banner-detik
TRAVEL

10 Tujuan Kuliner Di Bandung

author

sazqueen31 Oct 2014

10 Tujuan Kuliner Di Bandung

Bandung memang terkenal dengan kulinernya. Padahal kalau saya boleh jujur, kreativitas pemilik untuk menciptakan suasana yang nyaman plus interior-eksterior yang oke buat foto adalah daya tarik utamanya. Kalau soal makanan, biasanya memang terasa enak sekali, kan, kalau hati senang? ;) Anyway, saya punya 10 nama tempat makan yang sedang menjadi favorit untuk selalu dikunjungi atau dijadikan rekomendasi jika ada yang bertanya di mana kalau mau makan di Bandung. Beberapa di antaranya mungkin sudah diketahui dan merupakan everybody's sweet heart, tapi nggak ada salahnya dimasukkan ke dalam list ini, karena berarti makannya memang enak untuk dinikmati.

1. Miss Bee Providore

MissBeeGambar dari sini

Restoran ini ada di daerah Ciumbuleuit. Dari tempat parkir, sudah bisa terlihat bentuk bangunan yang super menarik. Di bagian depan ada taman yang cukup luas, pohonnya rindang, tanamannya banyak,  dengan dua ayunan, satu jungkat-jungkit, dan kandang kelinci. Restorannya sendiri ada dua bangunan yang berbeda, satu rumah kaca, satu lagi rumah biasa. Kalau di rumah kaca, enaknya sore menjelang malam agar tidak panas. Di bagian dalam, ada mini play ground, dekat dengan dapur yang terbuka. Jadi sambil nungguin anak main, saya biasanya ngintip para koki yang sedang masak.

Rasa makananya enak, harganya juga standar resto di Bandung. Andalan Menik di sini adalah Fish & Chips. Kalau pada kunjungan pertama, Menik masih coba versi Kids Meal, pas datang kedua kalinya, saya kasih porsi dewasa (maksudnya buat berdua). Nasib berkata lain, karena 3/4 bagian ikannya dihabiskan sendiri. Di sini juga ada Cakery corner-nya. Sempat cicip satu cake coklat dan ENAK. Kalau kangen sama selai KOU yang biasanya cuma ditemukan di Bali, bisa juga beli di sini.

By the way, kalau berencana ke sini pada waktu peak time (weekend, dinner time) baiknya reservasi dulu, ya! Karena saya cukup terkejut melihat antrean panjang yang terjadi waktu datang malam minggu. Untung waitress-nya baik. Saya boleh pesan untuk take away dulu dan menyuapi Menik di area play ground supaya anaknya nggak masuk angin, sambil menunggu antrean tempat duduk. Paling enak, ya, weekdays, dan bisa berkunjung dari mulai waktu sarapan!

Miss Bee Providore

www.missbeeprovidore.com

Jalan Rancabentang no. 11a, Bandung

022-2033613

2. Beehive Cafe & Eatery

beehiveGambar dari sini

Tempat makan yang ini terletak di Dayang Sumbi. Tempat parkirnya luas, jadi rasanya nggak perlu khawatir ketika membawa kendaraan. Restorannya terbagi dua area, non-smoking area di sebelah kiri pintu masuk, dan smoking area di sebelah kanan, tepatnya di rumah kaca. Banyak bentuk heksagonal disini, mungkin untuk mengingatkan bentuk sarang lebah, ya. Buka dari pukul 08.00 pagi, ada pilihan menu breakfast yang bisa dinikmati hingga pukul 11.00.

Makanan yang saya coba juga enak. Menik bisa menghabiskan satu porsi Dori Au Gratin. Spaghetti Aglio Olio-nya pun sedap. Yang biasa saja rasanya adalah minumannya. Better save yourself with Ice Tea or just plain water, hehe. Kalau ingin yang manis, coba Red Velvet, Banana Nutella Cake, atau Creme Brulee Con Strawberry Sorbet-nya. Enak semua!

Nah, kalau bawa anak-anak, ajak ke belakang, deh. Ada kolam ikan yang lumayan besar, dan pihak resto menyediakan makanan ikan di sampingnya. Jadi anak-anak bisa memberikan makan pada ikan Koi yang besar-besar badannya. Menik sampai nggak mau pulang kalau sudah kasih makan ikan di sini.

Beehive Cafe and Eatery

Jl. Dayang Sumbi no. 1

Phone. 022-2505801 / 2510671

Twitter &I G : beehive_bdg

3. Kenny Rogers Roaster

krrGambar dari sini

Nah, kalau ini mungkin sudah nggak asing, ya? Resto ayam panggang yang dengan mudah ditemukan di Jakarta, kini akhirnya membuka cabang ke 27 di Bandung untuk pertama kalinya. Saya masukin di list, siapa tahu ada yang lagi jalan-jalan di PVJ Mall, terus lapar. Letaknya di bangunan baru pas di bawahnya Miniapolis Play Ground.

Untuk menu, nggak usah dijelaskan lagi, kan? Bisa pesan Quarter Meal ata Red Hot Meal, jangan lupa Mac and Cheese untuk si kecil. Kenapa saya sarankan untuk makan di sini. Because they roast their chicken and their "Less Salt, Less Fat, Less Calories" tagline can make us feel save! ;)

Kenny Rogers Roasters

Paris Van Java

Jl. Sukajadi no 139

Bandung. Telp 022-82063865

Selanjutnya: Tempat makan menu sehat!

4. Mom's Bakery

MOMS-BAKERY-03Gambar dari sini

Wah, ini salah satu tempat sarapan dan beli roti favorit saya! Tempat makan roti tanpa rasa bersalah. Bakery yang satu ini, mengusung tema hidup sehat. Roti sehat yang terkenal tentunya roti tawar gandum tanpa gula, tanpa garam, dan tanpa butter. Pilihan ada dua, Multigrain atau 70% Wholemeal. Pilihan lain dari belanja roti tawar sehat adalah kue-kuenya. Ada Shepherd Pie yang enak banget, cinnamon rolls, banana cake, muffin, dan masih banyak lagi. FYI, minyak pengganti butter untuk membuat kue atau roti di sini adalah olive oil, dan pemanisnya adalah gandum. Cocok, ya, untuk hidup sehat ala #FitNFab! ;)

Selain membuat roti tawar/gandum, Mom's Bakery juga terkenal dengan Sandwich Station-nya. Jika datang ke sini, ambil kertas isian yang ada di atas rak display isian  roti lapis. Pertama pilih dulu rotinya. Ini tergantung persediaan yang ada di rak, bisa Croissant, Ciabatta, Soft Half Baguette Gandum, Rustic Baguette Gandum, dan Sourdough. Isiannya beragam, dan dipastikan 70% produk organik. Mulai dari selada hijau, romaine lettuce, tomat, timun, paprika, bawang bombay, jamur, roast or smoke chicken, roast or smoke beef, tuna chunk, steam white egg, smoked salmon, smoked turkey, dan masih banyak lagi. Pilih sendiri roti, isian dan dressingnya, siap-siap menikmati sandwich sehat dengan ukuran jumbo.

Kalau bawa anak untuk sarapan, cicipi choco-banana toast-nya! Menik biasanya akan melahap habis satu porsi roti plus satu cangkir hot chocolate. Psst, kalau datang ke sini, enaknya untuk sarapan. Selepas pukul 12 siang, roti sudah banyak yang habis, loh!

Mom's Bakery, Jl. Progo No 18. Bandung.

5. Musamus Bistro & Bakery

musamus71

Restoran di Bandung biasanya membuat pengunjung terkesan dengan suasananya. Coba masuk ke Musamus yang artinya sarang semut, deh, Mommies! Pasti rasanya nyaman, dan ingin duduk tenang sambil ngobrol yang lama di sini. Nama Musamus sengaja diambil karena sang pemilik terinspirasi dengan cara semut yang bergotong royong dalam membangun istananya.

Untuk menunya, Musamus mengaku menyajikan menu western yang unik, bahkan tagline-nya adalah "Experience The Sweetest Taboo". Tapi pas buka menu, ada banyak ragam western dan eastern food. Sebut saja beberapa jenis salad, soup, pasta, pizza, dan Asian Delight. Rasanya enak, porsinya pas untuk mengisi perut yang lapar saat makan siang.

Selain bistro, Musamus juga punya bakery sendiri. Ada beberapa pilihan roti dan selai buatan Musamus sendiri. Belum perbah coba, tapi kalau dari penampilan, sih, enak yaa, kayaknya :D

Musamus, Jl. Sultan Tirtayasa No 35. Bandung

6. Tjendana Bistro

back yard gardenGambar dari sini

Kalau sedang berada di daerah Sukajadi, bisa mampir ke Tjendana Bistro. Tempat ini menawarkan cita rasa Indonesia. Jadi menunya kebanyakan adalah makanan Indonesia populer, namun ada juga makanan Thailand dan Peranakan, kok. Yang bikin saya senang ke sini adalah halaman yang luas dan ada indoor playground. Kecil, sih. Tempat mainnya adalah kolam bola dan dua perosotan. Tapi sudah cukup untuk menghibur anak-anak. Kalau anaknya ingin lari-lari, bisa dilepas di halamannya.

Untuk makanannya, coba Gurame Kremes Ebi dan Tahu Cabe Garam, deh. Tahunya adalah produksi Tjendana sendiri. Cabe dan garamnya pas banget! Favorit, deh, dimakan sama nasi putih panas. Harga makanan dan minumannya beragam, dan standar resto Bandung, deh. Menurut saya, Tjendana Bistro ini bisa jadi pilihan kalau sedang datang ke Bandung bersama keluarga besar, karena isi interiornya tidak penuh. Posisi satu meja dan meja lainnya tidak terlalu dekat, jadi rasanya lapang.

Tjendana Bistro

Jl. Sukajadi No. 181

Bandung

022 2034622

7. Perky Pedro

 

perkyGambar dari sini

Kalau bosan dengan pilihan makanan lokal dan menu makanan Barat, minggir sedikit ke daerah Latin, Mexico juga terkenal dengan kulinernya. Siapa di sini yang tidak kenal dengan Nachos dan Taco? Di Bandung ada satu resto Mexico yang baru buka bulan Juni lalu, namanya Perky Pedro yang artinya Orang Keren! Haha. Actually, Perky yang artinya keren, kalau Pedro itu nama anak laki-laki paling umum di Mexico, semacam Budi kalau di Indonesia. Perky Pedro ini ada di daerah Riau, Bandung.

Restonya tidak terlalu luas, dindingnya penuh gambar ala Mexico, interiornya juga colorful. Ke sini cocoknya kalau sudah lelah berkeliling FO seputar Riau, dan mau meluruskan kaki sebentar sambil menikmati segelas Mojito. Favoritnya di sini adalah Burito, tapi Nachosnya juga enak, Red Chipotle Tortilla juga sedap! Kalau bawa anak, bisa pesan Fish & Chips dan Red Bean Soup. Kalau Mommies tergila-gila dengan cabai, coba Jalapeno Poppers atau Green Chilli Wings, ya!

Jl. R.E.Martadinata (Riau) 128A.

022-7277221

Selanjutnya: Mau makan bakso atau mie ayam?

8. Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya

lodayaGambar dari sini

Nah, satu lagi pilihan makanan sehat di Bandung adalah SounLodaya. Warung bakso di pojokan jalan Veteran ini, tidak memaka MSG atau penyedap. Bahkan ketika semangkuk soundan bakso datang, rasanyapun hambar. Garam bisa ditambah sendiri sesuai selera dan sudah tersedia di meja masing-masing.

Menu andalan tentunya Soun Bakso, bisa bakso halus saja atau dicampur urat. Nanti bisa order side-dish sesuai selera masing-masing. Misalnya sayur sawi, tetelan, pangsit datar, pangsit kriuk-kriuk, sampai nasi! Hahaha, kesukaan Menik adalah nasi dan bakso. Tapi kalau mie ayam juga bisa. But maintain your expectation, dear. Mie ayam Bandung kalau bukan yang mie yamin, ini beda rasanya dengan mie ayam gerobakan di Jakarta. Sebagai penutup, pesanlah Es Selalu Dipesan. Wah, ini es campur tanpa susu sama sekali, namun rasanya super. Penggantinya adalah santan kalau mau. Tempatnya lumayan luas dan tentunya bersih, jadi nggak terasa sumpek.

Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya

Jl. Veteran No.3. Bandung

9. Warung Lela

waleGambar dari sini

Siapa yang nggak tahu Warung Lela atau WaLe? Tempat makan mie yamin yang paling asik, menurut saya. Rasanya original. Kesukaan saya, tentunya Mie Yamin Manis Komplit dengan Jus Kacang Hijau sebagai minumannya. Kalau Menik kesini, Mie Yamin Asin dan Es Cincau hijau yang jadi kesukaannya.

WaLe ini letaknya di daerah utara Bandung, kalau bisa dapat tempat duduk di bagian yang menghadap ke hutan, terasa sekali Bandungnya. Angin sepoi yang sejuk, mie yamin bakso, dan secangkir teh hangat. Wah, cocok rasanya untuk menikmati waktu senggang dan istirahat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Jl. Kupa No. 6, Bandung

022 2501396

10. Bakmi Linggar Jati

mie-linggarjati

Tempat makan mie satu lagi yang jadi andalan. Warung bakmi yang terletak di jalan kecil dekat masjid agung, alun-alun, Bandung, ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Saya taruh paling akhir, karena harganya yang lumayan mahal untuk ukuran semangkuk mie. Tapi rasanya ENAK, kok! Mie yamin manis atau asin adalah menu favorit di sini. Siomay-nya juga enak. Ini siomay ala China, ya. Jadi ukurannya besar, dimakan dengan saus sambal, bukan dengan saus kacang.

Nah, sebagai teman mie yamin, pesanlah alpukat keruk. Segelas besar berisi alpukat murni, tanpa campuran air sama sekali, diberi serutan es untuk mendinginkan, dan siraman sirup moka. Dahsyat, Mommies!! Segar dan mengenyangkan, dan bisa pesan tanpa sirup jika sedang mengurangi konsumsi gula. Saya biasanya keluar dari warung bakmi ini dengan perasaan bahagia. Kenyang dan senang, gitu, loh! Walau harus bayar semangkuk mie seharga Rp35.000,- dan segelas es alpukat seharga Rp23.000,- :D

Kalau ke sini, patokan mudahnya adalah Kings Shopping Center. Kalau sudah selesai belanja, tanya saja sama tukang parkir atau becak, pasti ditunjukkan jalannya.

Rumah Makan Linggar Jati

Jl. Balonggede no. 1 Balonggede Regol Bandung

--

Semoga membantu peta tujuan makan kalau weekend ini mau mampir ke Bandung. Mudah-mudahan daftarnya tidak mengecewakan, ya!

PAGES:

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan