Pantaskah Balita Masih Menyusu?

Z5A5709Menurut DR Jack Newman, pendapat tersebut juga tidak benar. Menurut beliau, anak yang menyusu hingga akhirnya ia ingin berhenti sendiri, pada umumnya akan lebih mandiri dan merasa percaya diri dengan kemandiriannya. Ia telah menerima rasa nyaman dan aman dari dada ibunya hingga ia merasa siap untuk menstopnya. Ketika ia sudah berhasil menstopnya, ia akan merasa bahwa ia telah berhasil mencapai sesuatu dan akan terus maju menuju tahap berikutnya.

Ada beberapa keuntungan lain dari menyusui untuk batita, yaitu:

  • Kesehatan anak di masa mendatang

Penelitian menunjukkan bahwa bayi dan batita yang diberi ASI akan memiliki risiko yang kecil untuk terkena penyakit seperti tekanan darah rendah, kolesterol, obesitas, dan diabetes

  • Peningkatan intelegensi pada otak

Semakin lama dan semakin sering anak diberi ASI, ia akan semakin pintar. Hal ini berkat asam lemak omega-3 atau DHA yang merupakan keunikan dari ASI

  • Kenyamanan

Dada ibu dapat menenangkan bayi yang sedang sedih atau marah dan membuat mereka merasa lebih baik

  • Waktu istirahat

Anak memiliki aktivitas yang banyak seperti mengeksplorasi lingkungan, mengembangkan kemampuan baru, dsb. Waktu menyusu menjadi momen mereka untuk beristirahat dari kesibukannya tersebut

  • Waktu untuk menjalin kedekatan antara ibu dan anak

Terkadang anak menyusu bukan sekedar untuk mendapatkan makanan saja, tetapi mereka memperoleh kebahagiaan dari sana, tidak jarang mereka dapat tertawa-tawa sembari menyusu. Pada umumnya ibu juga memperoleh kebahagiaan dari menyusui lebih dari sekedar memberi makan saja. Senna juga seperti itu, terkadang ia menyusu pada kakak saya tanpa menghisap susunya, melainkan hanya mengemut dan memainkan putingnya saja. Kemudian ia akan menepuk-nepuk pipi kakak saya atau mengambil kaca mata kakak saya lalu pura-pura menyembunyikannya dan ia akan senyum-senyum atau tertawa dengan bahagia.

Menyusui juga memberi keuntungan bagi sang ibu, antara lain mengurangi risiko kanker (seperti kanker payudara dan rahim) dan menjaga berat badan ideal karena menyusui dapat mengurangi kalori.

Wah ternyata banyak juga ya keuntungannya! Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk terus menyusui ya Mommies selama kedua belah pihak masih menginginkannya :)


2 Comments - Write a Comment

    1. Halo mbak, sebenarnya nggak ada masalah pemberian ASI/ sufor/ dicampur keduanya. Tapi kami di sini, sangat support ASI. Jadi sebisa mungkin pemberian ASI didahulukan. Biar bagaimana, ASI adalah yang terbaik untuk bayi :)

Post Comment