Now Reading
Manfaat Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak

Manfaat Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak

dadgirlairplanepose

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ayah yang terlibat, merawat, dan mau bermain bersama bayinya memiliki anak dengan IQ yang lebih tinggi, serta kemampuan linguistik dan kapasitas kognitif yang lebih baik. Selain itu, balita yang memiliki ayah yang terlibat dalam pengasuhannya lebih siap secara akademis saat akan mulai sekolah, mereka terbukti lebih sabar dalam mengahadapi sumber stres dan frustrasi yang terkait dengan sekolah dibandingkan anak yang memiliki ayah yang kurang terlibat dalam pengasuhannya.

Pengaruh keterlibatan ayah terhadap pencapaian akademis anak terus berlangsung hingga mereka remaja dan dewasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ayah dengan gaya pengasuhan yang aktif dan sering merawat anaknya, terbukti memiliki kemampuan verbal, kemampuan intelektual, dan pencapaian akademis yang lebih baik saat remaja.

Bagaimana pengaruhnya terhadap psychological well-being dan tingkah laku sosial?

Semenjak dari anak lahir, anak dengan ayah yang terlibat dalam pengasuhannya memiliki rasa aman secara emosional, lebih percaya diri dalam mengeksplorasi lingkungannya, dan memiliki hubungan yang baik dengan teman sebayanya saat mereka sudah lebih besar. Mereka juga lebih jarang terlibat dalam masalah di rumah, sekolah, maupun lingkungan tempat tinggal.

Salah satu penelitian yang dilakukan pada anak usia sekolah juga menunjukkan bahwa anak yang memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya lebih jarang mengalami depresi, melakukan tingkah laku yang mengganggu, dan berbohong. Sebaliknya, mereka lebih sering terlibat dalam tingkah laku prososial.

So, Mommies sudah terbukti kan kalau ayah yang terlibat dalam mengasuh anaknya banyak keuntungannya. Kalau gitu mulai sekarang ajak suaminya supaya lebih terlibat dalam mengasuh anaknya ya! :D

Pages: 1 2
View Comments (2)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top