Now Reading
3 Lokasi Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Sumatera Barat

3 Lokasi Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Sumatera Barat

nenglita

Bulan November lalu saya mengikuti trip bersama Orang Tua Grup bertajuk Ottradnovation. Ini adalah kali ketiga saya bergabung dalam trip yang tujuannya adalah mengenalkan tradisi dan inovasi yang ada di Indonesia.

Kemarin, kami melancong ke Sumatera Barat, tepatnya ke Padang dan Bukittinggi. Ada 3 lokasi yang menurut saya wajib dikunjungi jika Mommies berlibur bersama keluarga!

  • Istana Pagaruyung

Berlokasi di kota Batusangkar, rasanya kedatangan para turis ke Sumatera Barat belum lengkap jika belum mampir  dan foto di depan istana ini. Istana yang ada sekarang, memang hanya replika. Karena istana Basa atau Pagaruyung yang asli habis terbakar di sebuah kerusuhan berdarah tahun 1804. Istana Pagaruyung mengalami beberapa kali kebakaran, hingga terakhir yang terhebat adalah tahun 2007 saat petir menyambar puncak istana yang menyebabkan kebakaran. Dari peristiwa  ini, diperkirakan hanya 15% barang asli yang selamat.

2014-11-17 15.19.15

Kendati hanya replika, tak mengurangi keindahan dan kemegahan istana ini, kok. Kemarin kami berkesempatan mengelilingi istana mulai dari ruang tamu sampai kamar dan dapur istana. Yang ada saya jadi ngebayangin, bagaimana kehidupan kerajaan zaman dulu. (termasuk cara ke kamar mandinya, karena nggak ada kamar mandi di dalam istana, hehe).

Pstt, jangan lupa cobain cendol durian yang ada persis di seberang gerbang Istana Pagaruyung, ya. Enak!

  • Jam Gadang

Siapa tak kenal Jam Gadang di kota Bukittinggi yang menjadi ikon Sumatera Barat? Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda tahun 1926. Mesin  yang tertanam dalam jam ini sama persis dengan yang tertanam di Big Ben London. Whoaaa….

Saat mengunjungi Jam Gadang, jangan lupa berfoto ya. Dan perhatikan, ada yang berbeda di angka 4 jam tersebut.

2014-11-18 07.50.59

Apakah kita hanya bisa melihat Jam Gadang saja? Jangan khawatir, di area sana ada pasar yang menjual berbagai souvenir khas kota Sumatera Barat yang disebut dengan Pasar Ateh (Pasar Atas), Pasar Lereng dan Pasar Bawah. Di pasar ini Mommies bisa belanja berbagai macam oleh-oleh, terutama bordiran Padang yang terkenal itu dengan harga miring.

Selanjutnya: Raja Ampat di Sumatera dan wisata kuliner!

Pages: 1 2 3
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top