banner-detik
PARENTING & KIDS

Berani Wujudkan Mimpi?

author

adiesty11 Jun 2014

Berani Wujudkan Mimpi?

IMG_6725

“Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia, berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya” Nidji (OST Laskar Pelangi)

Saya setuju sekali dengan lirik lagu Nidji ini. Paling nggak, dengan mimpi kita jadi punya passion untuk menjalani hari dengan sebaik mungkin. Banyak orang yang berhasil dimulai dari hanya sebuah mimpi. Tapi untuk mewujudkan mimpi tersebut tentu harus diiringi dengan usaha dan ketekunan. Bukan begitu bukan?

Saya jadi ingat salah satu pesan Mama yang mengatakan kalau kita nggak boleh berhenti untuk bermimpi. Dengan begitu, harapannya kita bisa mengetahui dan memiliki proyeksi mengenai apa yang ingin dilakukan selanjutnya. Mengetahui langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengarah dan mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

Sejak duduk di bangku SMA, saya sudah ingin tertarik dengan dunia jurnalistik. Mungkin hal ini nggak terlepas dari sosok salah satu adik Mama saya yang sudah menggeluti profesi wartawan. Saya pikir, enak banget , sih, kerjaan om saya ini. Punya kesempatan untuk bertemu dan mengenal banyak orang dari berbagai profesi. Plus, bisa jalan-jalan! Sebuah pekerjaan yang nggak mengenal kata bosan.

Alhamdulillah, ketika mengetahui saya ingin kuliah jurusan Ilmu Jurnalistik, orangtua langsung setuju. Biar bagaimana, pun, nggak semua orangtua kan yang setuju dengan cita-cita anaknya? Alhamdulillah, setelah lulus kuliah saya pun akhirnya bisa merasakan bagaimana nikmatnya jadi seorang jurnalis dan mencintai pekerjaan saya ini.

Kelak, ketika Bumi sudah besar dan mengutarakan cita-citanya saya ingin jadi orang pertama yang mendukungnya. Jangan sampai “mematahkan” mimpinya, biar bagaimana pun sebagai orang tua kita harus memberikan feed back yang baik kan untuk anak yang kita sayangi?

Belum lama ini saya sempat bertemu dengan Mbak Roslina Verauli, M. Psi dalam jumpa pers yang dilangsungkan PT. 3M Indonesia. Waktu itu Mbak Vera bilang, untuk mewujudkan mimpi besar menjadi sebuah kesuksesan diperlukan motivasi terus menerus. Baik dari dalam diri sendiri atau orang terdekat ataupun lingkungan sekitar. Hal ini diperlukan agar anak-anak bisa menyusun mimpi mereka secara spesifik agar terus berada dalam zona yang tepat saat mengambil tindakan nyata untuk menggapai mimpi.

“Saat seseorang telah mampu menyusun mimpinya secara spesifik, maka ia akan lebih mudah berada pada zona yang tepat menuju mimpinya. Ketika berada dalam jalur tersebut, ia akan secara total melibatkan dirinya dalam kegiatan mencapai mimpinya, fokus, memegang kendali atas dirinya, produktif bahkan selalu menantang dirinya untuk semakin terampil” tambah psikolog anak dan keluarga yang sering di sapa Mbak Vera ini.

Selanjutnya : Strategi meraih mimpi >>

Dream Big Post-it(R) Brand - Roslina Verauli

Lebih lanjut Mbak Vera menjelaskan, Pakar psikolog, Albert Bandura menyebutkan ada beberapa strategi yang efektif dalam meraih mimpi. Selain memilih role model sehingga bisa terus termotivasi, ternyata untuk berada dalam zona yang tepat diperlukan menyusun mimpi secara spesifik sehingga dapat mencapai performa yang optimal.

Untuk menyusun mimpi secara spesifik, anak-anak remaja bisa membuat tenggat waktu atau kontrak diri dalam menentukan langkah-langkah untuk mewujudkannya, misalnya dapat dilakukan selama 90 hari. Hal-hal yang dapat dilakukan antara lain:

1. Membuat rencana untuk mewujudkan mimpi, mulai dari langkah yang kecil tapi pasti.

2. Susun keinginan tersebut menjadi tujuan-tujuan jangka pendek

3. Rancang rencana strategis untuk mencapai tujuan jangka pendek tersebut

4. Lakukan dan implementasikan rencana tersebut

5. Terus evaluasi hasil serta langkah yang telah dilakukan

Percaya kalau setiap anak remaja memiliki mimpi dan bisa mewujudkannya, Post-it meluncurkan kompetisi 90 Days Dream Big Challenge. Sebuah kompetisi yang bisa mendorong anak-anak muda dalam menemukan mimpi yang realistis untuk bisa diwujudkan.

“3M memahami bahwa pengembangan potensi dan wawasan generasi muda menjadi salah satu dasar untuk masa depan yang lebih baik. Tahun 2014 ini, 3M fokus pada edukasi dan pengembangan potensi kaum muda. Melalui program Dream Big oleh Post-it® Brand, 3M ingin kaum muda terinspirasi untuk bermimpi besar dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi sesuai dengan salah satu visi 3M yaitu inovasi 3M meningkatkan setiap kehidupan,” jelas Veena Lakundi selaku President Director PT 3M Indonesia.

Lewat kompetisi ini, anak-anak remaja bisa menceritakan mimpi-mimpi mereka, dan bagaimana perjalanan serta usaha yang mereka lakukan untuk mewujudkan impiannya itu yang ditulis di Post-It Fun Shapped Sticky Notes. Kenapa mimpi ini harus ditulis? Menurut Mbak Vera, ketika sudah menemukan mimpi besar dan menuliskan di kertas.

Hal ini dapat membantu agar mimpi tersebut bisa terus berada di dalam zona yang benar. Jangan lupa, tulis semua usaha dan langkah apa saja yang sudah ditempuh untuk mewujudkan mimpi tersebut. Kompetisi 90 Days Dream Big Challenge sudah dimula sejak tanggal 5 Juni kemarin, dan akan terus berlangsung hingga 90 hari ke depan.

Buat Mommies yang punya anak remaja atau keponakan, ajak mereka untuk ikutan kompetisi ini, yuk! Nggak ada salahnya mengajarkan mereka untuk berani bermimpi! Saya sendiri percaya, kalau semua pencapaian yang kita rasakaan merupakan hasil mimpi diwaktu lalu. O, ya, pendaftaran bisa langsung dilakukan di www.90daysdreambig.com.

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan