banner-detik
TRAVEL

Agar Traveling Sukses!

author

TanyaDok.com25 Jun 2014

Agar Traveling Sukses!

family-luggage*Gambar dari sini

Yang menentukan keberhasilan suatu pertunjukkan bukanlah saat berlangsungnya, tetapi latihan yang dilakukan. Begitu pula dengan berwisata. Dalam suatu perjalanan, persiapan memegang peranan sangat penting.

Persiapan matang menjelang bepergian akan menentukan kesuksesan dan kenyamanan dari perjalanan itu sendiri. Di sisi lain, persiapan yang kurang tak saja mengganggu acara liburan, tetapi menurunkan semangat dan mengurangi kesenangan dalam wisata.

Agar acara melancong lancar, aman, terkendali, dan nyaman, apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk, kita buat "checklist" persiapan agar perjalanan Anda lebih nyaman dan tidak ribet.

1. Setelah menentukan tempat wisata yang Anda tuju, carilah dan lakukan pembelian tiket transportasi (pesawat, kereta api, dll) dan akomodasi (hotel, dll). Bandingkan harga dan kualitas satu sama lain, baik dari omongan teman, testimonial yang biasa ada di internet, dan berbagai sumber lain.

2. Cari informasi mengenai tempat-tempat wisata. Meskipun Anda mengikuti tour travel, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu mengenai tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Inilah daftar mengenai apa yang perlu Anda cari tahu mengenai tempat tujuan Anda.

Cuaca. Tentunya ada perbedaan antara negara empat musim dengan negara tropis seperti Indonesia. Pastikan bagaimana suhu dan cuaca di sana, sehingga perlengkapan yang Anda bawa pun dapat sesuai dengan tempat tujuan Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan salah kostum dan membuang uang hanya untuk membeli pernak-pernik pakaian yang sebenarnya Anda miliki di rumah.

Jika Anda pergi ke tempat dimana cuacanya ekstrem, sebaiknya persiapkan mental Anda selain fisik Anda. Sinar matahari dapat menyebabkan sengatan panas (heat stroke), sementara cuaca dingin (es dan bersalju) dapat menyebabkan serangan dingin (frostbite). Karena itu bijaksanalah memilih perlengkapan yang akan Anda bawa dan persiapkan diri Anda untuk mengatasinya.

Apalagi yang harus disiapkan? Lihat halaman berikutnya!

luggage*Gambar dari sini

Makanan dan minuman. Selalu ingat untuk membawa sebotol kecil air putih dalam tas Anda, karena rentan sekali bagi wisatawan untuk mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Selain itu, mungkin makanan di negara tujuan tidak cocok untuk lidah Anda atau waktu makan yang tidak cocok dengan waktu tubuh Anda. Tidak ada salahnya membawa cemilan berupa biskuit agar Anda tidak sampai kelaparan di tempat tujuan Anda.

Penyakit infeksi yang berbahaya. Terkadang ada beberapa penyakit yang memiliki potensi menular tinggi di Negara tertentu. Karena itu, sebelum pergi disarankan untuk dilakukan vaksin terlebih dahulu. Biasanya hal ini tidak diperlukan ketika bepergian ke Eropa Barat atau Utara, Amerika, Australia, dan Selandia Baru, tetapi konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengunjungi tujuan lainnya.

Penyakit menular meningkatkan risiko kematian di banyak negara, dan vaksinasi merupakan tindakan pencegahan yang efektif. Yang perlu diketahui, imunisasi harus dilakukan beberapa minggu-bulan sebelum keberangkatan karena tidak memberikan perlindungan instan, dan beberapa dari vaksin memerlukan lebih dari satu dosis.

Khusus untuk daerah endemis malaria, dapat diberikan obat pencegahan sebelum berangkat ke daerah tersebut satu minggu sebelum keberangkatan.

3. Mulailah mempersiapkan barang bawaan beberapa hari sebelum pergi agar Anda dapat melakukannya dengan santai. Jika Anda menunda-nunda terus dan baru menyiapkan pada hari H, kemungkinan besar ada barang yang terlupa. Selain itu, mempersiapkan sebelumnya dapat membuat Anda membeli dahulu barang yang Anda perlukan jika tidak ada.

4.  Selain koper, ada baiknya Anda membawa tas kecil yang berisi barang-barang penting. Yang wajib ada dalam tas kecil tersebut adalah dompet, hp, makanan cemilan, sebotol kecil air, obat darurat, topi / paying, krim tabir surya, paspor (jika Anda ke luar negeri), tiket transportasi, bukti booking penginapan, catan informasi, dan peta.

5. Sehari sebelum keberangkatan, lakukanlah kiat-kiat yang ada di halaman selanjutnya, ya!

cosleeping-feet

  • Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat
  • Jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar; sebisa mungkin makan dulu sebelum berangkat
  • Sehari sebelum berangkat, usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Lakukan diet tinggi karbohidrat dan protein untuk memberikan energi.
  • Pakailah baju yang agak longgar agar Anda merasa lebih nyaman
  • Periksa apakah obat-obatan yang Anda bawa sudah cukup, baik dari jenis dan jumlah. Jangan lupa membawa obat pribadi yang memang harus Anda minum setiap hari.
  • Usahakan jangan merokok, karena dapat menyebabkan kekurangan oksigen
  • Hindari alkohol untuk mencegah dehidrasi, dan perbanyak minum air putih
  • 6. Terakhir dan tak kalah penting adalah persiapan fisik. Sakit ketika sedang berwisata adalah pengalaman buruk!  Karena itu, mempersipkan kondisi badan adalah salah satu keharusan menjelang pesiar. Makanlah sayuran dan buah dalam porsi lebih banyak, juga minum air putih sebelum dan selama perjalanan.

    Siap untuk pergi? Happy travelling!

    Sumber dari sini

    TanyaDok adalah cara hidup sehat modern, memberikan akses kesehatan kapan pun, di mana pun bagi keluarga Indonesia dengan tanya dokter online, artikel kesehatan, solusi hidup sehat, komunitas kesehatan dan rujukan ke pelayanan kesehatan. Cari dan tanyakan masalah kesehatan di sini www.tanyadok.com dan follow @tanyadok atau like www.facebook.com/tanyadokteranda.

    PAGES:

    Share Article

    author

    TanyaDok.com

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan