banner-detik
PARENTING & KIDS

Belajar Menurunkan Gengsi

author

sazqueen25 Jul 2014

Belajar Menurunkan Gengsi

Saya mau mengaku kalau saya punya kadar gengsi yang tinggi. Dari dulu, saya ingin menjadi nomor satu. Inginnya bisa melakukan semua dengan sempurna, dan akan merasa sangat malu jika melakukan kesalahan yang harusnya bisa dihindari. Sering juga saya berada di situasi setelah adu argumen sama suami, harusnya ketika sudah saling minta maaf, maka situasi kembali seperti biasa. Nah, kalau saya bisa menghindari sehari atau dua hari untuk menghilangkan rasa kesal dan juga malu. Gengsi-lah kalau harus menghidupkan suasana. Eh, gengsi bukan sih, namanya? Karena kalau cek di KBBI, gengsi itu artinya kehormatan, harga diri, martabat. Intinya saya tidak senang jika ada di situasi harus memulai pembicaraan terlebih dahulu dengan orang yang tadinya berantem sama saya :p, kalimat defense-nya "Gengsi, dong!" *Duh, malu!*

ssssaazzz

Dulu saya tidak pernah ambil pusing dengan perasaan ini, yang paling sering kena adalah suami tentunya. Tapi sebagai orang yang sudah mengenal saya selama 10 tahun, suami rasanya pun tidak pernah ambil pusing. Dirinya selalu mengalah setelah sesi berantem untuk mencoba mencairkan suasana. Jadi nggak ada masalah. Suami udah biasa banget diem-dieman dulu, nggak ngajak bercanda dulu setelah adu argumen. Kalau dipaksakan, saya pasti ngambek. *Waduh, ini buka aib sendiri, haha*

Anyway, sejak punya anak, saya tidak bisa lagi menghindari situasi orang pertama yang harus menghidupkan suasana antara saya dan si anak. Kenapa? Ya masa gengsi sama anak sendiri. Tapi sesungguhnya, situasi saya harus mencairkan suasana setelah menasihati anak itu buat saya rasanya awkward moment banget, loh! Toddler dan tingkah lakunya yang ajaib ini memang jadi arena belajar baru bagi saya. Salah satunya adalah belajar untuk menurunkan rasa malas menegur duluan setelah sesi 'ngambek' sama Menik. Bayangkan saya ada dalam situasi selesai memberi nasehat ke Menik setelah si balita menabur isi piring makan siangnya ke seluruh lantai ruang makan. Karena baru belajar untuk memberikan argumen, biasanya kami jadi adu mulut.

"Menik, kenapa nasinya ditabur begitu?"

"Emm, nggak apa-apa!"

"Loh, apa-apa, dong! Nasinya terbuang, lantainya kotor. Yuk, beresin dulu!"

"Enggak mau!"

"Kenapa?"

"Menik abis tabur-tabur, nggak mau bersihin, mau main aja!" kemudian anaknya kabur ke ruang bermain.

Anak memang guru yang terbaik, lihat lanjutan cerita saya di halaman berikutnya!

MENIKSBersama 'guru'!

Kebayang, ya? Walau akhirnya berhasil mengajak Menik untuk membereskan ruang makan. Hati saya mangkel, kesal! Ujungnya adalah muka jutek datang, dan aksi mogok bicarapun dimulai. Kalau kata suami, kayak ada dua anak kecil di rumah. Menik kan tidak tahu tabiat saya ini, ya. So she will act like nothing happened. Iya selayaknya anak kecil lainnya saja, nggak ada masalah berarti, deh! Menik bisa tiba-tiba memeluk atau mencium saya sepersekian detik setelah ia menolak untuk melakukan suatu hal akibat kelakukannya sendiri.

Saya, sebagai si gengsi, kesal pastinya! Rasanya seperti "Wooiii, enak aja, main peluk cium! Situ kan abis berantakin nasiiii!" which is nggak mungkin saya sampaikan seperti itu, haha! Jadi mau nggak mau, saya akan menerima pelukan dan ciuman di pipi yang memang terasa sangat tulus dari si muka polos tanpa dosa. Kemudian akan mencoba untuk 'biasa saja' setelah sesi menasehati tadi selesai. Pokoknya nggak boleh pakai emosi negatif, nggak boleh pakai hati.

Ah, Menik. I never thought life as a mother will be like this! Saya nggak pernah tahu akan ada situasi seperti ini dalam hidup saya sebagai orangtua. Tapi ada rasa bersyukur juga, sudah setua ini masih diberi kesempatan belajar soal hidup dari anak sendiri. Bahwa sifat negatif itu bisa dihilangkan jika ada kemauan dan tidak dituruti terus menerus.

Lucu ya, pelajaran hidup ini seperti mengingatkan saya dengan kalimat dari  L.M. Montgomery yang ini "Isn't it nice to think that tomorrow is a new day with no mistakes in it yet?" Jangankan menunggu esok hari, kan? 15 menit kemudian juga sudah bisa jadi lembaran baru yang menyenangkan bagi anak-anak walau baru saja melakukan kesalahan, hehe.

Jadi darimana saya belajar untuk menurunkan gengsi menegur duluan setelah bertengkar? Ya dari Menik!! :D

Mumpung mau lebaran, yang masih gengsi untuk minta maaf atau sekedar menegur orang yang pernah bikin kita kesel, yuk ah, belajar menurunkan gengsi dari anak-anak kita :)

PAGES:

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan