Now Reading
5 Cara Belajar Yang Menyenangkan

5 Cara Belajar Yang Menyenangkan

nenglita

2014-11-15 13.18.14

  • Menulis ulang

Nah kalau ini agak serius belajarnya. Jadi setiap hari Sabtu, saya mengumpulkan catatan pelajaran Langit lalu membacanya bersama-sama. Setelah itu, kami akan menulis ulang catatan selama seminggu.

Menulis ulangnya tak hanya berupa tulisan lho. Berhubung Langit doyan menggambar, jadi kadang pelajarannya kami tulis ulang berupa gambar, mind map, lengkap dengan pensil warna!

  • Latihan soal

Ini juga lebih serius daripada poin lainnya. Saya sering memberikan soal-soal dari pelajaran sekolah tapi dengan pendekatan lewat kehidupan sehari-hari. Misalnya, soal cerita matematika menggunakan nama Langit dan sepupunya, “Nadira memiliki 3 Barbie, kemudian Bude (ibunya alias kakak saya) membelikan lagi 3 Barbie. Berapa banyak Barbie yang dimiliki nadira sekarang?”. Yah, semacam itu deh :D

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh kita sebagai orangtua supaya anak belajar. Yang pertama harus diingat adalah, jangan terpaku pada metode belaar harus duduk manis di meja belajar. Anak-anak butuh bermain, justru dari permainan itulah kita masukan nilai-nilai pelajaran sekolah.

Mungkin saya beruntung karena Sekolah Dasar yang saya pilih sesuai dengan pola asuh saya yang nggak terlalu menuntut prestasi akademis. Jadi semuanya balik lagi sih, dalam memilih sekolah jangan tercengang sama fasilitas dan lain-lainnya dulu. Tapi justru samakan visi dan misinya, mau jadi seperti apa anak kita nanti?

Mommies sadarkah kalau saya selalu menggunakan kata ‘kami’ di setiap aktivitas belajar? Hal ini karena memang saya selalu memosisikan diri sebagai pembelajar juga. Jadi anak merasa saya, orangtuanya, terlibat dalam urusan sekolah. Keterlibatan orangtua di sekolah anak terbukti penting lho. Beberapa riset menunjukkan bahwa orangtua yang terlibat dalam urusan sekolah akan menjadikan anak memiliki sikap dan attitude yang positif, jarang terlibat masalah di sekolah, dan sebagainya.

Oh ya, satu kiat penting untuk para Mommies (dan Dad, tentunya) jangan sering-sering bertanya “Gimana belajarnya tadi di sekolah?”  atau “Kamu main melulu, kapan belajarnya?” atau “Coba sini ibu mau tanya soal ya, kamu jawab”. Sekolah itu lumayan berat lho, buat anak-anak.

Terus, masa nggak boleh nanyain tentang sekolah? Ya boleh dong. Yang harus diperhatikan adalah cara kita menyelipkan pertanyaan. Kalau saya biasanya bertanya, “Langit tadi pas makan siang duduknya dekat sama siapa?”. Atau kalau bosan, saya bertanya hal-hal lain di luar sekolah, seperti yang pernah saya tulis di sini.

Nah, jadi ngelantur, kan.

Intinya sih, buat anak dalam kondisi bahagia dulu, setelah itu baru kita bisa memasukkan pelajaran sekolah ke otak mereka. Yah, sama lah dengan kita, kalau otaknya nggak bahagia pasti ngerjain kerjaan kantor atau pekerjaan di rumah juga nggak beres, kan?

Jadi yang anaknya mau UAS hari Senin besok, cemungudh eaaaaaa :D

Pages: 1 2 3
View Comment (1)
  • aw…. tipsnya oke banget nih, Lit. Berhubung Danny-boy dan Baby David belum menginjak usia SD, jadi aku sharing sedikit mengenai pengalaman belajarku semasa SD dulu ya.

    Kalau dulu jaman aku kecil, mama lumayan strict urusan belajar. Aturan “tidak boleh main sebelum selesai kerjakan pr” sempat bikin aku manyun berat karena iri liat temen-temen sebaya asyik maen sementara aku harus selesaikan pr dan saat pr sudah selesai, sudah keburu maghrib T__T Batal maen sama-sama deh! (di komplekku banyak banget anak-anak seusiaku dulu jadi seru banget deh kalau maen sama-sama ketika sore hari)

    Tapi sekalipun strict soal belajar, mamaku juga konsisten selalu menemaniku belajar… Sambil masak ajah bisa loh nanyain aku perkalian, padahal aku juga lagi sambil maen masak-masakan. Dan memang metode ini yang bikin aku cepat hafal perkalian jaman SD dulu ^^. Jadi belajar itu gak melulu harus formal diatas meja belajar^^

    Dan karena SDku dulu selalu rutin ada ulangan mingguan, ketika tiba saatnya ulangan umum (dulu kan masih pake sistem cawu ya) aku cukup mengulang saja materi ulangan mingguan, jadi malah lebih enteng belajarnya^^.

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top