banner-detik
PARENTING & KIDS

8 Cara Main Bareng Anak Saat Kita Sakit

author

W_Putri16 Dec 2014

8 Cara Main Bareng Anak Saat Kita Sakit

playing

Kita semua pasti pernah ngalamin hari-hari terkapar. Nggak bisa bangun dari kasur karena sakit atau sekedar capek berat. Kebetulan, buat saya, hari-hari terkapar ini lumayan sering terjadi. Emang saya dasarnya penyakitan, sih. Jadi bentar-bentar kudu istirahat. Tapi semua manusia pasti pernah ya ngalamin saat yang harus istirahat aja di kasur. Pas masih lajang mungkin bisa tinggal tutup pintu kamar aja. Selesai urusan. Nah, kalo udah punya anak, tutup pintu kamar bisa alamat digedor sama anaknya. Jangankan tidur, bisa pipis nggak dicariin anak aja udah bagus.

Saya ini punya prinsip, saat sakit, semua urusan bisa menunggu. Yang paling penting jadi sehat dulu. Kalo dipaksain ntar malah makin sakit, malah makin ngerepotin orang. Kalo saya sakit, pasti ngerepotin orang soalnya. Urusan rumah pasti langsung saya titip ke orang lain. Jadi saya nggak mikirin cucian, piring, atau mau masak apa nanti. Pikiran lebih tenang dan nggak seberapa kemrungsung.

Urusan anak lain lagi, ya. Waktu anak saya masih bayi, kalo saya perlu istirahat, bisa langsung saya titip sama eyangnya aja. Nggak bakal saya dicariin, kecuali dia mau nyusu. Tapi makin gede anaknya, makin ribet persoalannya. Sekarang, kadang anaknya nggak mau main sama orang lain selain emaknya. Nah, di saat-saat kayak gini saya suka mati gaya. Mungkin karena saking seringnya saya tepar, lama-lama saya nemu juga sih cara yang pas buat main sama anak ketika saya harus berbaring.

Berikut ini beberapa permainan yang biasanya saya lakukan sama Nara (2,5 tahun), anak saya, ketika saya harus tepar. Siapa tahu bisa jadi ide pas ada yang lagi terkapar juga.

1. “Siapa bisa paling lama …”

Nara, kebetulan lagi suka ngamatin motorik halus di wajahnya kayak angkat alis, mecucu, menjulurkan lidah. Kebetulan juga, di samping kasur saya ada cermin. Jadi, biasanya dia bakal duduk di atas kasur bareng saya dan sama-sama liat ke cermin. Saya akan bilang, “Siapa bisa paling lama angkat alis?” Lalu kami berdua mengangkat alis. Bisa juga nggak pake cermin, kok. Yang saya amati sih, Nara ini seneng banget ngeliat ekspresi aneh yang muncul akibat kita ngangkat alis (sebelah atau dua-duanya) atau menjulurkan lidah. Jadi bisa sambil liat-liatan aja sama saya. Saya selalu menang sih, soalnya Nara selalu ngakak duluan.

2. Mana Jempol Kaki?

Saya suka sekali berbaring sambil selimutan. Nara, suka banget iseng nyariin bagian badan saya dari atas selimut. Ini udah kebiasaan sejak dia masih bayi. Jadi saya sering menggunakan keisengannya untuk main. Sambil selimutan, saya akan minta dia nyari jempol kaki saya di bawah selimut. Bisa jempol kaki, bisa lutut, bisa bagian tubuh mana saya yang sudah dikenal sama anak sih sebenernya. Lebih seru lagi kalau dia yang selimutan dan saya yang nyari jempol kakinya. Bisa sampai guling-guling dianya.

3. Kapal Bajak Laut

Ini biasanya saya kerjain setelah dia selesai main di sekitar kasur. Saya akan minta Nara naik ke atas kasur dan kita pura-pura jadi bajak laut. Kami akan mencari ‘harta karun’ di sekitar kapal. Kapalnya si kasur dan ‘harta karun’-nya ya segala macam barang yang berantakan di sekitar kasur dan masuk ke kotak mainannya. Permainan yang ini kadang sukses kadang enggak sih, tergantung mood anaknya. Tapi kalo dia lagi mau, seru banget. Dan tahu-tahu udah rapi aja semua mainannya. Yay!

4. Naik Mobil

Ini karena Nara gila mobil. Segala macem barang yang ada mobilnya, dia pasti suka. Dan salah-satu kesukaannya adalah masuk ke keranjang cucian baju dan pura-pura itu mobil. Main naik mobil ini sebenernya cara supaya dia bisa main sendiri di satu tempat dan saya cukup berbaring aja di deketnya. Soalnya, setelah dia ‘masuk’ mobilnya bersama mainan-mainannya, dia males keluar. Hihihi.

Selanjutnya  : membacakan buku atau bercerita juga seru, lho!

 

Woman reading book to young girl in bed smiling

5. Baca Bareng

Baca bareng memang kegiatan yang baik dilakukan bersama anak. Cuma, ketika sakit, kadang saya kepingin baca sendiri. Tapi anak kan suka nggak paham, ya. Jadi, kalau lagi begini, saya seringnya baca buku berdua Nara, tapi dengan buku masing-masing. Nara akan bolak-balik bukunya sendiri dan saya baca buku saya sendiri. Buku saya pilih buat saat-saat ini biasanya majalah yang banyak gambarnya. Pas saya nemu bagian yang kira-kira Nara akan tertarik, saya akan tunjukkan ke dia. Dia juga biasanya akan nanya-nanya ke saya soal bukunya sendiri.

6. Bercerita

Anaknya yang bercerita, bukan saya. Kan lagi sakit, saya suka males mikir. Jadi mending dia aja yang cerita. Lebih ke menceritakan ulang kejadian yang udah lewat, sih. Misalnya, saya tanya soal perjalanannya tadi siang ke rumah eyang buyutnya atau cerita lagi tadi malem sebelum tidur dia ngapain aja. Tapi namanya anak, apalagi anak saya yang umurnya belum 3 tahun, kalo disuruh cerita suka ngawur. Jadi ceritanya suka nggak sinkron dan lucu. Itung-itung hiburan buat emaknya yang lagi sakit.

7. Nonton Film

Nonton film biasanya jadi pilihan ketika saya sama sekali nggak bisa diganggu tapi Nara pengen duduk di deket saya. Atau, kadang-kadang, saya pengen dia duduk diem di deket saya. Ya, saya pasang DVD kesukaannya lalu kami nonton berdua. Lebih tepatnya, dia yang nonton, saya lebih sering ketiduran atau nonton dia nonton film.

8. Panggil Bala Bantuan

If all else fails, call reinforcement. Kadang saya emang nggak bisa banget nemenin anak main berdua aja, atau segala permainan nggak sukses aja ama dia. Kalo udah begini, saya panggil bala bantuan. Bentuknya bisa orang lain yang ikut nemenin main, jadi bertiga. Dia tetep bisa di deket saya. Saya bisa sebentar-sebentar ngamatin tapi saya nggak harus merhatiin dia 100%.

In the end, it’s how good you know your child. Dia lagi suka main apa? Bikin versi yang bisa dikerjain sambil tiduran. Anak yang udah lebih besar mungkin bisa diajak main boardgames. Anak perempuan mungkin bisa diajak main salon-salonan sambil ibunya tiduran. Dan kalo dia akhirnya nggak mau main sama kita, just enjoy it. Ada memang yang rasanya kepingin terus deket anaknya, kayak saya. Tapi kalo gitu kan jadinya kita nggak bisa istirahat. Titipkan dia dengan ikhlas ke orang lain sehingga kita bisa tidur dan beristirahat dengan baik.

Semoga lekas sembuh.

 Wicahyaning Putri adalah editor di 24hourparenting.com. 24hourparenting.com adalah adalah situs parenting yang memuat how-to-parenting, singkat dan to the point, juga membahas tentang menjadi orangtua, dan ide kegiatan ortu-anak. Dilengkapi visual yang semoga asik. Diasuh oleh psikolog dan orangtua.

 

 

PAGES:

Share Article

author

W_Putri

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan