banner-detik
PARENTING & KIDS

Obat Ilegal Di Berbagai Sosial Media

author

sazqueen20 Oct 2014

Obat Ilegal Di Berbagai Sosial Media

Beberapa hari lalu, saya kaget karena salah seorang teman mengunggah info gambar sebuah akun di Instagram yang menjual obat aborsi. Sebelum saya repost dan sebarkan kegundahan, saya re-check dulu ke IG. Begitu dicari, ketemu akunnya! Saya lemas. Lebih bikin deg-degan lagi, pas Kirana menunjukkan kalau kita search menggunakan hashtag #obataborsi maka akan keluar banyak akun-akun yang menjual obat tersebut. Waktu menunjukkan info tersebut ke WA group Mommies Daily, reaksi kami semua sama: prihatin. Saya kemudian berpikir, betapa mengerikannya hidup belakangan ini.

aborsi1

Aborsi merupakan sebuah proses penghentian kehamilan yang bisa dilakukan dengan sengaja atau spontan. Ada banyak risiko yang mengiringi tindakan aborsi ini. Sebut saja penipisan dinding rahim, infeksi rongga panggul, infeksi leher rahim, infeksi pada alat kelamin dan reproduksi karena kuretasi dilakukan dengan alat yang tidak steril, kerusakan leher rahim, hingga pendarahan hebat yang bisa menyebabkan kematian. Aborsi yang dilakukan dengan sengaja tanpa indikasi medis apapun merupakan tindakan ilegal.

Terlalu banyak resiko yang akan ditanggung oleh pelaku aborsi, secara fisik maupun mental. Karena saya pernah mengalami keguguran spontan akibat blighted ovum dan tahu bagaimana rasa sakit dan sedih yang saya rasakan, saya jadi takut sendiri membayangkan perempuan yang hamil diluar nikah dan sibuk mencari obat penggugur kandungan di pasar bebas. Mereka terlalu sibuk untuk mencari jalan pintas akibat kelalaian yang mereka lakukan sendiri, tanpa berpikir panjang resiko yang menghantui hidupnya nanti.

Kalau dulu saya gemas melihat toko online yang berjualan pemutih tubuh dengan model anak-anak, kali ini saya merasa geram dengan mereka yang dengan enaknya berjualan obat ilegal yang bisa membahayakan nyawa. Dulu saya tidak ingin berkomentar soal kampanye "Safe Sex" yang banyak menimbulkan protes. Protesnya berupa kecaman bagaimana mungkin pemerintah melegalkan seks bebas dengan mengedukasi dan membagikan kondom gratis?

Oh well, saya juga tidak setuju dengan sex before marriage, tapi sekarang saya berani bilang kalau kampanye Safe Sex ini memang diperlukan. Jika tidak, terbayang nggak bagaimana penjual obat aborsi online itu bisa panen terus? Berapa banyak yang ingin dikorbankan hanya untuk menyelamatkan rasa malu akibat hamil diluar nikah? Nggak cuma malu, tubuh juga akan menerima risiko yang tidak bisa diabaikan. Coba, deh, iseng ketik "aborsi' di Google. Pasti kaget melihat betapa banyaknya penjual obat aborsi yang bebas di dunia maya ini. Coba lihat akun twitter @obataborsi dan jangan kaget melihat testimonial pembeli yang diunggah oleh si penjual. Siap-siap mengerutkan dahi, ya.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Baca di halaman berikut, ya.

Saya sendiri kurang yakin harus bagaimana, tapi ada dua hal yang terpikir ketika amarah muncul melihat akun tersebut dengan seenaknya berjualan dan berpromosi bahwa mereka bisa menyelesaikan masalah dengan mudah, aman, dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke dokter. Duh, risiko aborsi itu mengerikan, loh!

aborsi2

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melaporkan akun-akun tersebut agar bisa ditutup paksa. Jangan malas untuk klik "report" untuk setiap akun yang ditemukan. Jangan biarkan anak-anak mulai usia 13 tahun yang memang dibolehkan mengakses berbagai channel social media, bebas juga menemukan jalan mudah jika mereka melakukan tindakan yang tidak terpuji.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah membangun kepercayaan dalam keluarga. Berkomunikasi merupakan salah satu kuncinya. Buatlah anak merasa nyaman untuk bercerita segalanya dan pastikan mereka merasa nyaman dan aman ketika ada di rumahnya sendiri. Jadi jika terjadi hal yang buruk dalam hidupnya, anak-anak bisa dengan jujur bercerita, sehingga mereka tidak perlu mencari jalan pintas yang membahayakan dirinya. Ada banyak kiat dari para parenting expert yang sering melakukan seminar dan banyak artikel di Mommies Daily yang mengulas hal ini. Carilah cara yang paling pas, dan bertemanlah dengan anak Anda, agar benteng diri si anak bisa berdiri kokoh dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada si anak.

Tentunya saya juga berharap, pihak berwajib gencar memburu para penjual obat ilegal ini. Aborsi merupakan tindakan ilegal jika dilakukan tanpa kondisi darurat medis. Semoga toko obat ilegal ini bisa segera tutup, dan para penjualnya sadar kalau hal yang mereka lakukan merupakan tindakan kriminal. Care to save our kids?

PAGES:

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan