banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Saya Nggak Suka Olahraga!

author

W_Putri17 Sep 2014

Saya Nggak Suka Olahraga!

Slide2(1)

I never felt like it's my thing. Mungkin karena emang nggak jago olahraga sejak kecil, kalah melulu, jadi nggak suka. Mungkin juga karena sejak kecil saya nggak diajari cara berkompetisi yang baik, jadi kalo kalah ya sakit hati aja. Ngambek, terus ga mau olahraga lagi. Mungkin juga yang lain. Yang jelas, saya nggak ngefans sama kegiatan yang berlabel olahraga. Kecuali, liga rugbi. Nonton doang sih, nggak mungkin juga saya kerjain. Itu juga saya tonton karena seru dan mas-masnya besar-besar badannya.

Ahem.

Anyway, ini cerita tentang kenapa ada ibu-ibu yang nggak suka olahraga jadi rajin yoga setiap hari.

Sampe saya tua, saya masih sakit hati sama olahraga. Pas masih kerja, ada kantor yang punya kegiatan senam aerobik bareng di lapangan tiap Jum'at pagi. Saya? Paling males. Ogah keringetan, panas, musti bawa baju ganti, mandinya ngantre, belum lagi kalo mendadak hujan. Yang terakhir itu sempet kejadian dua kali pas saya kebetulan ikutan senam. Akhirnya, Pak Bos ngelarang saya ikut senam, daripada hujan badai katanya. Disangka tari hujan kali.

Saya sih ngerasa baik-baik aja nggak olahraga. Meskipun dari cilik saya nggak rajin olahraga, saya termasuk jarang sakit. Selain bedrest selama hamil, saya nggak punya keluhan kesehatan, yang menurut saya, luar biasa. Badan saya juga nggak pernah kelewat besar. Jadi saya sendiri nggak ngerasa butuh olahraga. I'm fine by not sweating. So, why bother?

But, really I was not fine.

Kayaknya banyak turning point kehidupan ibu-ibu terjadi pas mereka punya anak, ya? Mungkin karena ngerasa sekarang ketempelan makhluk hidup yang 'apa jadinya dia tanpa kita?'. Memang nggak semua abis anak mbrojol lantas berubah juga, sih. Termasuk saya dan olahraga ini.

Pas anak saya umurnya 7 bulan, tifus saya kumat. Saya kena tifus pertama kali waktu masih jadi anak kosan pemakan sembarang. Bagi yang nggak tahu, tifus ini penyakit yang bakal kambuh penderitanya kecapean. Konon sih sekalinya kena tifus, alamat bisa kambuh kalo nggak jaga diri. Selama 2 tahun punya anak, tipus saya kambuh 2 kali pula. Tiap tahun tifus. Tiap tahun pula tergeletak makan nasi lembek dan gak bisa ngurus anak, suami, dan rumah selama sebulan. Masih untung ada eyang-eyangnya yang dengan senang hati bantuin momong cucunya.

Jadi ibu rumahtangga kan berat, jadi perlu fisik yang prima, gitu kata dokter saya. Waktu itu bu dokter menyarankan saya jalan kaki, supaya stamina saya membaik dan nggak gampang cape. Langsung, abis sembuh, saya terus olahraga.

Selanjutnya: Olahragakah saya?

WOathome

Hahahah. Enggak lah. Adanya, saya malah cari ART. Kan mamak kecapean, jadi musti ada asisten. Jadi ibu rumahtangga itu berat, kak.

Lalu kapan mulai olahraganya?

Nggak lama setelah kami sekeluarga pergi ke kebun binatang. Pas Nara ulangtahun, sebagai penggemar piknik, kami berencana piknik ke kebun binatang. Sudah kebayang asiknya ngajak anak ke kebun binatang, ngeliat gimana mukanya pas liat binatang yang selama ini cuma ketemu di buku atau televisi. Mungkin naik gajah, mungkin kasih makan rusa. Dan memang seru banget acara jalan-jalannya. Buat Nara dan bapaknya aja tapinya. Jalan dari tempat parkir, ngantre karcis, masuk lewat taman-taman, jalan di turunan, lalu naik lagi, terus saya udahan. Saya duduk kehabisan napas di bawah pohon beringin di depan kandang gajah. Naik gajah? Naik tangga saja gak sanggup, kak.

Itu kali pertama saya nyadar kalo stamina saya jelek banget. Baru jalan gak nyampe sekilo aja udah ngos-ngosan gini. Gimana mau nemenin anaknya piknik sekolah coba? Kan nggak lucu tiap abis nganter anak piknik sekolah terus emaknya tifus. Masa depan piknik sekolah yang suram.

I was not fine at all.

Sepulang dari kebun binatang, suami bilang dengan suara pelan banget, "Mungkin nyuci, nyapu, sama ngepel bukan 'olahraga' yang pas, ya. Kayaknya kamu perlu olahraga beneran." Dia tahu saya bakal sewot kalau disuruh olahraga. Memang habis itu saya ngambek. Tapi kali ini karena, di dalam lubuk hati, saya tahu dia benar. Saya aja yang lagi denial. Lagian, kita bisa merawat orang lain dengan baik, ketika kita nggak lalai merawat diri sendiri. Gimana mau ngurus anak kalau kita sendiri sakit karena nggak ngurus diri sendiri?

Lalu, sekarang olahraga ... apa tadi .. yoga, kan?

Iya. Dan meskipun klise, memang ada bedanya. Belum nyoba keliling kebun binatang lagi, sih. Tapi ini anaknya sudah mau ulang tahun ketiga dan saya masih belum sakit tifus lagi. Buat standar tifus saya, ini prestasi. Dan, awalnya memang susah banget nemu olahraga yang oke karena saya banyak maunya. Nggak suka olahraga rame-rame karena saya nggak nyaman berkegiatan di keramaian, apalagi ke gym. Lari keliling komplek? Errr .. banyak abang-abang. Males disuitin. Ya, kayak ada aja yang mau nyuitin ibu-ibu berponi beranak satu ini, sih. Berenang, saya nggak suka dingin. Ada kolam yang pake air hangat enggak? Lagian kan, ibu rumahtangga ga bisa ninggal rumah kelamaan. Blah .. blah .. blah ..

Menurut saya yang bukan ahli ini, nggak masalah sih jenis olahraganya apa. Mau renang, tenis, sepedaan, atau kasti sekali pun, bisa bermanfaat asal ngerjainnya nggak cuma pas bulan purnama aja. Pilih yang disenengin, mampu dikerjain, dan cocok sama kesibukan. Kebetulan aja yoga ngepas sama alasan absurd saya tadi. Dulu, saya pernah ikut kelas yoga sih, tapi ya gitu, deh. Dasarnya memang gak niat ya bubar aja di tengah jalan.

Jadi, sekarang udah suka olahraga, nih?

Enggak. Masih nggak suka. Cuma sekarang dikerjain aja, sih. Karena, rupanya, saya perlu sedikit ‘tari hujan’ supaya tetap sehat. Demi piknik sekolah anak. Dan tentu demi makhluk hidup yang ‘apa jadinya dia tanpa kita’ tadi.

Wicahyaning Putri adalah editor di 24hourparenting.com. 24hourparenting.com adalah adalah situs parenting yang memuat how-to-parenting, singkat dan to the point, juga membahas tentang menjadi orangtua, dan ide kegiatan ortu-anak. Dilengkapi visual yang semoga asik. Diasuh oleh psikolog dan orangtua.

PAGES:

Share Article

author

W_Putri

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan