Cara Praktis Membuat Hidangan Bacem

Tiada hari tanpa masak tempe. Mungkin kalimat ini cocok jadi semboyan keluarga saya :D Kenapa begitu, soalnya setiap hari saya memang harus masak menu kesukaan bapaknya Bumi ini. Di antara banyaknya olahan makanan yang menggunakan bahan dasar tempe, suami saya paling senang dengan tempe mendoan dan tempe bacem.

bacem-tahu-tempe*foto dari sini

Sayangnya karena bikin tempe bacem sedikit ribet, selama ini saya jadi jarang membuatnya. Dalam hati saya sempat bilang, “Aaaah… coba ada bumbu praktis yang memudahkan saya membuat bacem.” Dan ternyata, doa saya ini terkabul, lho! Baru-baru ini kecap Bango produksi PT Unilever Indonesia Tbk, meluncurkan anggota keluarga terbarunya, Bango Bumbu Bacem *dancing*. Buat perempuan seperti saya, yang belum jago masak plus masih suka rempong dengan segala aktivitas, bumbu praktis semacam ini memang sangat membantu.

Waktu acara peluncuran varian terbaru kecap Bango ini, Nuning Wahyuningsih selaku Senior Brand Manager Bango mengungkapkan kalau ide pembuatan kecap ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan PT Unilever Indonesia Tbk  untuk melestarikan warisan kuliner Nusantara. “Kami ingin mengangkat dan semakin mempopulerkan hidangan Bacem karena kami melihat bahwa hidangan ini adalah salah satu jenis kuliner khas Indonesia yang sangat unik dan istimewa.”

Sayangnya karena membuat bacem ini perlu teknik meracik dan mengolah yang cukup menantang, hidangan ini pun akhirnya jarang ditemui dalam menu sehari-hari di rumah. Dalam hal ini pakar kuliner masakan Indonesia, Sisca Soewitomo, juga mengakuinya dan bilang kalau membuat bacem memerlukan perhatian dan ketelatenan khusus karena kelezatannya sangat tergantung pada takaran bumbu yang pas serta teknik pengolahan yang tepat.

Demo Masak_2Apa saja sih, yang perlu diperhatikan saat membuat bacem? Menurut perempuan berkaca  mata ini, ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan; mulai dari memilih dan menakar bumbu, proses menyangrai ketumbar, mengulek bumbu halus, mengungkep bahan dan bumbu dalam kurun waktu yang cukup, hingga proses menggoreng sehingga tahu, tempe atau bahan makanan lainnya matang sempurna dan berwarna cantik.

Bango bumbu bacem ini sendiri dibuat dari ketumbar berkualitas yang telah disangrai serta dipadukan dengan kecap manis Bango dan bahan-bahan terbaik lainnya sehingga tercipta kelezatan bumbu yang akan meresap sempurna pada hidangan Bacem. Dengan begitu, keluarga Indonesia bisa lebih sering menikmati dengan cara yang mudah dan praktis tanpa mengurangi keotentikan rasa bumbu bacem itu sendiri.

Ada dua varian baru yang bisa kita pilih, yaitu  bumbu ayam goreng bacem dengan kemasan aluminium foil layer 60ml bisa digunakan untuk 1 ayam kampung atau setengah ayam negeri dan bumbu tempe dan tahu bacem, kemasan aluminium foil layer 60ml untuk 1 papan tempe atau 1 kantong tahu (500gr).

Wah, kalau begini, sih, bisa setiap hari bikin bacem di rumah!


Post Comment