7 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Cuti Hamil Berakhir

IMG_8172

  • Stok ASIP

Selalu semangat 45 dan pantang menyerah diperlukan untuk tahap ini, karena akan menguras energi,  besar kemungkinan pumping dilakukan tengah malam bahkan menjelang subuh, Mommies bisa pumping saat si kecil tertidur pulas. Saya mulai memerah ASIP satu bulan setelah melahirkan. Setiap hasil perahan jangan lupa diberi tanggal dan jam pemerahan ya Mommies. Hindari terpaku dengan seberapa banyak ASIP yang dihasilkan, tapi seberapa sering Mommies memerah. Hasil dari obrolan bersama teman dan browsing sana sini, disarankan 2 – 3 jam sekali usahakan diperah agar ASI terus menerus diproduksi. Jika payudara sudah kosong maka ruang untuk ASIpun akan semakin besar.

  • Belajar Memerah

Agak kagok memang pada awalnya, but no worries…there’s always first thing for everything :), buka Youtube, mendatangi  dokter laktasi atau meminta bantuan teman untuk menunjukkan cara memerah. Yang penting Mommies tahu dulu teknik dasarnya seperti apa, entah itu memerah dengan alat elektronik, manual atau full manual dengan tangan. Karena pengalaman saya selama ini, beda orang beda teknik loh Mommies, poinnya adalah Mommies harus merasa senyaman mungkin saat proses memerah.

  • Memperkenalkan ASIP Lewat Media Lain

Mommies pernah mendengar istilah “bingung puting”? Keadaan yang dialami bayi karena mendapatkan ASIP dalam botol yang berganti-ganti dengan menyusui langsung pada ibu. Nah untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Mommies mulai memperkenalkan kepada si baby minum ASIP lewat media lain. Reaksi setiap bayi berbeda-beda, Alhamdulillah Jordy saat itu  tidak ada perlawanan berarti saat minum ASIP bukan dari ‘pabriknya”, ada juga yang nangis hingga histeris. Tak apa Mommies, pelan-pelan saja, nanti juga akan terbiasa. Kuncinya tetap semangat sambil usaha dan berdoa.

  • Siapa Yang Mengasuh?

Ini nih yang biasanya bikin kepala para ibu pusing tujuh keliling. Jika Mommies masih bisa menitipkan si kecil kepada sanak saudara atau Nenek dan Kakek (how lucky you are…). Jika harus menggunakan jasa pengasuh, pastikan Mommies mengenal asal usulnya dengan sangat baik, dan kenalkan mbak pengasuh ini kepada si kecil sebelum Mommies aktif ngantor. Tujuan tak lain supaya si kecil juga nyaman dengan kehadiran si mbak pengasuhnya.

Oh iya, pastikan memberikan informasi  detail mengenai tata cara memberikan ASIp lewat botol, jika perlu print di secarik kertas dan tempel di tempat yang mudah di akses.  Jangan sampai anak sakit karena tata cara pemberian ASIp tidak dilakukan dengan benar.

  • Wardrobe

Walaupun sudah menjadi ibu saya “memaksakan” diri untuk tetap memerhatikan penampilan, demi penghargaan untuk diri sendiri juga loh. Bentuk badan Mommies belum kembali seperti semula? Ya wajar saja kok, jangan dijadikan beban pikiran, yang terpenting kan anak kita mendapatkan hak ASI eksklusif. Saya mengakalinya dari awal ketika tau saya hamil. Saya sengaja membeli baju yang ukurannya all size dan cenderung agak besar (bukan baju khusus ibu hamil), jadi ketika sudah melahirkan baju-baju tersebut masih bisa dipakai dan masih pantas dikenakan walau sudah tak berbadan dua. Kalaupun masih kebesaran masih bisa dikecilkan di tukang jahit kan? (bisa menghemat budget juga). Naah untuk celana sih pasti beli yang diperuntukkan khusus ibu hamil ya Mommies.

Just kindly reminder bagi para Mommies yang baru melahirkan dan bersiap kembali ke kantor….

“Love yourself first and everything else falls into line. You really have to love your self to get anything done in this world” –Lucilla Ball.

So, sudah siap dong kembali berjibaku dengan kegiatan kantor? Mommies ada pengalaman lain seputar tema di atas? Silahkan ditambahkan di comment ya Mommies.


4 Comments - Write a Comment

  1. Waini, walau sudah dikasih tau kanan kiri untuk stok ASIP sebelum cuti habis, nyatanya gue baru bisa stok kira-kira seminggu sebelum ngantor. Itupun sehari nggak sampai dua botol. Anaknya rakus bin gembul! Nyusu terus sampai rasanya kempot bener gue. Yaudahlah pasrah sekarang kejar-kejaran :D Dibawa hepi ajalah… Aku bisaaaaaaaa… Hehehee…

  2. Hai…haii Whitelady. hihihihii kurang lebih sama nasibnya spt saya, kalai itu ini payudara rasanya kok kempes teruuss, mungkin krn anak laki2 ya jadi minumnya kuat banget. Yang penting tetap semangat ya dan ituuu dia dibawa happy…dan kita pasti bisaaa :D

Post Comment