Supaya Resolusi Kesehatan Jadi Kenyataan

Nah, sudah di bulan Desember nih! Siapa yang awal tahun kemarin mencanangkan #Sehat2014 ? Sudah sejauh mana nih, progress hidup sehatnya?

Pengakuan saya dulu nih, ya.

Untuk masalah olahraga, tahun ini saya dapat kesempatan mencoba olahraga baru berinstruktur seperti Muay Thai dan NTC. Selain itu, saya juga masih rutin yoga dan pilates di rumah plus lari.  Lumayan lah ya?

IMG_6620

Untuk masalah makanan, bagaimana? Kalau ini juga alhamdulillah lumayan. Saya masih konsisten nggak makan mi instan dan minum minuman manis dalam kemasan. Selain itu, saya juga mulai rajin minum honey lemon shot setiap pagi, mengganti sarapan dengan overnight oats atau smoothies.

Boleh ya, bangga sedikit dengan pencapaian ini :D

Kendati demikian, ada yang masih belum bisa saya tinggalkan. Yaitu konsumsi gorengan!

Duh, ini berat banget rasanya! Maklum, terlahir dari keluarga yang Indonesia banget, jadi makanan yang tersaji itu wajib ada gorengannya. Bakwan jagung, tempe, tahu, ayam goreng, dan seterusnya. Siapa yang nggak tergoda coba?

Kalau Mommies sama seperti saya yang suka nggak tahan digoda makanan, simak trik di bawah ini, ya!

  • Pilih makanan yang dikukus

Makanan yang dikukus lebih rendah lemaknya dan nutrisinya juga masih lebih terjaga dibandingkan dengan makanan yang melalui proses goreng atau rebus.

  • Pilih buah sebagai cemilan

Ya sih, ngemil itu paling enak yang gurih-gurih. Berhubung saya nggak bisa masak, jadi cemilan saya adalah buah potong. Kalau Mommies rajin mengolah bahan makanan, aneka buah bisa diolah menjadi berbagai cemilan yang enak lho! Kami banyak sekali posting resep enak dan sehat di kategori recipes.

  • Makan makanan yang benar setelah atau sebelum olahraga

Jika sudah rajin berolahraga, harus tepat nih makanan yang dikonsumsi terutama setelah berolahraga. Pascaolahraga, tubuh kita dalam kondisi prima dan akan menyerap nutrisi sebanyak-banyaknya dari apa yang kita konsumsi. Bayangin, kalau kita sudah yoga selama 1 jam atau lari 10kilometer tapi setelah olahraga itu kita makannya tempe mendoan? Atau junkfood? Duh, sayang banget kan, yang terserap bukan nutrisi terbaik buat tubuh.

Salah satu pendapat yang saya ikuti adalah, makan protein pascaolahraga. Protein punya peran penting dalam pembentukan otot.

  • Kenali bahan yang digunakan untuk masak

Selain nutrisinya, bahan yang digunakan untuk memasak juga penting jadi pertimbangan. Baru-baru ini saya mendapat informasi lebih mengenai Happy Soya Oil dari acara Zumba kemarin. Berbahan dasar kedelai, Happy Soya Oil cenderung lebih sehat dijadikan bahan makanan bahkan untuk menggoreng! Happy Soya Oil ini nggak mudah terserap ke dalam makanan yang sedang dalam proses penggorengan.

IMG_6808

Menjelang akhir tahun, yuk kita sama-sama bikin resolusi lagi untuk kesehatan! Share foto dengan caption menarik di laman ini . Akan ada 4 pemenang mingguan dan 1 grandprize designer bag lho!

Seru kan, bikin resolusi kesehatan yang membuat badan sehat dan siapa tau bisa nenteng designer bag tahun 2015 nanti :D

 


Post Comment