. Ada yang bahannya tebal atau tipis, kasar atau halus, dengan bermacam motif dan aplikasi. Otomatis cara perawatan masing-masing bahan juga berbeda-beda.

Pada dasarnya, cara penanganan masing-masing garmen sudah ada di wash tag yang ada di tiap baju. Tapi itu, kan, untuk baju yang beli di toko atau butik, ya. Padahal mungkin beberapa baju kita dibuat di penjahit dan jelas nggak ada washing instruction-nya. Lalu bagaimana mengingat-ingat cara menangani masing-masing baju?

Menurut Pak Fahmi, dosen IKJ yang menjadi narasumber acara Philips Rumah Inovasi beberapa hari lalu, gampangnya kita bagi baju berdasarkan:

1. Bahannya alami atau sintetis.

Bahan sintetis biasanya sensitif terhadap panas, jadi beberapa diantaranya bahkan tidak bisa disetrika langsung. Cukup gunakan steamer saja untuk menghaluskan bila ada yang kusut, atau kalau tidak ada bisa tetap menggunakan setrika tapi dialasi dulu dengan kain yang lebih tebal seperti handuk.

Kelebihannya, sih, bahan sintetis jatuhnya tipis, ringan melayang, dan berenda-renda. Beberapa jenis kainnya melar dan jatuh sehingga enak dipakai. Kekurangannya, biasanya bahannya agak panas, kurang menyerap keringat, dan cepat berbau.

Bahan alami kebanyakan lebih tebal, berserat, dan tahan panas setrikaan. Tapi walau tebal, biasanya malah adem dipakai dan menyerap keringat.

Kiat untuk mengetahui suatu bahan ada campuran sintetis atau tidak adalah dengan cara membakar sedikit serat/benang kainnya. Bila hasil bakarnya hancur menjadi abu tanpa ada residu brindil-brindil seperti plastik terbakar, berarti seratnya alami.

Kiat perawatan pakaian yang lain?

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top