banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Bergerak Aktif Dari Sekarang

author

mamul19 Jun 2014

Bergerak Aktif Dari Sekarang

Screen Shot 2014-04-23 at 5.12.35 PM

Olahraga, olahraga, olahraga. Jika Mommies beberapa kali mampir di forum fit n fab atau rajin mengintip thread weightloss, pasti sering menemukan opini saya mengenai pentingnya berolahraga setiap hari, selama 30 menit. Memang, untuk menurunkan berat badan, olahraga itu harus dilakukan. Tujuan utamanya, selain membantu proses menurunkan berat badan sekaligus membantu pembakaran cadangan lemak.

Nggak mau dong berat badan sukses turun tapi tumpukan lemak masih tertimbun di beberapa tempat. Bukan berarti, olahraga ini hanya dilakukan oleh mereka yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan. Mommies yang tidak mengalami kelebihan berat badan pun wajib berolahraga. Jelas saja, tujuannya supaya makin sehat secara fisik. Jangan sampai deh, saat bermain-main dengan anak, yang ada kita cepet merasa kelelahan.

Selain berolahraga, kita juga perlu bergerak aktif supaya badan benar-benar sehat maksimal. Memang kita sudah melakukan olahraga setiap hari. Namun, ada baiknya kita tetap bergerak aktif dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa? Ya jawaban standarnya sih demi kesehatan tubuh. Yang utamanya, agar badan kita nggak kaku.

Misalnya begini, siapapun yang sudah duduk lama di depan televisi atau di depan komputer selama satu jam, pasti akan merasakan pegal di beberapa bagian tubuh. Yang saya alami, setelah menulis satu artikel biasanya akan merasakan tidak nyaman di punggung, pinggang, kaki, jari-jari tangan, leher dan mata. Belum sampai pegal, tapi badan jadi nggak enak. Kalau sudah begini, saya langsung stretching supaya badan segar kembali. Kalau masih merasa nggak enak, langsung deh saya gelar mat dan beryoga ria.

Nggak mesti harus stretching dan melakukan yoga seperti yang saya lakukan, ya. Lalu ngapain? Lihat di halaman berikutnya ya!

FitNFab 2Untuk melemaskan kembali badan yang kaku, kita bisa melakukan hal-hal sederhana dan nggak perlu menggelar mat, seperti berikut :

  • Berdiri sejenak sambil menghirup nafas dalam-dalam. Bisa diulang hingga beberapa kali ya. Saran saya, ambil 10 kali nafas dalam-dalam.
  • Berjalan kaki mengelilingi ruangan. Bisa juga kita berjalan ke arah pantry/dapur untuk mengambil segelas air putih (jangan mengambil cemilan yang kurang sehat). Atau boleh juga berjalan ke arah jendela dan menikmati pemandangan di luar jendela. bisa juga, kita berjalan ke arah westafel dan membasahi wajah supaya segar.
  • Memejamkan kedua mata sambil duduk tegak dan menghirup nafas perlahan. Kemudian angkat kedua tangan ke atas dan hirup nafas dalam-dalam selama beberapa kali.
  • Beberapa contoh di atas adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengaktifkan badan sejenak setelah berkutat di depan pekerjaan (baca :untuk  pekerja kantoran). Gimana dengan ibu rumah tangga yang sehari-harinya berada di rumah saja? Ngider keliling rumah juga nampaknya sudah bosan ya *nyengir,teringat diri sendiri.

    Kiat dari saya untuk ibu rumah tangga yang sehari-harinya selalu berada di rumah dan jarang keluar rumah (seperti saya), cobalah bergerak lebih aktif dengan cara melakukan kegiatan harian rumah tangga, meski ada asisten rumah tangga. Mudah saja, kita bisa memulainya dengan mengelap meja atau pajangan di dalam lemari, ikut bermain bersama anak, berkebun (bahasa lain dari membersihkan halaman), mencuci perkakas makan yang sudah kita pakai, membersihkan kamar tidur kita dan banyak kegiatan “rumahan” yang bisa kita lakukan agar badan kita bergerak lebih aktif. Satu lagi, menari diiringi lagu kesukaan juga bisa kita lakukan di rumah loh (menghibur diri sambil membakar kalori, double profit kan). Jangan salah ya Mommies, membersihkan rumah itu bisa menurunkan kadar stres kita loh. Bebas stres, rumah bersih, badan aktif. Perfect banget kan! *kompor.

    Intinya, baik ibu rumah tangga dan ibu yang bekerja di luar rumah, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali tubuh anda. Tubuh kita ini memang didesain untuk selalu bergerak aktif. Yakinlah, semakin anda bergerak aktif, semakin banyak energy yang didaptkan setiap hari. O, ya, jangan lupa mulai menuliskan gerak aktif  Mommies hari ini di sini yuk! Siapa tau bisa saling tukar informasi kan :)

     

    PAGES:

    Share Article

    author

    mamul

    pecinta lemon hangat dan yoga. suka dengan makanan manis, terutama bolu keju. selalu girang ketika mendengar teman/kerabat/kenalan hingga anggota forum melakukan diet sehat disertai olahraga. slogan penyemangat hidup dalam menghadapi jungkir baliknya dunia parenting adalah "i'm not their perfect mother, but i always try to be the best for my kids, myself and my husband, be the best for my family".


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan