banner-detik
PRE-SCHOOLER & KINDERGARTEN

Kelas Belajar Musik Di Melodia

author

sazqueen23 Sep 2014

Kelas Belajar Musik Di Melodia

Masih ingat, nggak, cerita saya mencari kelompok bermain untuk Menik? Sejujurnya, pencarian tersebut sempat terhenti karena saya kesal sendiri tidak dapat menemukan sekolah yang guru-gurunya bisa berbicara Bahasa Indonesia dengan normal. Maksudnya, pasti ada porsi bahasa Inggris (dan bahasa asing lainnya) yang menurut saya belum waktunya. Saya hanya ingin Menik bisa lancar berbahasa Indonesia yang baik dan benar sebelum nantinya ia akan belajar berbagai bahasa asing.

Nah, suatu hari, salah satu teman saya memberi info soal kelas musik di Melodia, sebuah sekolah musik yang terletak di jalan Cipunegara, Bandung. Kebetulan, anaknya yang juga anak susu saya, memang seumuran dengan Menik, jadi saya pikir tak ada salahnya untuk mengikuti satu kali kelas percobaan. Dan, AKHIRNYA, saya menemukan kelompok bermain yang memiliki guru-guru sederhana yang bisa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik. Hal lain yang menjadi bahan pertimbangan ketika mencari kelompok bermain adalah iuran. Di Melodia, uang sekolahnya masih sangat masuk akal, dengan durasi seminggu sekali selama 1 jam, akhirnya saya dan suami sepakat memasukkan Menik ke Melodia.

2

Kelasnya sendiri hanya satu, dibagi dalam beberapa jam dari mulai pukul 10.oo, 14.00, dan 16.00. Menik ikut kelas pukul 14.00 bersama 6 orang lainnya. Satu kelas berisi sekitar 8 anak dengan dua guru pendamping. Satu guru bisa bernyanyi dengan merdu dan nada yang benar, satu guru lagi bertugas bermain piano untuk mengiringi nyanyian anak-anak. Oh ya, sebetulnya kelas ini diperuntukkan bagi anak-anak yang mau les musik. Diharapkan dengan adanya kelas perkenalan terhadap musik dengan menyenangkan nantinya akan mempermudah anak-anak ketika masuk kelas musik sesungguhnya, kelas piano klasik misalnya. Pengajar di kelas ini juga akan membantu melihat potensi anak, apakah lebih cenderung ke vokal, piano, biola, clarinet, dan lainnya.

3

Jadi, sekolah ini hanya untuk nyanyi dan nari saja? Tunggu dulu, simak lanjutannya di halaman berikut ya!

Ya, tadinya saya kira, setelah satu bulan mendampingi Menik, isi kelas ini hanya bernyanyi dan menari saja. Karena memang selama menemani Menik, dari mulai masuk sampai pulang, ibu guru hanya mengajarkan bernyanyi dan menari beberapa lagu anak seperti Taman Yang Paling Indah, Lingkaran Besar-Kecil, Cicak Di Dinding, dan masih banyak lagi. Ternyata di bulan berikutnya, ada beberapa alat bantu yang digunakan, seperti Tam Tam kecil, beberapa boneka tangan, dan Xylophone. Ini semua digunakan untuk memperkenalkan ketukan nada dan jenis nada rendah dan tinggi.

5

Cara mengajarkannya sungguh menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan boneka tikus di tangan kiri sebagai nada tinggi (suara tikus ceritanya nada tinggi) dana boneka beruang di tangan kanan sebagai nada rendah (suara beruang ceritanya contoh nada rendah), Menik bisa belajar membedakan nada tinggi dan rendah dengan mudah di Xylophone dan piano. Masuk ke pertemuan di bulan berikutnya, anak-anak mendapatkan beberapa lagu baru dan juga tambahan ilmu, seperti mengenal struktur piano dengan tuts hitam dan putihnya, mengenal tiga not berupa satu ketuk, satu setengah ketuk, dan stop, dan masih banyak lagi. Wah, kalau dituliskan, rasanya berat, ya, yang mereka pelajari selama seminggu sekali. Tapi kenyataannya tidak, kok. Kelasnya sangat menyenangkan dan anak-anak balita ini ternyata bisa dengan mudah mengingat berbagai lagu, ketukan, dan nada-nada yang diperkenalkan di dalam kelas.

Nantinya, di setiap akhir tahun ajaran, anak-anak di kelas belajar musik ini akan ikut konser rutin. Pertunjukan yang rutin diadakan oleh Melodia ini sebetulnya ajang pertunjukkan bakat para murid di sekolah tersebut, akan dibuka oleh anak-anak dari kelas bermain ini. Mereka akan bernyanyi bersama sebagai tanda pembukaan pertunjukkan. Seru, ya? Melodia yang sudah berdiri sejak tahun 1995 ini memiliki kurikulum standar ABRSM (Associated Board of The Royal School of Music. ABRSCM ini adalah lembaga internasional yang berfungsi memberikan penilaian dan sertifikasi performa teori dan praktik musik di 96 negara, dan sekolah musik Melodia dipercaya untuk menjadi public center ABRSM di Bandung. Jadi nantinya sertifikat musik murid Melodia ini akan diakui secara internasional, loh. So far, saya senang dengan kelompok bermain ini, mudah-mudahan Menik betah belajar dan bermain musiknya, ya! Ada yang berdomisili di Bandung dan tertarik untuk mencoba? Datang saja setiap hari Sabtu, jadi bisa lihat sekolah dan kelasnya sekaligus, yuk!

Sekolah Musik Melodia

Jl Cipunegara No. 15, Bandung. 

Telp. 022-7273390.

 

 

PAGES:

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan