Now Reading
Motherhood Monday: Silly, “Saya Bukan Superwoman”

Motherhood Monday: Silly, “Saya Bukan Superwoman”

adiesty

Separuh waktu banyak Mbak dihabiskan untuk kegiatan sosial seperti ini, anak-anak nggak protes?

Aku juga nggak banyak menghabiskan waktu dan kehilangan waktu bersama anak-anak. Anak-anak sekolah dari pagi sampai sore, setelah anak-anak berangkat, aku baru jalan. Buat aku, untuk jadi ibu yang hebat nggak harus kita semuanya yang mengerjakan atau melakukan semuanya. Ada kalanya merasa capek, karena kita ini kan bukan superwomen. Jadi nggak ada salahnya minta tolong atau mendelegasikan pada Mbak di rumah.

Yang dibutuhkan, Ibu itu harus memberikan cinta sebanyak-banyaknya untuk anak. Buat aku tugas utama ibu, ya, itu. Memberikan pelukan, ciuman, kasih sayang, memastikan anak-anak kita kaya akan pelukan dan ciuman. Aku percaya kalau anak-anak yang kaya akan pelukan dan ciuman, mereka anak tumbuh menjadi orang yang penuh kasih, dan akan membawa aura tersebut untuk lingkungan sekitarnya. Aku mencoba membentuk karakter ini pada anak-anak.

Dulu aku pernah membuat list 100 hal yang aku ingin anak-anak aku bisa tumbuh seperti itu. Jadi anak yang baik, anak yang bisa menolong sesama, bisa ini dan bisa itu. Lama lama aku mikir, berat juga ya tugas anak gue? Balajarnya bagaimana, ya? Kemudian aku berpikir, kalau anak-anak itu belajar bukan dari apa yang kita ajarkan atau kita suruh, tapi anak-anak belajar dari apa yang orangtuanya lakukan. Jadi, kalau orangtuanya baik, anaknya juga akan seperti itu.

Seperti buah yang ditanam, dia akan tumbuh besar dan buahnya juga nggak akan cuma satu. Saya percaya, ketika kita menanamkan kebaikan, akan tumbuh banyak sekali kebaikan lainnya. Nah, saya belajar untuk menanam benih kebaikan itu dalam jiwa anak-anak saya. Harapannya, ketika mereka besar dan melihat apa yang sudah dilakukan orangtuanya, mereka akan bilang dalam hatinya, “I want to be like my mom,”.

Menurut Mbak, apakah bayangan itu sudah ada di pikiran anak-anak?

Hal itu sudah terjadi, kalau ada media yang tanya ke anak-anak, bagaimana pandangan mereka terhadap saya, mereka bilang kalau mama aku adalah pahlawan, dan aku bangga punya mama seperti mama. Orangtua itu jadi role model untuk anak-anaknya.

just sillyDalam dunia parenting sendiri, siapa role model Mbak Silly?

Umh…. Ibu saya sepertinya. Banyak sebenarnya orangtua di luar sana yang jauh lebih hebat dari saya. Tapi saya selalu belajar menjadi orangtua yang baik untuk anak-anak. Balik lagi ke yang tadi saya sudah bilang, saya bukan superwomen. Jadi nggak ada salahnya untuk mendelegasikan tugas yang memang bisa kita delegasikan pada orang lain. Nggak semua hal harus kita kerjakan sendiri.

Ada masanya, kok, kita melakukan semuanya dan anak-anak akan senang, tapi ada masanya ketika beberapa hal yang bisa kita delegasikan sehingga kita bisa memikirkan hal yang lebih global. Tugas Ibu itu kan nggak mudah, ngurus anak, ngurus suami, ngurus pekerjaan lain, ngurus Mbak di rumah supaya betah. Saya sendiri selalu menganggap Mbak di rumah itu sebagai partner. Ketika saya harus pergi, tugas ke luar kota, saya menitipkan ‘nyawa’ saya pada mereka.

Sudah merasa jadi ibu yang ideal?

Ibu yang paling ideal adalah ibu yang tau kebutuhan anak-anaknya. Soalnya banyak juga kan orangtua yang nggak ngerti apa yang dibutuhkan anaknya. Apa, sih, maunya kamu? Akhirnya jadi kesal dan stres sendiri. Padahal kalau kita kesal, anak makin kesal. Kuncinya cuma satu, cinta. Cinta membuat kita sanggup untuk berlari 100 kali lebih cepat dari orang lain. Menjadi ibu itu nggak gampang, sangat melelahkan. Apalagi buat ibu yang bekerja.

 

Selanjutnya: Masalah kebutuhan khusus, CTM dan jaim

Pages: 1 2 3 4
View Comments (4)
  • Iya, banget Lit…. fokusnya buat kegiatan sosial. Kemarin pas gue main ke rumah harapan juga Mbak Silly lagi sibuk banget ngurus satu anak yang ‘terbuang’ dari keluarganya lantaran sakit kulit. Mending sakit kulitnya apa gitu, ya…. ini sakit lepra. Tapi Mbak Silly cuek aja gitu deket2 sama anak tsb. Nggak ada rasa takut apalagi jijik…..

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top