6 Cara Mudah Dan Murah Membasmi Nyamuk

Pernahkah Mommies memandangi wajah imut si kecil saat ia tertidur? Menggemaskan dan seakan ingin didekap, dijaga sepanjang malam agar tidurnya tak terganggu oleh nyamuk dan hal lainnya sepanjang malam. Dan tahukah Mommies, bahwa kualitas tidur memiliki dampak yang signifikan terhadap tumbuh kembang anak. Di antaranya adalah memengaruhi kecerdasan anak, karena ada hormon pertumbuhan yang bekerja maksimal dan dapat memperbaiki sel-sel yang rusak selama si anak tidur.

Baby-SleepGambar dari sini

Bagaimana jika kehadiran nyamuk di rumah membandel? Pastinya Mommies jengkel dan mencari cara mengusir nyamuk-nyamuk nakal tadi. Bahan-bahan alami yang sudah akrab dengan keseharian Mommies ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Ini  dia beberapa pilihan solusi alami yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah.

  1. Bawang Putih

Ternyata bentuknya yang mungil menyimpan sejuta manfaat, selain bisa menurunkan tekanan darah tinggi, bawang putih berkhasiat mengusir nyamuk. Caranya, hancurkan beberapa bawang putih dan rebus di dalam air hingga aroma hasil rebusan benar-benar pekat dengan aroma bawang putih. Selanjutnya sediakan wadah berbentuk semprotan, dan semprot di sekitar ruangan. Untuk mencegah gigitan pada tubuh Mommies, bisa juga disemprotkan pada kulit.

garlicGambar dari sini

  1. Serai

Selain digunakan sebagai penambah aroma pada makanan dan minuman, tanaman yang memiliki tekstur tajam pada daunnya ini juga efektif mengusir nyamuk. Cara pertama, Mommies bisa menanamnya di sekitar rumah, atau menggunakan ekstrak daun serai yang sudah diolah menjadi minyak dan  dipercikkan di sudut-sudut sekitar rumah yang potensi menjadi sarang nyamuk.

  1. Rosemary

Lazimnya daun rosemary dimanfaatkan untuk memberikan aroma khas pada makanan, namun kali ini kehadirannya juga bisa mengusir nyamuk dari tempat tinggal Mommies. Caranya mudah saja, gosok-gosokan daun rosemary ke kulit. Aroma yang keluar mirip seperti kayu putih yang tidak disukai oleh nyamuk.

Selanjutnya: 3 tanaman lain agar rumah bebas nyamuk!


Post Comment