Now Reading
Mommy Recovery: Menghadapi Hari Yang Buruk

Mommy Recovery: Menghadapi Hari Yang Buruk

nenglita

2014-08-15 06.05.04

  •  Tuangkan emosi Mommies

Bagaimana meluapkannya? Harus yang positif ya. Kalau saya, karena suka menulis, ya menulislah semua kegelisahan atau uneg-uneg di blog pribadi (bukan di sini, tentunya, haha). Kalau Mommies punya sahabat atau orang terpercaya yang bisa dan mau mendengarkan uneg-uneg, go ahead, call them!

  • Tenangkan diri

Setelah emosi terluapkan, saatnya menenangkan diri. Ambil nafas panjang, dan mulai membereskan masalah yang ada. Seharian anak tantrum? Selama dia dalam kondisi yang aman dan tidak membahayakan, berikan time out untuk diri sendiri. Harus disadari, sebagai manusia, kadang kita suka nggak bisa mengontrol emosi, kan? Kalau memang tak bisa mengontrolnya, lebih baik hindari dulu sumber masalah. Jangan sampai kita mengucapkan hal-hal yang semestinya tidak kita ucapkan atau kita sesali di kemudian hari.

  • Bereskan masalah

Setelah sudah cukup tenang, mulai list down kira-kira bagaimana penyelesaian masalahnya. Ibu sering dianggap sebagai manusia super, dan kita kemudian memosisikan diri kita sebagai manusia super. Realistis saja lah, nggak semua hal bisa kita bereskan sendiri.

  • Cari bantuan

Berkaitan dengan poin di atas, cari bantuan dari orang terdekat. Masalahnya berkaitan dengan rumah tangga seperti kasus saya? Ya bicarakan dengan suami. Masalah anak nggak mau makan? Coba tanya support group atau di forum mengenai hal ini. Masalah kerjaan di kantor? Coba bicarakan dengan rekan satu tim, minta bantuan jika memang masalahnya cukup pelik.

  • Move on!

Kaya anak-anak remaja yang habis putus cinta, move on! Jika terlalu lama berlarut-larut dalam masalah yang sama, kita nggak akan bisa maju. Jika sudah tenang, mencoba membereskan masalah dan mencari bantuan, saatnya untuk move on. Hidup kan harus dijalani bukan hanya untuk direnungi :)

  • Bersyukur

Rasanya di tiap artikel yang saya tulis selalu ada poin ini. Bukan, bukannya sok bijak, tapi ini sebenarnya juga catatan pengingat buat diri saya sendiri untuk terus bersyukur atas apa yang terjadi dalam hidup ini.

Di saat mendapat ‘cobaan’ berturut-turut, eh Langit menunjukkan dengan bangga hasil ulangannya di sekolah. Di saat lagi galau-galaunya sama urusan yang tadi saya sebutkan, eh banyak yang kirim artikel buat Mommies Daily. Di saat lagi mau nangis, eh nemu buku zaman kecil di toko buku bekas. Duh, hidup itu memang seperti roller coaster ya!

Mommies lagi sedih atau mengalami hari yang buruk? Jangan salahkan diri sendiri, ya. Sini-sini, berpelukan :)

Don’t le a bad day make you feel like you have a bad life

 

 

Pages: 1 2
View Comments (4)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top